Home / Wisata

Senin, 27 September 2021 - 21:06 WIB

Apa Itu Taman Pintar Virtual Guide dan 360 Derajat yang Baru Diluncurkan?

Taman Pintar Virtual Guide dan Taman Pintar 360 Derajat jadi layanan baru bagi wisatawan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Taman Pintar Virtual Guide dan Taman Pintar 360 Derajat jadi layanan baru bagi wisatawan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Meskipun belum membuka layanan untuk umum namun Taman Pintar tetap memberikan kesempatan wisatawan menikmati layanan belajar ilmu pengetahuan secara virtual dengan Taman Pintar Virtual Guide dan Taman Pintar 360 Derajat.

Layanan ini diharapkan mampu membantu wisatawan dalam belajar berbagai ilmu pengetahuan dan budaya dalam suasana yang menyenangkan.

Banyaknya zona edukasi yang berisi alat peraga interaktif di Taman Pintar Yogyakarta membuat tempat tersebut menjadi tujuan utama bagi wisata edukasi untuk berkunjung.

Namun berbeda dari biasanya, Taman Pintar memiliki terobosan baru dalam pelayanan setelah sukses dengan layanan kunjungan Sciensation Virtual Tour, Taman Pintar yang dikelola oleh Kundha Kabudayaan (Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta) yakni UPT Pengelolaan Taman Budaya, memperkuat layanan berbasis virtual dengan Taman Pintar Virtual Guide dan Taman Pintar 360 Derajat

Biasanya wisatawan dapat mencoba sendiri alat peraga yang ada, dengan membaca signade dan gambar atau bertanya kepada pemandu yang ada di Taman Pintar. Namun, di masa pandemic ini layanan berbasis experiental learning tersebut tidak dapat berjalan optimal.

Baca juga   Teh Talua, Rasanya Nendang Bikin Pria Tambah Garang

Hal ini karena adanya pembatasan interaksi, pembatasan jarak antar orang, upaya mengurangi sentuhan terhadap benda-benda di ruang public, dan pembatasan mobilitas social yang dilakukan dalam rangka mengurangi risiko penularan virus.

“Harapannya pengunjung dapat memahami konsep kelimuan yang disajikan melalui suatu proses penyerapan makna dari pengalaman langsung (experiental learning) yang diperoleh di Taman Pintar. Dimana nantinya pengunjung lebih memahami konsep keilmuan dari alat peraga di Taman Pintar hanya dengan Google lens atau scanner barcode dari signade berupa barcode yang ada disamping zona/alat peraga,” ungkap Kepala Seksi Kerjasama dan Pemasaran, Kundha Kabudayaan, Karmila, Senin (27/9/2021).

Lanjutnya nantinya pengunjung akan tersambung dengan link YouTube Taman Pintar yang menampilkan video tutorial dari pemandu Taman Pintar. Vitur ini juga dilengkapi dengan menu penjelasan lebih lengkap tentang zona atau alat peraga yang diinginkan.

“Selama ini pengunjung mendapatkan informasi tentang zona dan alat peraga di Taman Pintar dari pemandu atau dengan membaca signade. Dengan adanya alat ini, pengunjung bisa secara mandiri mengetahui infromasi tersebut dari hape masing-masing. Panduan virtual ini sudah ada di beberapa zona/alat peraga di Taman Pintar, dan secara bertahap akan diterapkan di seluruh zona,” jelasnya.

Baca juga   Yuk, Nonton Jogja Museum Expo dengan Teknologi 360

Sedangkan untuk “Taman Pintar 360 Derajat” sendiri merupakan layanan alternative untuk berkunjung secara virtual di Taman Pintar.

Hal ini bisa dinikmati wisatawan dalam video 360 derajat. Pengunjung bisa melihat apa yang ada disebelah kiri, kanan, belakang, atas dan bawah secara dinamis.

“Pengunjung akan terasa berada di dalam dalam lokasi yang ada di video itu. Masyarakat yang ingin menyaksikan Taman Pintar 360 Derajat akan diberikan akses, setelah melakukan registrasi terlebih dahulu,” ujarnya.

“Saya berharap kedepannya di masa pandemi ini semua terus melakukan adaptasi dan berinovasi agar tetap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Taman Pintar selalu berupaya untuk dapat mengedukasi masyarakat melalui berbagai program dan kegiatan yang inovatif yang sesuai dengan misinya untuk menumbuhkembangkan minat generasi muda terhadap sains melalui imaginasi, percobaan, dan permainan yang menyenangkan,” ujarnya. (*)

Share :

Baca Juga

Wisata Campervan menjadi salah satu alternatif menarik, wisata di masa pandemi. (Foto:nyatanya.com/media TWC)

Wisata

Asyiknya Menikmati Malam di Borobudur dengan Campervan
Susur pantai, akan menjadi alternatif baru wisatawan menikmati indahnya Samudera Pasifik. (Foto: Diskominfo Kebumen)

Wisata

Susur Pantai, Cara Baru Menikmati Indahnya Pantai Selatan
Pertemuan PT TWC dengan dengan para mitra usaha TMII di Balai Panjang Museum Indonesia, TMII. (Foto:media_twc)

Wisata

PT TWC Ajak Mitra Usaha TMII Terapkan GCG
Objek wisata di Pekalongan membenahi sarana dan prasarana selama tutup PPKM. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Wisata

PPKM Level 4, Pengelola Wisata Pekalongan Benahi Sarana Prasarana
Para pendaki lokal bersiap menuju ke puncak gunung Sumbing dari basecamp Butuh Kaliangkrik. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

17 Agustus, Puluhan Pendaki Lakukan Tradisi Naik Gunung Sumbing
Selama pandemi pengunjung di GLZoo, hanya dibawah 50 orang. Dengan jumlah ini tentu cukup berat bagi GLZoo. (Foto: Dokumentasi GLZoo)

Wisata

Maaf Lur, Mulai Senin 27 September 2021 Gembira Loka Zoo Tutup
Ilustrasi tempat wisata di DIY. (Foto:nyatanya.com/Igantius Anto)

Wisata

PPKM Level 4, Penutupan Tempat Wisata di DIY Juga Diperpanjang
Vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif digelar Dinas Pariwisata DIY di Kawasan Hutan Pinus Mangunan dan Geosite Ngingrong. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Wisata

Percepatan Vaksinasi Pelaku Wisata, Ikhtiar Bangkit Bersama Sektor Pariwisata