Home / Peristiwa

Rabu, 30 Juni 2021 - 10:41 WIB

Antisipasi Lonjakan Kasus Corona, RSUD Boyolali Pasang Tenda Darurat

Tenda darurat mulai dipasang di RSUD Pandan Arang Boyolali. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Tenda darurat mulai dipasang di RSUD Pandan Arang Boyolali. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

NYATANYA.COM, Boyolali – Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSUDPA) Boyolali memasang tenda darurat di sebelah sisi luar IGD (instalasi Gawat Darurat) bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi melonjaknya kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Boyolali beberapa pekan terakhir

Direktur RSUDPA Boyolali, Siti Nur Rokhmah Hidayati menjelaskan, tenda tersebut digunakan sebagai ruang transit pasien agar lebih nyaman saat akan transfer ke ruang rawat inap. Hal ini mengingat 31 tempat tidur di IGD sudah terisi 100 persen, sedangkan pasien tidak masuk kriteria untuk masuk ke ruang Brotowali II yang diperuntukan bagi pasien dengan kriteria sedang sampai berat.

Baca juga   Dapat bantuan Kursi Roda, Joso ‘Mbrebes Mili’ Ucapkan Terima Kasih

“Pendirian tenda ini kami maksudkan untuk antisipasi persiapan, apabila nanti sewaktu-waktu ada kiriman pasien lagi kami sebelum dari IGD bisa tranfer ke ruangan ada tempat menunggu lebih nyaman,” terangnya Selasa (29/6/2021).

Namun pihaknya berharap, jika nanti pasien bisa langsung ditransfer ke ruang rawat inap tanpa harus menunggu di tenda darurat tersebut. Mengenai fasilitas, selain tempat tidur, di dalam tenda darurat akan disediakan juga infus dan oksigen.

“Fasilitasnya kalau di sini paling tidak nanti infus dengan oksigen ya,” imbuhnya.

Terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo menerangkan bahwa dengan ukuran tenda darurat 6×12 meter mampu menampung sekitar 12 tempat tidur jika berjarak 1,5 meter sesuai dengan protokol kesehatan. Namun jika tidak berjarak bisa menampung 24 tempat tidur.

Baca juga   'Aku Sedulurmu' Santuni Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

“Ini yang bisa kita antisipati lebih cepat dan paling baik mengatasi membludaknya pasien Covid-19 di RSPA,” ungkapnya.

Disinggung mengenai tempat tidur yang akan dipergunakan di tenda darurat tersebut, pria yang akrab disapa Yoyok ini mengatakan tempat tidur akan disediakan Kodim 0724/Boyolali. Sedangkan BPBD Kabupaten Boyolali sementara baru mendirikan dua buah tenda yang biasa dipakai untuk para pengungsi. (*)

Share :

Baca Juga

Selvi Ananda Gibran dan Atikoh Ganjar Pranowo melihat salah satu produk yang dipamerkan di UKM Virtual Ekspo yang digelar di Bank Jateng Cabang Surakarta. (Foto:Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Atikoh Ganjar Pranowo: Perajin Harus Peka Selera Pasar
Sejumlah pecinta binatang dan pengelola destinasi Argo Bumi Desa Samiran, Kecamatan Selo melepasliarkan puluhan hewan. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Satwa Endemik Merapi-Merbabu Dilepasliarkan
Yayasan Buddha Tzu Chie salurkan bantuan beras untuk masyarakat terdampak pandemi Surakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Yayasan Budha Tzu Chi Bantu 10.000 Karung Beras
Danramil Tegalrejo Mayor Asil memberikan ucapan HUT ke-75 kepada Kapolsek. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Geruduk Polsek, Prajurit Koramil Tegalrejo Beri Ucapan HUT ke-75 Bhayangkara
20 perwakilan PKK se-kabupaten Bantul mengikuti pelatihan pengolahan ikan yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Kampanyekan Gemar Makan Ikan, PKK Bantul Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan
Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Boyolali, Bambang Sinung. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Siapkan 1.500 Tangki Air Bersih, Boyolali Antisipasi Kekeringan
Salon Sapi mengais untung jelang Idul Adha. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Jelang Idul Adha, ‘Salon’ Sapi Laris Manis
Foto: Ilustrasi/Kominfo

Peristiwa

Ribuan Pedagang Pasar Ditarget Vaksinasi Hingga Akhir Juni