Home / Peristiwa

Senin, 17 Januari 2022 - 22:05 WIB

Antusiasme Warga Lansia Yogya Ikut Vaksinasi Booster

Yogyakarta, Senin (17/1/2022) menyasar 600 warga lansia dari Kelurahan Giwangan dan Pandeyan.  (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Yogyakarta, Senin (17/1/2022) menyasar 600 warga lansia dari Kelurahan Giwangan dan Pandeyan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Para warga lanjut usia (lansia) di Kota Yogyakarta antusias mengikuti vaksinasi booster Covid-19 yang mulai diadakan Pemkot Yogyakarta.

Antusiasme itu terlihat dari kehadiran para lansia yang memenuhi undangan untuk vaksinasi booster Covid-19. Vaksinasi booster Covid-19 pada tahap awal menyasar warga lansia sebagai orang yang berisiko tinggi.

Salah seorang warga lansia yang sudah mendapat vaksin booster, Sujono (70) mengaku tidak merasakan keluhan negatif usai disuntik vaksin booster.

Warga Giwangan itu bersyukur karena lansia menjadi prioritas dahulu untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19. Ia pun merasa lebih tentram dan aman karena mendapat suntikan vaksin booster Covid-19.

“Rasanya hampir sama saat menerima vaksin pertama dan kedua. Jadi memang tidak ada rasa apa-apa atau rasa aneh. Di hati sudah tentram karena sudah tiga kali divaksin,” kata Sujono usai mengikuti vaksinasi booster Covid-19 di aula SLB Negeri Pembina Yogyakarta, Senin (17/1/2022).

Hal senada disampaikan Mujiyem (60) warga Ngaglik Giwangan. Dia merasa kondisi tubuhnya baik-baik saja setelah disuntik vaksin booster Covid-19. Mujiyem mengaku lebih mantap setelah mendapat suntikan vaksin booster untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Baca juga   Kasus Positif Covid-19 Indonesia pada 16 Juli 2022 Tambah 4.329 Pasien, Meninggal 6 Orang

“Sehat-sehat saja dan baik-baik saja,” imbuh Mujiyem.

Sedangkan Paryati (70) bersyukur dirinya bisa mendapatkan suntikan vaksinasi booster Covid-19. Hal itu dinilai sebagai ikhtiar untuk menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Allhamdulilah sudah bisa mendapat vaksinasi lagi. Ini untuk menjaga kesehatan,” ujar Paryati.

Tahapan vaksinasi booster Covid-19 sama dengan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Warga lansia harus melalui pemeriksaan kondisi kesehatan dulu seperti suhu tubuh dan tekanan darah. Bila lolos lansia akan mendapat suntikan vaksin booster. Jenis vaksin booster yang disuntikan adalah AstraZeneca.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Lana Unwanah mengatakan, kick off atau pencanangan vaksinasi yang diadakan Pemkot Yogyakarta salah satunya di SLB Negeri Giwangan pada Senin (17/1/2022) menyasar 600 warga lansia dari Kelurahan Giwangan dan Pandeyan. Total sasaran awal vaksinasi booster lansia di Kota Yogyakarta sekitar 24.000 orang.

Baca juga   Bupati Sukoharjo Lantik 415 Pejabat Secara Virtual

“Pada akhirnya nanti semua warga Indonesia usia 18 tahun ke atas yang jarak vaksinasi dosis kedua minimal sudah 6 bulan, berhak mendapatkan vaksinasi booster. Semua harus bersabar karena pada saatnya akan mendapat giliran sesuai pentahapan vaksinasi. Kami selesaikan dulu lansia karena punya risiko tinggi dibandingkan kelompok lainnya,” jelas Lana.

Dia menyatakan kegiatan vaksinasi booster Covid-19 bagi lansia dilaksanakan 17-19 Januari 2022 di SLB Negeri Pembina Yogyakarta dan Monumen Diponegoro. Sebanyak 11 rumah sakit pelaksana vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta juga melakukan vaksinasi saat pencanangan vaksinasi booster pada Senin (17/1/2022) bagi lansia di wilayah masing-masing.

Untuk pelaksanaan vaksinasi booster selanjutnya akan ada pemberitahuan lebih lanjut karena masih dikoordinasikan untuk mencari tempat yang sesuai. Mekanisme vaksinasi booster lansia tetap melalui undangan.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Instagram @kratonjogja)

Peristiwa

Sugeng Ambal Warsa ka-76 Taun, Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X
Truk yang disopiri Nyamin (36) warga Rejosari, Kadenan, Grobogan, Jawa Tengah terjebak banjir lahar dingin. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Truk Penambang Pasir Terjebak Banjir Lahar Dingin di Sungai Gendol Cangkringan, Sopir Selamat
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menerima kunjungan Walikota Sawahlunto, Deri Asta untuk belajar tata kelola bangunan-bangunan tua bersejarah menjadi destinasi wisata. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Sawahlunto Belajar Penataan Bangunan Bersejarah di Kota Yogya
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta, Eko Suwanto menyerahkan daging kurban kepada tokoh masyarakat. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Idul Adha 1442 H, DPC PDI Perjuangan Kota Yogya Sembelih 2 Ekor Sapi
Akibat jebolnya tanggul karena rob di Kawasan Lami Citra Tanjung Emas Semarang itu banyak aktivitas terhenti. Foto: Tangkapan layar Instagram @infokejadiansemarang.news

Peristiwa

Tanggul Laut Tanjung Mas Semarang Jebol, Ratusan Warga Mengungsi, Buruh Pabrik Dipulangkan
Kejagung menahan Pengacara PT Palma Satu, DFS setelah ditetapkan sebagai tersangka obstruction of justice. Foto: Istimewa

Peristiwa

Kejagung Tetapkan Pengacara PT Palma Satu Tersangka Obstruction of Justice
Siswa-siswi SD Bina Anak Sholeh (Bias) melalui Program Kegiatan Lapangan (PKL) belajar tentang penyiaran stasiun televisi di komplek Temanggung TV, Maron, Sidorejo, Kecamatan Temanggung, Rabu (16/3/2022). (Foto:MC.TMG)

Peristiwa

Kunjungi LPPL Temanggung, Siswa SD Bina Anak Sholeh Belajar Teknis Siaran TV
Museum Monumen Pangeran Diponegoro Yogyakarta, Museum Diponegoro Magelang, Museum Sejarah Jakarta dan Museum Benteng Rotterdam Makassar menggelar live Instagram, Napak Tilas Pangeran Diponegoro. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Napak Tilas “Jejak Sang Pangeran” Tandai Haul Pangeran Diponegoro ke-167