Home / Olga

Rabu, 3 November 2021 - 17:19 WIB

Api Peparnas Menginap di Kantor Wali Kota Jayapura

Perjalanan Kirab Api diawali dengan serangkaian seremonial di Kantor Bupati Jayapura di Doyo Baru, Sentani, Rabu pagi sekitar pukul 09.00 WIT. (Foto: MC Kominfo/InfoPublik)

Perjalanan Kirab Api diawali dengan serangkaian seremonial di Kantor Bupati Jayapura di Doyo Baru, Sentani, Rabu pagi sekitar pukul 09.00 WIT. (Foto: MC Kominfo/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jayapura – Kirab Api Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 memasuki hari kedua, Rabu (3/11/2021) setelah kemarin dilakukan penyulutan dari sumber api tradisional di Kampung Genyem, Lembah Grime, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura.

Perjalanan Kirab Api diawali dengan serangkaian seremonial di Kantor Bupati Jayapura di Doyo Baru, Sentani, Rabu pagi sekitar pukul 09.00 WIT.

Sekitar 40 menit kemudian barisan kirab mulai dilepas oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw disaksikan sejumlah perangkat pemerintahan kabupaten dan masyarakat. Barisan pelari membawa obor hingga sejauh 500 meter dari kantor bupati. Perjalanan kemudian dilanjutkan menggunakan sejumlah bus.

Iring-iringan kendaraan pembawa obor disambut meriah di sepanjang jalan yang dilalui. Rute yang dipilih adalah melalui jalan poros Sentani-Abepura dengan pemandangan Danau Sentani.

Iring-iringan kendaraan Kirab Api Peparnas 2021 sempat mengitari Kompleks Olahraga Lukas Enembe di Kampung Harapan, Sentani Timur. Kemudian perjalanan dilanjutkan lagi menuju Kantor Wali Kota Jayapura sebagai perhentian kedua dari Kirab Api.

Baca juga   Kepada Ganjar, Pelajar Papua Ini Ungkapkan “Aku Tresna Karo Kowe”

Setelah satu jam perjalanan dari Kompleks Olahraga Lukas Enembe, rombongan Kirab Api tiba di dekat Kantor Wali Kota Jayapura. Sekitar 500 meter menjelang tempat berkantornya Wali Kota Benhur Tomi Mano, peserta kirab turun dari kendaraan mereka.

Para peserta yang berjumlah 45 orang kembali mengarak obor hingga memasuki halaman Kantor Wali Kota di Jalan Bali Kota, Entrop, Jayapura Selatan. Wali Kota Benhur menyambut sendiri Kirab Api.

Api diinapkan selama semalam dan akan kembali diarak menuju Kantor Gubernur keesokan harinya. Api akan disulut ke kaldron di Stadion Mandala, Kota Jayapura pada upacara pembukaan Peparnas Papua yang dilakukan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Jumat (5/11/2021).

Baca juga   Tiga Tahun Latihan, Sudartatik Sumbang Emas Peparnas untuk DIY

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menutup perhelatan olahraga multicabang empat tahunan nasional bagi penyandang disabilitas itu pada 13 November 2021 di Stadion Mandala.

Sebanyak 3.609 atlet dari 33 provinsi kecuali Sulawesi Barat akan bertanding pada 12 cabang olahraga di 12 venue yang terdapat di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Ke-12 cabang yang dilombakan pada Peparnas 2021 itu meliputi angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Mereka akan memperebutkan 2.812 keping medali terdiri dari 861 emas, 861 perak, dan 1.090 perunggu dalam 640 nomor perlombaan. Jawa Barat merupakan juara umum Peparnas 2016 lalu. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Atlet lempar cakram putra Jawa Barat Sam'un melakukan lemparan pada final lempar cakram putra klasifikasi F11 Peparnas Papua di Kompleks Stadion Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (6/11/2021). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nym)

Olga

Indonesia Incar Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) mempersiapkan infrastruktur ketenagalistrikan di beberapa lokasi di wilayah tersebut. Hal ini untuk mendukung keandalan pasokan listrik menjelang tes pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, 13 - 15 Februari 2022 mendatang. (Foro: ANTARA)

Olga

Jelang MotoGP, PLN Pastikan Pasokan Listrik di Sirkuit Pertamina Mandalika
Persiharjo Sukoharjo raih kemenangan perdana atas PSIK Klaten dalam ajang Piala Soeratin U17 di Stadion Trikoyo, Klaten, Senin (6/12/2021) sore. Persiharjo tundukkan PSIK 2-0 dalam laga ini. (Foto: Diskominfo Klaten)

Olga

Persiharjo Raih Kemenangan Perdana atas PSIK di Piala Soeratin U17

Olga

Sabtu 2 Oktober 2021, Klaster Mimika Tetap Gelar Pertandingan
Keberhasilan Saptoyogo menyumbangkan medali perunggu bagi Indonesia sekaligus merupakan medali kedua bagi kontingen Merah-Putih di Paralimpiade 2020. (Foto:npcindonesia/kemenpora)

Olga

Diluar Dugaan, Saptoyogo Raih Medali Perunggu Paralimpiade Tokyo 2020
Menpora Amali dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto:Div Humas Mabes Polri)

Olga

Kapolri Keluarkan Izin Rekomendasi Liga 1 dan Liga 2
Acara bincang-bincang "Pengalaman Manis Kontingen PON XX" yang digelar secara daring dari Media Center Kominfo PON Papua di Klaster Jayapura, Kamis (14/10/2021). (Foto:Media Center Kominfo PON Papua)

Olga

Bayangan Suram tentang Papua Sirna Selama PON XX
Petinju Jawa Barat Bram Hendra Betaubuni meluapkan kegembiraanya usai menang atas petinju Sulawesi Utara Christian Toar J. Sompota pada babak final tinju kelas berat ringan 75-81 kilogram putra PON Papua di GOR Cendrawasih, Kota Jayapura, Papua, Rabu (13/10/2021). Petinju Jawa Barat Bram Hendra Betaubuni meraih medali emas usai menang atas petinju Sulawesi Utara Christian Toar J. Sompota. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj)

Olga

Jabar Semakin Kokoh di Urutan Pertama Klasemen Medali PON Papua