Home / Peristiwa

Rabu, 13 Juli 2022 - 10:21 WIB

Asosiasi Pendeta Indonesia Diharapkan Jembatani Komunikasi Jemaat Antargereja

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. Foto: Humas Jateng

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. Foto: Humas Jateng

NYATANYA.COM, Semarang – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menyambut baik Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Jawa Tengah periode 2022-2027 yang dilaksanakan di Auditorium Hall IFGF, Selasa (12/7/2022).

Organisasi yang beranggotakan para pendeta dari berbagai gereja dengan denominasi (aliran) masing-masing, akan bisa menjadi jembatan komunikasi antarumat Kristiani, sehingga menumbuhkan persatuan di antara mereka.

“Saya pikir, saya rasa, panjenengan semua memiliki kesibukan yang super. Apalagi ketemu dengan umat, ketemu dengan jemaat, yang banyak begitu keluhannya, banyak resahnya, banyak keluh kesahnya dan mereka menuntut panjenengan semua memberikan solusi. Karena bagaimana pun juga mereka butuh tuntunan, dan tuntunan itu ada dalam Alkitab yang artinya adalah panjenengan semua yang harus menafsirkan,” tuturnya.

Baca juga   HUT ke-71 Jateng, Momentum Refleksi Diri
Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pendeta Indonesia Jawa Tengah. Foto: Humas Jateng

Lebih lanjut Wagub Taj Yasin menuturkan, satu ayat dalam kitab suci bisa ditafsirkan dari berbagai sudut pandang. Sudut pandang yang diambil, bisa karena menyesuaikan dengan situasi dan kondisi para jemaatnya.

“Saya percaya bahwa setiap gereja itu juga punya angan-angan yang dibentuk dari jemaat masing-masing. Dan itulah yang akhirnya menimbulkan cara sudut pandang. sesuai dengan keadaan jemaat, umatnya, pemeluknya, dan seterusnya. Dan (sudut pandang) itu juga tidak bisa dipaksakan ada di gereja yang lain. Bukan hanya di gereja lain, (tapi juga) di negara, di kabupaten, di kota, atau provinsi yang lain, yang memiliki cara pandang masing-masing,” urai dia.

Menurut wagub, perbedaan yang ada, tetap harus kembali ke kitab suci karena itu tidak boleh dirusak. Kitab suci menjadi payung besar untuk menyatukan.

Baca juga   PLN Butuh Waktu 25 Hari Perbaiki PLTU Teluk Sirih yang Terbakar

Pendeta yang tergabung dalam organisasi API, punya peran sebagai jembatan komunikasi dengan para jemaatnya.

Bagaimana pun, setiap manusia memiliki sudut pandang masing-masing dan keinginannya juga beda-beda. Tidak mungkin manusia itu satu keinginannya.

“Pasti berbeda. Kalau keinginannya hanya satu, ngapain kita berbicara, ngapain kita bermusyawarah, ngapain kita berdiskusi, cukup kita duduk, toh tujuan kita sama. Di situlah keberagaman itu yang seharusnya menjadi kunci sukses kita, kunci kebersamaan kita untuk saling mengisi, yang mana dengan perbedaan itu menunjukkan bahwa kita sebagai hamba adalah kelemahan, dan kekuatan ada di Tuhan,” pungkasnya.

(Ul/N1)

Share :

Baca Juga

Bengkel las di Jalan Kalianak Barat No 66, Asemrowo, Surabaya, yang terbakar Jumat (6/1/2023) dini hari. Foto: selalu.id

Peristiwa

Bengkel Las di Surabaya Ludes Terbakar, Hanguskan 1 Truk dan 2 Unit Sepeda Motor
Bupati Klaten instruksikan para ASN untuk mengkonsumsi beras rojolele Srinar dan Srinuk. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Rojolele, Beras Wajib bagi ASN Klaten
Sebanyak 54 kapal nelayan di Cilacap, Jawa Tengah ludes terbakar. (Foto: Dok.KKP)

Peristiwa

54 Kapal Nelayan di Cilacap Terbakar, 547 Awak Kapal Terdampak
Kepala ANRI, Imam Gunarto menyerahkan penghargaan pada Arsiparis Teladan Kabupaten Magelang, Agustina Dwi Krismayanti. (Foto: Dokumentasi Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Arsiparis Kabupaten Magelang Juara Teladan Nasional
Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto mengecek tumpukan sampah yang sudah berlebih di TPS Ngringo, Kecamatan Jaten. (Foto:MC Karanganyar/Aditya)

Peristiwa

Ratusan Warga Ngringo Wadul Soal Sampah, Wakil Bupati Langsung Cek Lokasi dan Edukasi Warga
Pengrusakan pintu kaca dan jendela kaca diduga dirusak oleh suruhan pihak sebelah rumah makan Ati Raja. Foto: Humas Polda Sulsel

Peristiwa

Pintu dan Jendela Kaca Hancur, Polda Sulsel Lakukan Penyelidikan Kasus Kisruh Lahan Sengketa
JAM Pidum, Fadil Zumhana. Foto: dok. Puspenkum

Peristiwa

JAM Pidum Setujui Enam Perkara Dihentikan Lewat Restorative Justice
Warga keturunan Tionghoa di Blora melaksanakan sembayang dan doa bersama di Klenteng Hok Tik Bio Blora, Selasa (15/2/2022) malam. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Sembahyang Cap Go Meh, Mohon kepada Tuhan Supaya Covid-19 Segera Berakhir