Home / News

Selasa, 14 September 2021 - 11:13 WIB

ASN Magelang Ramai-ramai Borong Cabai dan Sayur, Ada Apa?

Membantu petani di saat harga anjlog, ASN di Kabupaten Magelang gelar aksi borong cabai dan sayur petani. (Foto: Humas/beritamagelang)

Membantu petani di saat harga anjlog, ASN di Kabupaten Magelang gelar aksi borong cabai dan sayur petani. (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang ramai-ramai melakukan aksi borong aneka sayuran dari petani. Kegiatan yang digelar Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang ini merupakan upaya membantu petani saat harga jual hasil panen murah akibat dampak pandemi dan cuaca.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang menyediakan sebanyak 2.000 paket cabai dan sayuran untuk dibeli aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Magelang.

“Kegiatan ini menindaklanjuti surat edaran Sekda Kabupaten Magelang tentang gerakan ASN Beli Cabai,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Romza Ernawan, Senin (13/9/2021).

Romza mengatakan, setiap paketnya selain berisi cabai keriting dan cabai rawit juga terdapat aneka sayuran yang saat ini harga jual di tingkat petani sangat rendah. Satu paket tersebut dijual kepada para ASN dengan harga Rp20.000.

Baca juga   Pemerintah Terus Berupaya Cukupi Kebutuhan Vaksin, Ribuan Dosis Sinovac Tiba di Bandara Soetta

Menurutnya, jenis sayuran tersebut akan berbeda-beda setiap harinya, sesuai dengan persediaan yang ada di petani. Romza menjelaskan gerakan tersebut bertujuan menyerap hasil panen cabai dan sayuran dari petani, agar harga meningkat. Sehingga para petani dapat memperoleh pendapatan yang pantas.

“Melimpahnya produksi cabe dan beberapa komoditas sayur di Kabupaten Magelang, mengakibatkan harganya anjlok di bawah harga dasar. Jika kondisi berlangsung lama, petani akan menderita kerugian dan kesulitan menanam komoditas selanjutnya,” kata Romza.

Romza mengatakan, gerakan tersebut tidak hanya bagi ASN di lingkungan Pemkab Magelang, melainkan juga bagi karyawan BUMD/ BUMN dan pegawai instansi vertikal yang ada di Kabupaten Magelang. Dengan adanya gerakan tersebut diharapkan bisa menyerap cabai dari para petani di wilayah Kabupaten Magelang sekitar 2 ton, tidak termasuk sayuran.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kembang Sari, Dusun Karang Wetan, Desa Sonorojo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Sudarsono mengatakan, dengan adanya gerakan ASN beli cabai ini dinilai membantu petani.

Baca juga   Waspada! Gempa Sumbar Masih Berpotensi Melepaskan Energi, Begini Penjelasan BMKG

Namun, dari yang dipanen oleh para petani tersebut belum ada 40 persennya dari yang dibeli oleh para ASN. Khususnya, cabai di wilayah Kabupaten Magelang para petani bisa memanen hingga 50 ton.

“Sedangkan, yang dibeli ASN saat ini baru sekitar 2 ton saja,” katanya.

Ia juga berharap, agar kegiatan gerakan ASN beli cabai dan sayuran tersebut bisa dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Paling tidak, seminggu satu kali,” harapnya.

Sudarno menambahkan, saat ini beberapa komoditas sayuran harga di tingkat petani sangat rendah. Seperti waluh jipang harganya Rp800 per kilogram, sawi Rp1.000 per kilogram. Sedangkan harga jual cabai rawit merah di tingkat petani berkisar Rp9.000 hingga Rp9.500 per kilogram dan cabai keriting hanya Rp10.000 per kilogramnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: Agoes Jumianto

News

Saat Geledah Ruang Wali Kota Yogyakarta, KPK Temukan Catatan Khusus Tersangka Haryadi Suyuti
Indonesia kembali kedatangan 1.257.750 dosis vaksin Pfizer. Vaksin yang masuk tahap 201 ini tiba di Bandara Soetta Tangerang, Banten pada Sabtu (22/1/2022) pukul 19.30 WIB. (Foto: Taufiq Rauf/InfoPublik)

News

Indonesia Kembali Terima Pasokan 1,2 Juta Vaksin Pfizer
Banjir di Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. (Foto: BPBD Kabupaten Balangan)

News

Banjir di Kalimantan Juga Rendam 3 Desa di Batu Mandi
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa

News

Foto: Stasiun Pasar Senen Ramai Pemudik
Sebanyak 6.000 santri di bawah Yayasan Syubbanul Wathon sudah divaksinasi Covid-19 melalui program Vaksinasi Merdeka Candi yang digelar Polres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Ribuan Santri Ponpes Syubbanul Wathon Divaksinasi Covid-19
Menko Polhukam Mahmud MD. (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Kemenko Polhukam)

News

Menko Polhukam: Nataru, Momentum Mempererat Persabatan dan Persaudaraan
Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta. Foto: BPMI Setpres

News

Indonesia – Timor Leste Sepakat Perkuat Kerja Sama Ekonomi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima silaturahmi dari Keuskupan Agung Semarang, di Kantor Gubernur, Selasa (17/5/2022). Foto: Humas Jateng

News

Terima Silaturahmi Keuskupan Agung Semarang, Ganjar: Ini Tradisi yang Harus Kita Rawat