Home / Peristiwa

Kamis, 2 Desember 2021 - 14:20 WIB

AP Logistik Buka Penerbangan Kargo Makasar – Singapura

PT Angkasa Pura/AP I (persero) melalui anak usaha Angkasa Pura (AP) Logistik pada Rabu, 1 Desember 2021 meresmikan pembukaan rute kargo internasional perdana Makassar - Singapura. (Foto: Angkasa Pura I)

PT Angkasa Pura/AP I (persero) melalui anak usaha Angkasa Pura (AP) Logistik pada Rabu, 1 Desember 2021 meresmikan pembukaan rute kargo internasional perdana Makassar - Singapura. (Foto: Angkasa Pura I)

NYATANYA.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura/AP I (persero) melalui anak usaha Angkasa Pura (AP) Logistik pada Rabu, 1 Desember 2021 meresmikan pembukaan rute kargo internasional perdana Makassar – Singapura.

Pembukaan rute kargo internasional Makassar – Singapura ini dalam rangka keikutsertaan AP I dalam mendukung program Pemerintah Sulawesi Selatan terkait pengiriman ekspor langsung keluar negeri.

Nantinya pengiriman kargo ini akan diangkut dengan pesawat jenis Boeing 737-300 yang bekerja sama dengan maskapai Tri-M.G. Pesawat ini dapat menampung sebanyak 15.000 kg dan dijadwalkan terbang 2 kali seminggu pada Rabu dan Sabtu.

Layanan kargo udara (air freight) AP Logistik menjadi salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pengiriman dan pendistribusian kargo, baik domestik maupun internasional.

Selama satu tahun sejak Juni 2020, AP Logistik dengan dua armada pesawat kargo jenis ATR 72-500 telah melayani penerbangan kargo ke berbagai rute domestik yaitu Batam, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, dan Surabaya.

“Tugas kami menyediakan sarana untuk menunjang konektivitas, akses, dan penyimpanan. Tentunya ini bentuk komitmen dari AP I untuk mendukung program pemerintah dalam implementasi national logistic ecosystem,” ujar Direktur Pengembangan Usaha AP I Dendi T. Danianto.

Baca juga   Wagub DIY Dukung Riset FK-KMK UGM Deteksi Covid Lewat Limbah

Dendi menambahkan bahwa melalui anak perusahaan Angkasa Pura Logistik diharapkan dapat membantu mendongkrak bisnis kargo serta membantu meningkatkan perekonomian Sulawesi Selatan, khususnya dalam bidang ekspor.

Penerbangan ini, lanjut dia, juga menambah jumlah penerbangan khusus kargo yang terbang langsung ke luar negeri dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Sebelumnya terdapat pesawat kargo Garuda Indonesia yang terbang ke Hongkong dan Singapura.

Selama 2021 ini, tercatat pergerakan kargo di Bandara Sultan Hasanuddin sebanyak 77.000 ton, tumbuh 30 persen dari 2020. Dengan adanya penerbangan perdana dari Angkasa Pura Logistik, diharapkan dapat mendongrak komoditas ekspor, terutama komoditi perikanan, yang dikirim dari Sulawesi Selatan.

Dendi mengatakan bahwa kelancaran dan suksesnya penerbangan ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama dari Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan, Balai Besar Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Makassar, Bea Cukai Makassar, dan eksportir serta Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU).

Baca juga   Sungai Batang Hari Leko Meluap, 390 Rumah di Musi Banyuasin Terendam Banjir

“Kargo merupakan bisnis yang potensial di masa pandemi ini. Saya harap ketersediaan layanan penerbangan langsung ke luar negeri ini terus ada dan bisa ditambah frekuensi untuk ke depannya. Sehingga tahun depan diharapkan pengiriman dapat meningkat sebanyak 50 persen,” ujar Plt. Gubenur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

AP I bersama AP Logistik juga telah melakukan revitalisasi terminal kargo di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan luas 1.700 meter persegi.

Terminal kargo ini dapat melayani aktivitas warehousing, incoming-outgoing baik untuk kargo domestik maupun internasional serta trans-shipment.

Hal yang menarik dari fasilitas kargo di Bandara Sultan Hasanuddin adalah tersedia 7 parking stand khusus air freighter yang berlokasi tepat di depan terminal kargo, sehingga operasionalnya dapat berjalan lebih optimal.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2021 dari Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Jateng Provinsi Terbaik Penyedia Kredit Kerakyatan, Ganjar Terima Penghargaan KUR 2021
Bupati Bantul H. Abdul halim Muslih mencanangkan program kegiatan padat karya infrastruktur Tahun Anggaran 2021 di Pedukuhan Bungsing, Guwosari, Pajangan. (Foto: Humas Bantul

Peristiwa

60 Lokasi di Bantul Dapat Program Padat Karya Infrastruktur
Kepala Disnakkeswan Jawa Tengah, Lalu Muhammad Syafriadi. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Panitia Penyembelihan Kurban Harus Patuhi Prokes
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 Sinovac kepada pedagang di Pasar Tradisional Sunggingan, Boyolal, Kamis (22/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Vaksinasi di Boyolali Mulai Sasar Pedagang Pasar
Kapolres Magelang menyiramkan air bunga kepada anggotanya yang naik pangkat. (Foto:humas/beritamagelang)

Peristiwa

Prosesi Siraman Warnai Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polres Magelang
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X secara simbolis menanam pohon pencanangan Agroforestry di Alas Pengkol Sriharjo Imogiri Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Hutan Tematik Agroforestry Dibangun di Kawasan Alas Pengkol
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023. Dalam pengukuhan tersebut Ki Priyo Dwiarso menjadi ketua, dan Fahmi Prihantoro menjadi Wakil Ketua. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Walikota Lantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta melakukan monitoring dalam memilah limbah medis. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Limbah Medis Covid-19 Jadi Perhatian Khusus DLH Kota Yogya