Home / Wisata

Jumat, 1 April 2022 - 12:35 WIB

ASTP Jimbung Dibuka, Jadi Destinasi Pendamping Rowo Jombor

Agro Science Techno Park (ASTP) Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes resmi dibuka, Rabu (30/3/2022). Foto:Kominfo-klt

Agro Science Techno Park (ASTP) Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes resmi dibuka, Rabu (30/3/2022). Foto:Kominfo-klt

NYATANYA.COM, Klaten – Agro Science Techno Park (ASTP) Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes resmi dibuka, Rabu (30/3/2022). ASTP diharapkan menjadi pelengkap destinasi wisata Rowo Jombor yang sedang dikembangkan.

Bupati Klaten Sri Mulyani berharap, keberadaan ASTP mampu membangkitkan ekonomi masyarakat setempat dan turut berkembang seiring pembangunan Rowo Jombor sebagai destinasi wisata unggulan di Klaten.

“Harapan saya ASTP ini dapat dimanfaatkan pelaku ekonomi di wilayah Jimbung dan Kalikotes. Sehingga pemberdayaan ekonomi di sini akan tumbuh secara baik,” ungkapnya saat meresmikan langsung ASTP Jimbung.

Menurut Bupati, sebagai langkah ke depan perlu dilakukan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan Pemerintah Desa Jimbung agar ASTP terus berkembang dan tetap eksis. Terlebih lokasi ASTP berada di jalur utama menuju Rowo Jombor.

Baca juga   Bupati Sri Mulyani Tekankan Estetika Bangunan bagi Pelaku Usaha di Girpasang

“Perlu kolaborasi anggaran agar tempat ini akan semakin bagus, karena tempat ini merupakan lokasi strategis setelah adanya Rowo Jombor yang dibangun oleh pemerintah. Tempat ini adalah jalur utama menuju rowo jombor, sehingga perlu ditampilkan tempat yang nyaman dan menarik. Sehingga ke depan menjadi paket wisata dengan wisata Rowo Jombor,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Klinik Lingkungan dan Mitigasi Bencana (KLMB) UGM sekaligus Pembina ASTP Jimbung, Prof Suratman memaparkan, agro science techno park (ASTP) Jimbung merupakan satu-satunya ASTP yang berada di tingkat desa.

Visi dari ASTP tersebut adalah menjadikan wahana inovatif, kreatif, produktif untuk percepatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

“Sementara misi ASTP yaitu mengembangkan iptek untuk pengelolaan sumber daya lingkungan geografis dalam mencapai agro produksi, agro industri, agro teknologi, agribisnis, dan agro wisata. Klaten ini seperti surganya klaten yang kaya akan budaya, pengetahuan, dan keramah tamahan. Itu termasuk dalam pentingnya ASTP di Klaten. ASTP Jimbung ini satu-satunya ASTP bertingkat di desa yang berkembang,” paparnya.

Baca juga   Momen Ganjar Nonton Prambanan Jazz Festival, Ada Kerinduan Luar Biasa

Ia menjelaskan tujuan dari ASTP Jimbung adalah untuk mengembangkan sumber daya alam lingkungan untuk penelitian dan pengembangan modern berbasis IT dengan aplikasi dalam pembangunan pertanian di Indonesia, menciptakan ASTP jimbung sebagai pusat ekonomi baru; sekaligus memfasilitasi koordinasi antar stakeholders.

Adapun program unggulan ASTP adalah edukasi training, riset teknologi, taman kuliner dan bermain, gallery expo product dan kolaborasi bisnis.

(Ang/N1)

Share :

Baca Juga

Salah satu kuda yang biasa digunakan kursus berkuda bernama Melly sedang dilepas dari kandangnya. (Foto:istimewa)

Wisata

Kursus Berkuda Makin Memikat Masyarakat, JJ Stable Didik dari Pemula
Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti bersama Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mendampingi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X meninjau kawasan Malioboro guna memastikan tidak ada lagi Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang kawasan tersebut. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Tingkatkan Kenyamanan Bagi Wisatawan, Malioboro Akan Terus Dipercantik
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Candi Borobudur, Rabu (30/3/2022). Kepala Negara juga memandang penting penyelenggaraan ajang-ajang seni budaya secara rutin di destinasi wisata Tanah Air, termasuk Candi Borobudur. (Foto: BPMI Setpres)

Wisata

Kunjungi Candi Borobudur, Presiden Ingin Ajang Seni Dirutinkan untuk Tarik Wisatawan
Salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Temanggung. Tahun 2023 ini Pemkab setempat akan fokus mengembangkan wisata alam. Foto: MC TMG

Wisata

Tahun Ini Temanggung Fokus Kembangkan Wisata Alam, Lima Kecamatan Jadi Prioritas
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo resmikan operasional lokasi wisata di Kaliurang. Peresmian operasional ditandai dengan peninjauan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di tiga lokasi wisata Kaliurang, Sabtu (23/10/2021). (Foto: Humas Sleman)

Wisata

PPKM Turun Level, Obwis Kaliurang Kembali Dibuka
Masjid Agung Darussalam, Kabupaten Cilacap. (Foto: Diskominfo Jateng)

Wisata

Menilik Masjid Agung Darussalam Cilacap, Dibangun Keturunan Sunan Kalijaga 2 Abad Lalu
Museum Sandi berada di Jalan Faridan M Noto nomor 21 Kotabaru, Kemantren Gondokusuman, Yogyakarta. Museum ini menyimpan berbagai benda bersejarah tentang ilmu kriptografi Indonesia. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Melihat dari Dekat Museum Sandi Yogyakarta, Saksi Sejarah Persandian Indonesia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Wisata

Sandiaga Uno: Pelaku Parekraf Harus Patuh PPKM Level 3 saat Libur Nataru