Home / Peristiwa

Minggu, 29 Agustus 2021 - 07:39 WIB

Apel Besar Hari Pramuka, Wawali: Teruslah Menjadi Obor di Tengah Masyarakat

Wawali Heroe Poerwadi memberikan Penganugerahan Tanda Kecakapan dan Penghargaan Pramuka Garuda dalam Apel besar Hari Pramuka Ke-60 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wawali Heroe Poerwadi memberikan Penganugerahan Tanda Kecakapan dan Penghargaan Pramuka Garuda dalam Apel besar Hari Pramuka Ke-60 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi yang sekaligus Ketua Kwartir Cabang Kota Yogyakarta memberikan Penganugerahan Tanda Kecakapan dan Penghargaan Pramuka Garuda dalam Apel besar Hari Pramuka Ke-60 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta, di SMA N 3 Yogyakarta, Sabtu (28/8/2021)

Pemberian penghargaan tersebut merupakan tanda kecakapan tertinggi yang diberikan kepada seorang pramuka. Seorang pramuka perlu menjadi pribadi yang konsisten, tangguh dan menolong sesama. Hal ini yang tanamkan oleh Heroe Poerwadi kepada anggota gerakan pramuka.

“Tidak semua anggota mampu mencapai sebagai anggota Pramuka Garuda, butuh konsistensi dan kemauan yang kuat dalam mengikuti tahapan untuk mencapai di titik saat ini. Nantinya inu sebagai salah satu jejak dan langkah melihat perjuangan adik-adik dan kakak-kakak kedepannya,” jelasnya.

Baca juga   Perpustakaan Kota Yogya Kembali Buka Layanan Baca di Tempat

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Heroe mengatakan, Pramuka Garuda saat ini memiliki posisi yang sangat penting, apalagi disaat pandemi saat ini, ia berharap semua anggota dapat menjadi penyemangat di tengah masyarakat.

“Saya berharap, Pramuka Garuda bisa terus menjadi obor yang ada di tengah masyarakat. Selain itu, semua anggota diharapkan sudah menjalankan vaksin. Semoga semua dapat berkiprah di tengah-tengah masyarakat. Jadikan gerakan pramuka sebagian kehidupan dari adik-adik dan kakak-kakak semuanya. Semoga kita semua mampu melaluinya,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kwartir Cabang Kota Yogyakarta Dwi Purnomo mengatakan, kegiatan hari ini merupakan pemberian penghargaan kepada 61 anggota Pramuka Garuda dengan golongan Siaga, Penggalang dan Pandega.

Baca juga   1.110 Ibu Hamil Ikuti Vaksinasi Covid-19 di UGM

Untuk proses seleksi menjadi Pramuka Garuda pun tidak mudah, anggota harus melalui proses seleksi administrasi, memperlihatkan ketrampilan kepramukaan mereka serta mengikuti pembekalan.

“Selain itu adik-adik ini dipilih berdasarkan kecakapan tertinggi dalam gerakan pramuka dan menjadi contoh gugus depan, lingkungan dan teman-teman,” tambahnya.

Dwi Purnomo berharap nantinya generasi muda Pramuka Garuda ini bisa menjadi contoh pemuda di Kota Yogyakarta sebagai generasi penerus bangsa.

“Harapannya di pandemi saat ini gerakan pramuka tetap memiliki aktifitas dan tetap eksis berjalan. Pendidikan non formal untuk mencetak atau menghasilkan generasi muda yang mempunyai kompetensi kualitas sebagai generasi penerus bangsa yang handal memiliki nasionalisme yang tinggi,” ungkapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan bantuan sejumlah 192 paket tersebut secara simbolis kepada anak yatim. (Foto: Humas Kab Sukoharjo)

Peristiwa

Baznas Jateng Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim Piatu di Sukoharjo
Pada Rabu (25/8/2021) kegiatan vaksinasi di Gerai Presisi Polres Magelang telah menyuntik 288 orang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Vaksinasi Merdeka Candi Tembus 31 Ribu Orang
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menerima bantuan 1.000 paket bantuan telur dan ayam dari dari Japfa PT Ciomas Adisatwa. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Terima Bantuan 1.000 Paket Telur dan Ayam
Bupati Temanggung HM Al Khadziq ajak siswa memilah sampah untuk menjaga lingkungan hidup. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

World Cleanup Day, Siswa di Temanggung Pilah Sampah
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyerahkan bantuan sosial kepada tokoh masyarakat dan warga Kricak. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Wawali Yogyakarta Serahkan Bansos untuk Warga Kricak
Kelenteng Liong Hok Bio Magelang. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Peristiwa

Tempat Ibadah di Magelang Dibuka, Tapi Tidak untuk Berjemaah
Pemantauan diperlukan untuk memastikan ketersediaan obat di apotek dalam jumlah aman. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Meski Permintaan Tinggi, Stok Obat di Temanggung Dipastikan Aman
Direktur PT Ndayu Alam Asri Sragen, Untung Wibowo Sukowati menyerahkan unit mobil bantuan operasional Satgas Covid-19 kepada Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Pemkab Sragen Terima Bantuan Mobil Operasional Satgas Covid-19