Home / Gayahidup

Kamis, 29 September 2022 - 12:03 WIB

Arfan Putra Agusta, Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Sejak Dini Lewat Pushbike

Arfan Putra Agusta dan pushbikenya. Foto: Ist

Arfan Putra Agusta dan pushbikenya. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Mungkin ada dari Anda yang baru mendengar istilah balance bike atau pusbike. Balance bike atau yang sering disebut juga push bike atau kick bike adalah sepeda roda dua tanpa pedal (kayuhan), tanpa rantai dan sistem penggerak, yang dirancang untuk anak kecil.

Sesuai namanya, sepeda ini tujuannya adalah untuk melatih keseimbangan (balancing), sebelum anak memakai sepeda normal.

Dari penelitian yang dilakukan secara akademis, ternyata pushbike memiliki banyak manfaat jika dibandingkan dengan belajar sepeda roda tiga.

Tidak seperti roda tiga atau roda empat yang seringkali terbatas pada jalan, balance bike (pusbike) dapat dipakai pada jalan tanah (off-road) selama kaki anak masih kuat.

Baca juga   Terjerat Pinjaman Online, Begini Cara Mengatasinya

Belajar balance bike membutuhkan koordinasi otot yang akan berpengaruh pada kekuatannya dimana kekuatan akan berpengaruh juga pada aspek psikologisnya terutama sosial emosinya.

Dengan belajar balance bike (pushbike) anak-anak akan lebih mudah menggerakkan kemampuan otot kaki dalam bersepeda, sehingga relatif dapat menumbuh rasa percaya diri.

Adalah Arfan Putra Agusta, putra Adriaan Agusta mantan pebalab Drag Race 201 M dari Prodrive 57 yang kini getol geluti pusbike bersama Keluarga Besar Pushbike Yogya (KBPY).

“Aku suka pushbike karena bikin berani,” ungkap Arfan yang masih berusia 3 tahun didampingi sang ayah.

Meski diakui baru bergabung 3 bulan ini, Namun manfaat banyak sudah dirasakan Arfan, tak heran jika ia mengaku sarius ikuti jadwal latihan bersama yang diselenggarakan KBPY di halaman parkir Transmart, Jalan Laksa Adisucipto Yogyakarta setiap Jumat pukul 15.00 WIB,

Baca juga   Gerakan Kampung Panca Tertib Pemkot Yogya Raih Penghargaan KIPP 2021

Ketua KBPY, Nicko menjelaskan dengan slogan “mencari kawan bukan mencari lawan”, KBPY menjadi wadah bagi anak-anak di Yogyakarta untuk berolahraga melalui pusbike sebagai ruang untuk tumbuh kembang anak.

“Melalui pusbike anak-anak dilatih makin percaya diri. Melatih motorik anak, kekuatan kaki, dan keseimbangan,” ujar Nicko.

Ditambahkan Nicko, dengan aktivitas pushbike anak akan memiliki kesempatan untuk menjelajah dan menuruti rasa ingin tahunya, sehingga memiliki waktu untuk mengeksplorasi wawasannya terutama dengan lingkungannya.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Art Work Jogja VolksWagen Festival #5. Foto: Agoes Jumianto

Gayahidup

Candi Prambanan, Hanoman, dan Jogja VolksWagen Festival #5
Hyundai Stargazer. Foto: Ist

Gayahidup

Resmi! Hyundai Stargazer Pesaing Avanza dan Xpander Dijual Mulai Rp243,3 Juta
Foto: Istimewa

Gayahidup

Peugeot 2008 Jadi Incaran Pecinta Otomotif Solo
Formo S, mobil baru yang diluncurkan Wuling Indonesia. (Foto: wuling.id)

Gayahidup

Wuling Hadirkan MPV Terbaru, 8 Seater Cuma Rp130 Jutaan Lur
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menerima kunjungan dari panitia penyelenggara Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2022, Kamis (20/01) di Gedhong Pare Anom, Komplek Kepatihan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Gayahidup

Jogja Volkswagen Festival Digelar di Candi Prambanan 16-17 Juli 2022
Foto: Dok.Polytron

Gayahidup

Tak Cuma Bikin Kulkas, Polytron Produksi Motor Listrik yang dijual Murah Mulai Rp16 Jutaan

Gayahidup

Virgo, Hari Ini Kamu Dapat Mengharapkan Sebuah Pendapatan yang Spektakuler
AEPI Fashion Festival 2022 digelar di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta 31 Oktober - 1 November 2022 dengan tema 'Jewels of Leaves'. Foto: Agoes Jumianto

Gayahidup

Ecoprint Makin Berkelas, AEPI Fashion Festival 2022 Hadirkan ‘Jewels of Leaves’