Home / Peristiwa

Rabu, 7 Juli 2021 - 23:30 WIB

Apel Gelar Pasukan Gabungan, Perkuat Pelaksanaan PPKM Darurat di Surakarta

Apel gelar pasukan gabungan Satgas penanganan Covid-19 di Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Apel gelar pasukan gabungan Satgas penanganan Covid-19 di Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Surakarta – Polda Jateng menggelar apel gelar pasukan gabungan Satgas penanganan Covid-19 di di utara Patung Panah Stadion Manahan Kota Surakarta, Selasa (6/7/2021).

Apel yang dilaksanakan untuk memperkuat pelaksanaan PPKM Darurat di wilayah Kota Surakarta itu dihadiri langsung Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto dan diikuti oleh Forkompimda Kota Surakarta, Dishub Kota Surakarta, Damkar dan petugas BPBD Kota Surakarta.

“Pada hari ini kita datang ke Surakarta beserta jajaran, dalam rangka untuk meyakinkan dan memperkuat PPKM Darurat,” kata Pangdam IV/Diponegoro.

Dijelaskan Rudianto, PPKM Darurat digelar karena adanya lonjakan Covid-19 yang sangat tinggi di seluruh Indonesia khususnya di Jawa dan Bali.

“Saya melihat sepintas partisipasi masyarakat, kerumunan di mal, pasar tradisional sudah cukup sesuai dengan ketentuan. Namun ada beberapa hal yang bisa kita tingkatkan. Dengan keberadaan kami berdua, Kodam dan Polda turun lapangan ini, kita bisa yakinkan dan perkuat hal-hal yang setelah kita evaluasi ada kekurangan,” terang Rudianto.

Baca juga   PHRI Siapkan 230 Kamar Hotel untuk Isolasi Mandiri

Pangdam berharap pelaksanaan PPKM Darurat dapat menekan laju penyebaran Covid-19, untuk itu ia meminta seluruh masyarakat Kota Surakarta untuk menaati kebijakan yang telah ditetapkan dalam PPKM Darurat.

Sementara itu Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi menegaskan, kedatangannya bersama Pangdam Diponegoro untuk memberikan arahan Manajemen Kontijensi Penanganan Covid-19 di Kota Surakarta.

“Manajemen penanganan Covid-19 kita berlakukan sebelumnya di wilayah lain dengan penetrasi wilayah di daerah pertama Covid-19 meledak antara lain Kudus, Jepara dan Grobogan. Kodam IV/Diponegoro dan Polda Jateng melakukan manajemen kontijensi secara flat dan selesai,” terangnya.

Upaya yang dilakukan, menurut Luthfi dengan cara upaya preventif, treatment sekaligus penegakan hukum.

Semua anggota Satgas nantinya akan dipecah atau dibagi menjadi lebih kecil atau bagian dan dikendalikan oleh perwira menengah Kodam IV Diponegoro dan Polda Jateng secara bersama-sama bergerak.

Baca juga   Warga Binaan Rutan Surakarta Terima Order Menjahit

Upaya preventif yang pertama berupa pengerahan kendaraan water canon delapan unit untuk penyemprotan desinfektan di seluruh Kota Surakarta secara serentak dari mulai jalan provinsi, protokol sampai ke tingkat kelurahan secara masif.

“Direktorat Polda jateng dan Kodam IV Diponegoro akan meningkatkan operasi yustisi yang dipertebal oleh Kodam dan Polda. Operasi dilakukan dalam rentang waktu pagi, siang hingga malam,” tandas Luthfi.

Operasi Yustisi bertujuan untuk menyadarkan masyarakat terkait dengan efektifitas penggunaan masker, soal kerumunan, prokes 5M dan lainnya.

Selanjutnya penyempitan wilayah dokter jaga di wilayah dengan sosialisasi secara masif sampai ke tingkat kelurahan dan kampung. Sehingga masyarakat akan tergerak terkait dengan protokol kesehatan dan penerapan PPKM Darurat yang dilaksanakan. (*)

Share :

Baca Juga

Sedikitnya lima macam jamu tradisional diracik oleh 12 peserta untuk disajikan ke para juri Lomba Meracik Jamu di Museum R Hamong Wardoyo. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Nguri-uri Warisan Leluhur, Disdikbud Boyolali Gelar Lomba Meracik Jamu
Vaksinasi Covid-19 bagi para pedagang di Pasar Borobudur. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gelar Vaksinasi bagi Pedagang Pasar Tradisional
Rapat Paripurna DPRD Kota Surakarta menyetujui RPDB APBD Tahun 2021, dan RPJMD 2021-2026. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Persetujuan RPDB APBD Tahun 2021, dan RPJMD 2021-2026 Kota Surakarta
Wali Kota dan Tokoh Lintas Agama di Salatiga menggelar doa bersama. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Peringati HUT Salatiga, Wali Kota dan Tokoh Lintas Agama Gelar Doa Bersama
Bakti sosial mewarnai peringatan HUT ke-52 Bank Bapas 69. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

HUT ke-52, Bank Bapas 69 Gelar Bakti Sosial
BAZNAS Kulonprogo menyerahkan bantuan kepada perwakilan warga terdampak Covid-19. (Foto: Humas Kulonprogo)

Peristiwa

BAZNAS Kulon Progo Salurkan Bantuan Rp768,9 Juta Bagi Terdampak Covid-19
Nanas Benggolo sudah menjadi komoditas andalan Desa Kembanglimus Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Nanas Benggolo, Jadi Andalan Komoditas Desa Kembanglimus
Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba saat memberikan sosialisasi bahaya narkoba secara daring, bagi siswa kelas X Angkatan XXXII SMA Taruna Nusantara tahun pelajaran 2021/2022. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Kapolres Magelang Sosialisasi Bahaya Narkoba Kepada Siswa Taruna Nusantara