Home / Panggung

Sabtu, 28 Mei 2022 - 18:28 WIB

Artist Talk ‘Proses Kreatif Seniman’, Tutup Matra Kriya Festival 2022

Antrean panjang pengunjung Matra Kriya Fest 2022. Foto: Dok.MKF 2022

Antrean panjang pengunjung Matra Kriya Fest 2022. Foto: Dok.MKF 2022

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Event dua tahunan Matra Kriya Festival (MKF) 2022 ditutup Sabtu, 28 Mei 2022.

Mengusung tema besar ‘From Hands to Something-Hasta Makirtya Rupa’, agenda seni yang digelar di Galeri Taman Budaya Yogyakarta sejak 21 Mei 2022 ini mendapatkan respon positif dari masyarakat dan penikmat seni.

Terbukti dengan antrian panjang dari pengunjung pameran selama penyelenggaraan acara tersebut.

Gelaran tersebut ditutup dengan agenda Artist Talk MKF 2022 dengan tema ‘Proses Kreatif Seniman’ dengan pembicara Novi Bamboo, Lejar Daniartana, dan Rudi Hendriatno. Acara dimoderatori Latief S Nugraha.

Konsep dasar MKF 2022 adalah menyuguhkan keajaiban seni yang dihadirkan lewat sentuhan tangan seniman untuk menghasilkan sebuah karya.

Artist Talk MKF 2022 dengan tema ‘Proses Kreatif Seniman’. Foto: Dok.MKF 2022

Karya seni tidak bisa lepas dari konsep atau gagasan, pilihan material, dan proses yang dilakoni seniman. Hubungan ketiga hal ini sangatlah intim.

Bagi seniman, material tidak dapat dipisahkan dari masalah konseptual dan realisasi nyata dalam berkarya. Kecerdasan dan aspek craftmanship seniman dalam memanipulasi material inilah yang kemudian memberi nilai lebih atas ekspresi konseptual.

Baca juga   Whani Darmawan Pameran Tunggal Lukisan Bertajuk 'Anuning Ning' di Jiwa Gallery 14 April 2023

Dalam berkarya, Lejar berangkat dari sesuatu yang dekat. Salah satunya adalah cerita dari Ayah yang berdarah Maluku tapi hidup di Merauke.

Berdasarkan cerita dari ayahnnya mengenai Merauke dan Papua, akhirnya membawa Lejar untuk datang ke Papua. Bertemu dengan suku Malind untuk mengenal lebih jauh kehidupan disana.

Sampai akhirnya mendapat kesempatan untuk membuat buku cerita rakyat suku Malind. Lejar dipercaya membuat ilustrasi cerita dalam buku cerita rakyat Suku Malind.

MKF 2022 hari terakhir ditutup dengan penampilan dari Hans & The Purple Colony. Foto: Dok.MKF 2022

Dengan ibu berdarah Jawa dan dengan ayah dari Maluku, melahirkan akulturasi budaya menginspirasi untuk membuat karya wayang ‘Papua KK Lejar’.

Sedangkan Rudi Hendriatno yang berdarah Minang menceritakan proses kreatifnya yang cenderung kinetik. Berangkat dari ketidakpuasan dengan karya seni di Indonesia.

Akhirnya, memantapkan dia untuk mengeksplore lebih jauh karya seni kinetik (bisa digerakkan). Ia banyak menggunakan material kayu, rantai, gir, mekanisme mesin secara umum.

Baca juga   Seni Mural Sudah Ada Sejak Prasejarah, Kini Makin Cair Difungsikan

Ketika Rudi membuat suatu karya, pasti muncul ide lain. Itu yang membuat Rudi terus berkarya.

Sementara Novi Bamboo, berangkat dari membuat produk fesyen dari serat bambu yang merupakan material alami. Novi juga menyampaikan tentang lika-liku industri kreatif yang terdampak pandemi.

Pandemi menyebabkan permintaan turun, sedangkan harga produksi naik. Tidak hanya itu, biaya pengiriman ke luar negeri naik lebih dari 100%.

“Saya mengajak untuk menggunakan material alami dalam berkarya. Kita harus bersama-sama dalam menjaga lingkungan,” tutur Novi.

Latief menambahkan, keunikan Indonesia adalah punya banyak hal yang bisa dieksplorasi. Misal Papua, sudah memiliki variasi bahasa paling banyak.

“Itu yang sebenarnya bisa menjadi kekuatan kita sebagai seniman untuk terus berkarya. Mengingat banyak hal yang bisa digali dari lingkungan sekitar kita,” paparnya.

MKF 2022 hari terakhir ditutup dengan penampilan dari Hans & The Purple Colony.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Kundha Kabudayan Sleman menggelar Sosialisasi Pemberian Penghargaan di Bidang Kebudayaan di Resto Puri Mataram Tridadi, Sleman, Rabu (16/2/2022). (Foto: Humas Sleman)

Panggung

Kundha Kabudayan Sleman Gelar Penganugerahan Kebudayaan 2022, Ini Kategorinya
Odhol Band saat tampil dalam jumpa pers di Hotel Royal Malioboro. Foto: Penrem 072/Pmk

Panggung

Konser Musik Alam Bersuara di Hutan Pinus Mangunan Tampilkan Stinky, Power Slaves, dan Odhol Band
Jurusan Seni Rupa Murni ISI Surakarta menggelar pameran kompetisi karya mahasiswa Citrakara 2022, dimana sebanyak 68 karya diikutkan dalam ajang ini. Foto: Dok.ISI Surakarta

Panggung

Kompetisi Karya Mahasiswa Citrakara 2022 Digelar Jurusan Seni Rupa Murni ISI Surakarta, Ini Jawaranya
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berfoto bersama penerima Anugerah Kebudayaan Tahun 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Panggung

Sri Sultan HB X Serahkan Penghargaan Anugerah Kebudayaan Tahun 2021
Nella Kharisma. Foto: nyatanya.com/ Instagram

Panggung

Nella Kharisma Kuat-kuatan Ati dengan Dory Harsa
Pengunjung pameran seni rupa “Roots < > Routes” Biennale Jogja XVI Equator #6 2021. (Foto: Dokumentasi Yayasan Biennale Yogyakarta)

Panggung

Ragam Tema Pameran Seni Rupa Biennale Jogja XVI Equator #6 2021
(Foto: istimewa)

Panggung

Kemarin, Film Dokumenter Perjalanan Band Seventeen Tayang di Netflix 16 Desember 2021
Foto karya kompetisi dunia World Press Photo ke-65 dipamerkan di Pendapa Art Space, Bantul. Foto: Ist/World Press Photo

Panggung

World Press Photo 2022 Dipamerkan di Pendapa Art Space, Salah Satunya Karya Pewarta Foto Indonesia