Home / Plus

Rabu, 26 Oktober 2022 - 09:30 WIB

Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022, Karya Ditunggu Sampai 30 November, Ini Syarat Lengkap, Link, dan Hadiahnya

NYATANYA.COM, Jakarta – Menjelang Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2023, yang akan digelar di Medan, Sumatra Utara, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kembali menyelenggarakan ANUGERAH JURNALISTIK ADINEGORO, penghargaan tertinggi karya jurnalistik Indonesia.

Anugerah ini menggunakan nama tokoh wartawan Indonesia, Adinegoro, dengan harapan, semangatnya menjadi teladan bagi seluruh wartawan Indonesia dalam berkarya.

Adinegoro, bernama asli Djamaludin gelar Datuk Maradjo Sutan, terpaksa menggunakan nama samaran karena tak bisa menahan diri untuk menulis, mengkritik situasi pada masanya.

Semangat Adinegoro perlu menjadi teladan bagi seluruh wartawan Indonesia dalam menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas.

ANUGERAH JURNALISTIK ADINEGORO diberikan kepada wartawan yang telah terseleksi melalui karya-karya jurnalistik yang sudah dimuat, ditayangkan, atau disiarkan sekitar tanggal 1 Desember 2021 – 30 November 2022.

TEMA:

Tidak ada tema khusus, tetapi diharapkan karya yang menginspirasi, bersifat membangkitkan semangat pembaca/pemirsa/pendengar.

KATEGORI ANUGERAH JURNALISTIK ADINEGORO:

  1. Karya Jurnalistik Cetak (AA1)
  2. Karya Jurnalistik Siber (AA2)
  3. Karya Jurnalistik Televisi (AA3)
  4. Karya Jurnalistik Radio (AA4)
  5. Karya Jurnalistik Foto untuk media cetak dan media siber (AA5)
  6. Karya Jurnalistik Karikatur Opini untuk media cetak dan media siber (AA6)
  7. Karya Jurnalistik Video untuk Media Sosial (AA7)

SYARAT PENGIRIMAN:

  1. Setiap Wartawan Indonesia, bebas mengirim karya jurnalistik terbaiknya.
  2. Semua peserta Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 wajib mendaftar melalui formulir
    pendaftaran di google form ini: https://s.id/ADINEGORO2022 .
  3. Setiap peserta wajib menyertakan salinan identitas diri (kartu karyawan/pers) dan surat
    pengantar dari redaksi/Asosiasi Konstituen Dewan Pers tempat bernaung.
  4. Peserta wajib mengunggah karya masing-masing melalui formulir pendaftaran google form seperti tercantum pada butir 2 di atas.
  5. Seluruh karya wajib disertai sinopsis/cerita singkat (2-3 paragraf) mengenai isi dan proses pembuatannya. Khusus untuk karya televisi dan radio disebutkan pula clock program tayangnya, sedangkan karya foto dan karikatur di media cetak dan media siber, wajib disertai caption.
  6. Khusus untuk media televisi, karya hanya dalam format minimal 720p (HD) dan sertakan tautan karya/link url (yang sebelumnya sudah di-upload melalui layanan cloud sharing, seperti google drive atau platform media sosial) dalam form pendaftaran. Pastikan setting google drive tidak dibatasi dan karya bisa langsung ditonton melalui link url yang ditulis dalam form pendaftaran.
  7. Karya Jurnalistik Video untuk Media Sosial (AA7) adalah karya jurnalistik yang ditayangkan di media sosial mana pun. Sertakan tautan karya/link url media sosial manapun (yang menayangkan karya tersebut) dalam form pendaftaran. Pastikan setting media sosial tidak dibuat private dan bisa langsung ditonton melalui link url yang ditulis dalam form pendaftaran.
  8. Bagi seluruh peserta sudah bisa mengirimkan karyanya mulai 20 September 2022 hingga batas akhir pada 30 November 2022.
  9. Para peserta akan dinilai berdasarkan karya-karya yang sudah dipublikasikan, ditayangkan, atau disiarkan pada media cetak, siber, televisi, atau radio periode 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.
  10. Karya berupa in-depth reporting (liputan berkedalaman), baik di media cetak, media siber, media televisi, maupun media radio. Karya tidak bersambung/tidak berseri.
Baca juga   Tempe Cegah Pengeroposan Tulang dan Sehatkan Pencernaan

PENJURIAN:

Penjurian berlangsung pada bulan Desember 2022. Dewan juri Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 terdiri dari tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik sesuai kriteria penilaian dan bekerja secara profesional.

Baca juga   Ditutup 30 November 2021, Anugerah Jurnalistik Adinegoro "Semangat dan Harapan"

PEMENANG:

Pemenang tiap kategori akan mendapat Hadiah Rp30.000.000 (Tiga puluh juta rupiah), Trofi Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022, serta Piagam Penghargaan dari PWI Pusat/Panitia HPN 2023.

Penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 akan diserahkan di acara puncak Hari Pers Nasional 2023, disaksikan Presiden RI.

“Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran dapat menghubungi: PANITIA TETAP ANUGERAH ADINEGORO 2020-2023: Katherina M Saukoly (WA: 0813-8537-6428), Serik (WA: 0812-1190-6190 atau 021-3453131), bisa juga melalui surel/email: anugerahjurnalistik.adinegoro@gmail.com,” demikian bunyi siaran pers yang diterima nyatanya.com, Rabu (27/10/2022).

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Selain mengelola sampah organik menjadi kompos di Rumah Kompos, TPST Nitikan menjadi laboratorium percontohan pengelolaan sampah bagi masyarakat, terutama terkait teknis pengolahan sampah organik menjadi kompos maupun untuk budidaya maggot. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Rumah Kompos Nitikan, Upaya Pemkot Yogya Kurangi Volume Sampah
Pada ajang pameran Internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai City (ICE, BSD City), Tangerang, terjadi kesepakatan ekspor kopi Temanggung ke Belanda. Foto: MC.TMG

Plus

Mantap! Kopi Arabika Wine Temanggung Tembus Pasar Belanda
Bupati Kudus Hartopo saat menerima peserta Jamnas XI di kediaman pribadinya, Selasa (23/8/2022). Foto: Diskominfo Kudus

Plus

Bupati Kudus Hartopo: Jadikan Tempaan Jamnas untuk Bentuk Karakter Pemimpin
Mbah Teguh dengan sepeda mininya berkeliling Indonesia dan sertifikat pengunjung ke 254.267 kilometer nol Indonesia yang didapat dari Pemerintah Kota Sabang. (Foto: Agoes Jumianto)

Plus

Awalnya Disepelekan, Mbah Teguh Selesaikan Misi Gowes Klaten – Aceh PP dalam 100 Hari
Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Lima Rumah Tak Layak Huni di Kota Yogya Diperbaiki Melalui CSR Bank BPD DIY
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat membuka Gebyar Koperasi Istimewa, Senin (25/7/2022) di Ballroom The Rich Jogja Hotel, Sleman. Foto: Humas Pemda DIY

Plus

Pemda DIY Gratiskan Sertifikasi Halal Produk UMK
Itur Yuliastik dan wedang bledeg produksinya. (Foto: Humas/beritamagelang)

Plus

Wedang Bledeg, Ramuan Herbal yang Diburu Konsumen Saat Pandemi
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi ikut memeriahkan CFD Tandang Jogja Kreatif bersama anak-anak Sariswara Tamansiswa dan pengunjung, bermain serta bernyanyi tembang dolanan anak. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

CFD Tandang Jogja Kreatif, Digelar Meriah di Jalan Ipda Tut Harsono