Home / Olga

Selasa, 28 September 2021 - 15:28 WIB

Api PON Papua Dikirab Sejauh 3.578 Kilometer

Kirab api PON akan menempuh jalur darat sepanjang 3.367 km,  menempuh jalur laut sepanjang 191 km, dan juga akan melewati kurang lebih 20 km. (Foto:MC PON)

Kirab api PON akan menempuh jalur darat sepanjang 3.367 km, menempuh jalur laut sepanjang 191 km, dan juga akan melewati kurang lebih 20 km. (Foto:MC PON)

NYATANYA.COM, Mimika – Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan keliling wilayah Papua dengan menempuh jarak sepanjang 3.578 kilometer.

Wilayah itu termasuk Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke yang menjadi venue penyelenggaraan ajang olahraga bergengsi tingkat nasional.

Secara detail, api ini akan menempuh jalur darat sepanjang 3.367 km, menempuh jalur laut sepanjang 191 km, dan juga akan melewati kurang lebih 20 km.

“Api PON XX Papua akan berkeliling ke kabupaten dan kota di Papua,” ujar wakil Sekretaris PB PON Karolus Boli di Mimika, Papua Selasa (28/9/2021).

Baca juga   Menpora Berharap POMNAS Lahirkan Talenta Atlet dari Mahasiswa

Api ini, lanjut dia, selama 24 jam akan berada di Mimika. Dan akan diarak ke tempat strategis di wilayah Mimika, tercatat lebih dari 10 tempat yang akan menerima kunjungan api PON ini dalam beberapa jam ke depan.

“Api PON akan berada semalaman di Mimika,” katanya.

Menurut dia, sambutan hangat pada api PON di Mimika akan membuktikan wilayah ini siap menyelenggarakan perhelatan olahraga tingkat nasional ini dalam beberapa waktu ke depan. Ini menjadi pendorong untuk berpartisipasi membuat masyarakat mendukung kegiatan ini.

“Tentu sesuatu yang sangat bersejarah bagi pemerintah dan masyarakat Mimika,” tuturnya.

Baca juga   Panglima TNI Dampingi Presiden Resmikan 7 Arena PON Papua

Diketahui, api PON diambil dari Klamono, Wilayah Adat Domberai, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, kemudian mengelilingi 5 wilayah adat di Provinsi Papua selama 6 hari berturut-turut dari 27 September hingga 2 Oktober 2021.

Kirab Api PON XX dimulai dari Biak (Seireri), Mimika (Mee Pago), Wamena (La Paqo), Merauke (Ha Anim), Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura (Mamta/Tabi), dan berakhir di Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura.

Di setiap kota, Api akan diterima dan dikirabkan mengelilingi kota kemudian disemayamkan sebagai simbol untuk ‘membagikan kehangatan’ bagi seluruh masyarakat Papua. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo dan pelajar asal Papua dalam puncak peringatan Haornas 2021. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Kepada Ganjar, Pelajar Papua Ini Ungkapkan “Aku Tresna Karo Kowe”
Pembalap Miguel Aliveira mengangkat trofi kemenangan, setelah dirinya sukses menjadi juara MotoGP 2022 Mandalika. Trofi di gelaran MotoGP adalah karya tangan pelaku usaha ekonomi dan kreatif asal Gianyar, Bali, Tuksedo Studio. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Olga

Mantap! Piala MotoGP Mandalika Ternyata Karya Perajin Asal Bali
(ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/pras)

Olga

Foto: Antusiasme Warga Menonton Tes Pramusim MotoGP 2022
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo nampak kelelahan setelah memasuki garis finish Borobudur Marathon kategori Tilik Candi. Seharusnya, Ganjar bersama peserta lain berlari mengelilingi Candi Borobudur sebanyak enam kali putaran. Namun, Ganjar hanya mampu menyelesaikan satu putaran saja. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Ganjar Ngos-ngosan “Finish” Pertama Borobudur Marathon Tilik Candi
Windy Cantika Aisah. (Foto:nyatanya.com/Kemepora RI)

Olga

Viral! Windy Cantika Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade 2020
Atlet Tenis Kursi Roda (TKR) lapangan Zubaidah DIY berhasil meraih medali emas di nomor tunggal putri setelah mengalah lawannya Siti Maemunah dari Provinsi Jawa Barat dengan skor akhir 8-2 di Peparnas XVI Papua. (Foto: InfoPublik/Wandi)

Olga

Atlet Tenis Kursi Roda DIY, Zubaidah Raih Medali Emas Peparnas
Puluhan warga antusias memadati bukit Rangkap untuk melihat aksi pebalap di ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022, yang tengah menggelar latihan bebas atau free practice ke 1 dan 2 pada Jumat (18/3/2022). (Foto: Ryiadhy BN)

Olga

Dari Atas Bukit Rangkap, Warga Antusias Nonton MotoGP Mandalika
Wakapolda Papua Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto, berfoto bersama para Atlet Peraih Medali pada Cabang Olahraga Renang Nomor 100M GAya Bebas Putra S7 di Akuatik Stadium Lukas Enembe, Selasa (9/11/2021). (Foto: PB Peparnas Papua/Ronaldy Irfak)

Olga

Klasemen Peparnas, Papua Makin Tinggalkan Jabar di Perolehan Medali