Home / Olga

Selasa, 28 September 2021 - 15:28 WIB

Api PON Papua Dikirab Sejauh 3.578 Kilometer

Kirab api PON akan menempuh jalur darat sepanjang 3.367 km,  menempuh jalur laut sepanjang 191 km, dan juga akan melewati kurang lebih 20 km. (Foto:MC PON)

Kirab api PON akan menempuh jalur darat sepanjang 3.367 km, menempuh jalur laut sepanjang 191 km, dan juga akan melewati kurang lebih 20 km. (Foto:MC PON)

NYATANYA.COM, Mimika – Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan keliling wilayah Papua dengan menempuh jarak sepanjang 3.578 kilometer.

Wilayah itu termasuk Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke yang menjadi venue penyelenggaraan ajang olahraga bergengsi tingkat nasional.

Secara detail, api ini akan menempuh jalur darat sepanjang 3.367 km, menempuh jalur laut sepanjang 191 km, dan juga akan melewati kurang lebih 20 km.

“Api PON XX Papua akan berkeliling ke kabupaten dan kota di Papua,” ujar wakil Sekretaris PB PON Karolus Boli di Mimika, Papua Selasa (28/9/2021).

Baca juga   Wapres: Kesuksesan PON Papua Cermin Kuatnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Api ini, lanjut dia, selama 24 jam akan berada di Mimika. Dan akan diarak ke tempat strategis di wilayah Mimika, tercatat lebih dari 10 tempat yang akan menerima kunjungan api PON ini dalam beberapa jam ke depan.

“Api PON akan berada semalaman di Mimika,” katanya.

Menurut dia, sambutan hangat pada api PON di Mimika akan membuktikan wilayah ini siap menyelenggarakan perhelatan olahraga tingkat nasional ini dalam beberapa waktu ke depan. Ini menjadi pendorong untuk berpartisipasi membuat masyarakat mendukung kegiatan ini.

“Tentu sesuatu yang sangat bersejarah bagi pemerintah dan masyarakat Mimika,” tuturnya.

Baca juga   Menpora Amali Pastikan Semua Atlet Olimpiade Tokyo Dapat Apresiasi dari Pemerintah

Diketahui, api PON diambil dari Klamono, Wilayah Adat Domberai, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, kemudian mengelilingi 5 wilayah adat di Provinsi Papua selama 6 hari berturut-turut dari 27 September hingga 2 Oktober 2021.

Kirab Api PON XX dimulai dari Biak (Seireri), Mimika (Mee Pago), Wamena (La Paqo), Merauke (Ha Anim), Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura (Mamta/Tabi), dan berakhir di Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura.

Di setiap kota, Api akan diterima dan dikirabkan mengelilingi kota kemudian disemayamkan sebagai simbol untuk ‘membagikan kehangatan’ bagi seluruh masyarakat Papua. (*)

Share :

Baca Juga

Windy Cantika Aisah. (Foto:nyatanya.com/Kemepora RI)

Olga

Viral! Windy Cantika Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade 2020
Ganjar Pranowo melepas 7 Atlet Jateng ke Paralimpiade Tokyo 2020 secara daring. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Ganjar Lepas 7 Atlet Jateng ke Paralimpiade Tokyo 2020
Pengurus KONI DIY usai bertemu Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto:Humas Pemda DIY)

Olga

DIY Targetkan 11 Medali di PON XX 2021 Papua
Pada laga perdana, tim polo air putri DKI Jakarta menang telak atas DIY dengan skor 19-3. (Foto:rayki/kemenpora.go.id)

Olga

Laga Perdana Polo Air PON XX, Tim Putri DIY Akui Ketangguhan DKI Jakarta
Rio Waida lolos babak 16 besar dan akan berjibaku man-to-man menghadapi tuan rumah Kanoa Igarashi besok. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Nyaris Tersingkir, Rio Waida Lolos Babak 16 Besar
Atlet binaraga Papua Oto Gidion Wantik memegang medali emas binaraga kelas 65 kilogram PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua, Senin (4/10/2021). Oto Gidion Wantik meraih medali emas, medali perak diraih atlet binaraga DIY Bambang Sujatmoko dan medali perunggu diraih atlet binaraga Jawa Timur Kariyono. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH/tom)

Olga

Tuan Rumah PON Papua Mengukir Sejarah
Sri Sultan Hamengku Buwono X saat Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen DIY PON XX Papua 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Olga

Kontingen PON DIY: Mangkat Bregas, Main Trengginas, Mborong Emas, Mulih Waras
Indah Lupita Sari tampil gemilang pada debut pertamanya di PON XX Papua di nomor jalan cepat putri 20 Km, yang digelar di Kuala Kencana, Sabtu (9/10/2021) dengan catatan waktu 1:54:13 detik. (Foto: Humas PPM/Fernando Rahawarin)

Olga

Atlet DIY Indah Lupita Sari Sabet Medali Emas Jalan Cepat Putri