Home / Panggung

Kamis, 8 Juli 2021 - 20:36 WIB

ARTJOG MMXXI 2021 Resmi Dibuka Sandiaga Uno

Sandiaga Salahuddin Uno secara resmi membuka gelaran ARTJOG MMXXI. (Foto:nyatanya.com/YouTube ARTJOG)

Sandiaga Salahuddin Uno secara resmi membuka gelaran ARTJOG MMXXI. (Foto:nyatanya.com/YouTube ARTJOG)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Festival tahunan seni rupa terbesar di Indonesia ARTJOG MMXXI 2021 remi dibuka Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno secara virtual, Kamis (8/7/2021) pukul 16.00 WIB.

Dipandu MC Marzuki Mohamad a.k.a. Kill the DJ, Sandiaga Uno membuka salam dengan sebuah pantun, “Namanya Yogya memang selalu bikin rindu, masyarakatnya ramah kulinernya teristimewa. Rekan-rekan ayo dukung ARTJOG MMXXI agar karya anak bangsa makin dikenal di dunia.

Sandiaga Uno menyebut laju ekonomi kreatif terus bergerak di tengah pandemi. Ia berharap kepada semua pihak, untuk mensukseskan gelaran ARTJOG MMXXI, bukan hanya sebagai Rohani, rombongan yang hanya lihat-lihat.

ARTJOG MMXXI Time (to) Wonder. (Foto:nyatanya.com/YouTube ARTJOG)

“Tetapi juga menjadi Rojali (rombongan jadi beli) dan juga Rogana (rombongan ga pakai nawar,” ucap Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno juga berharap ARTJOG bukan hanya sebagai tempat berkompetisi tetapi juga tempat berkolaborasi bagi wadah orang-orang kreatif mencari inspirasi.

Baca juga   Rawan Kejahatan, Kemendagri Ingatkan Swafoto KTP-el Terkait NFT

Festival tahunan seni rupa terbesar di Indonesia ARTJOG tahun ini masih digelar di Jogja National Museum (JNM) Yogyakarta, 8 Juli hingga 31 Agustus 2021. Namun berkaitan dengan adanya penerapan PPKM Darurat, ARTJOG bakal dimulai dalam format daring dahulu.

Harapannya saat kondisi sudah memungkinkan, program ARTJOG dapat dilaksanakan dengan cara presentasi gabungan antara luring dan daring, dengan pembatasan jumlah pengunjung dan dilakukan dengan prosedur kesehatan yang baik dan sesuai dengan arahan pemerintah.

Setelah tahun lalu menghelat ARTJOG Resilience yang merespon situasi pandemi, ARTJOG kali ini berupaya kembali ke skema kuratorial yang telah mereka canangkan sejak 2018.

ARTJOG MMXXI Time (to) Wonder. (Foto:nyatanya.com/YouTube ARTJOG)

Meneruskan edisi kedua dari trilogi pameran arts in common, festival edisi tahun ini dibingkai dengan tajuk Time (to) Wonder. Mengangkat ihwal ‘waktu’ sebagai konsep kunci, pameran ini akan menampilkan karya-karya mutakhir 41 seniman yang semuanya tinggal dan bekerja di Indonesia. Mereka diantaranya, Agung ‘Agugn’ Prabowo, Agung Kurniawan, Bonggal Jordan Hutagalung, Citra Sasmita, Duto Hardono, Eko Nugroho, Eko Prawoto, Entang Wiharso, F.X. Harsono, Theresia ‘Tere’ Agustina Sitompul, R.E. Hartanto, dan lain-lain.

Baca juga   Tak Terima Divonis 4,5 Tahun, Gaga Muhammad Resmi Ajukan Banding

“ARTJOG ingin tetap konsisten memberikan kontribusi dengan menyediakan ruang presentasi untuk eksplorasi artistik para seniman kontemporer. Seri pameran Arts in Common ini telah kami persiapkan sejak lama. Dan para seniman yang terlibat dalam Time (to) Wonder tahun ini adalah mereka yang sudah kami undang sejak Desember 2019,” demikian Direktur ARTJOG Heri Pemad. (N1)

Share :

Baca Juga

Atraksi melukis Tri Joko Purnomo. Pria yang karib disapa Joonk ini melukis dengan caranya sendiri untuk memberikan nuansa baru berkesenian. (Foto: Istimewa)

Panggung

Edan! Seniman Ini Melukis dengan Mata Tertutup dalam Waktu 14 Menit, Hasilnya…
Mini orkestra Gita Cinta Pelajar Jogja saat berpartisipasi dalam upacara 17 Agustus di kawasan Gunungketur Pakualaman. Foto: Ist

Panggung

Mini Orkestra Gita Cinta Pelajar Jogja Bangga Tampil di Upacara 17 Agustus Komunitas
Foto: Ist/SCTV

Panggung

Sinopsis Garis Cinta SCTV Episode 38, Selasa 21 Juni 2022
Lantunan Panembrama Sekar Ageng Kenya Kediri Ketawang Kinanti Soba Kastawa Slendro 9 ciptaan Sudarmin Kertodikromo pada acara sarasehan Seni Budaya dan Nembang Panembromo di Kalurahan Donoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Senin (3/1/2022). (Foto:Upik Wahyuni/KIM Donoharjo)

Panggung

Seni dan Budaya Donoharjo Kembali Menggeliat
Koesplusan Selasa Wage di Museum Sonobudoyo Yogya. Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Gayeng Lur! Koesplusan Selasa Wagen di Museum Sonobudoyo
Zinidin Zidan. (Foto:Ist)

Panggung

Zinidin Zidan Dikabarkan Kecelakaan dan Meninggal Dunia, Begini Kabar Sebenarnya

Panggung

Ngayogjazz 2021 Batal Bisa Ditonton Langsung, Ini Pernyataan Panitia
Armand Maulana bersama band GIGI batal hangatkan Yogyakarta pada Sabtu 12 Agustus 2023 di GOR UNY. (Foto: Dok.Neutron Live)

Panggung

Konser The Best of GIGI Road To 30th Anniversary di Yogyakarta dan Surabaya Batal Digelar