Home / Gayahidup

Minggu, 23 Mei 2021 - 13:41 WIB

Asupan Peningkat Imun Diburu Konsumen

Gulai daun pepaya ditempatkan di mangkok kecil, banyak disenangi konsumen. Foto: nyatanya.com/Sulis

Gulai daun pepaya ditempatkan di mangkok kecil, banyak disenangi konsumen. Foto: nyatanya.com/Sulis

NYATANYA.COM, Sleman – Sebagian asupan berbahan alami seperti dari sayur, buah-buahan dan ikan diyakini dapat membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Wajar saja, saat pandemi virus Corona belum usai, asupan-asupan ini kian diburu konsumen.

Seperti halnya ketika menyambangi lokasi kuliner Aneka Griya Dahar di Sumbersari Sleman, sayur berbahan daun pepaya dengan kuah masakan gulai atau disebut gulai daun pepaya termasuk banyak yang dipesan konsumen. Asupan ini dapat ‘dijodohkan’ dengan jenis-jenis masakan lain seperti ingkung ayam, bebek dan gurami. Apalagi konsumen berasal dari Puskesmas/Dinas Kesehatan serta sekolah-sekolah, banyak memesan gulai daun pepaya.

“Masakan berbahan daun pepaya menggunakan bumbu gulai merupakan resep dari mertua saya. Rasanya enak, unik dan banyak diyakini ada banyak manfaat kesehatannya. Ketika kami jadikan menu di sini ternyata banyak konsumen yang senang. Apalagi gaya hidup back to nature semakin banyak yang menerapkan,” terang pemilik lokasi kuliner setempat, Ny Rini H, belum lama ini.

Baca juga   Aquarius Akan Merasa Terisolasi, Kendalikan Emosimu

Menurutnya, daun pepaya sudah lama dikenal masyarakat mempunyai manfaat atau khasiat kesehatan. Bahkan tak sedikit peracik jamu tradisional biasa menyediakan jamu berbahan baku daun pepaya. Manfaat kesehatannya antara lain dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh. Tak kalah penting, dapat berperan menambah nafsu makan, misalnya bagi lansia, anak-anak yang sulit makan serta seseorang pasca sakit.

“Daun pepaya juga bagus untuk kesehatan perut atau sistem pencernaan, sebab ada banyak kandungan seratnya. Kami biasa menempatkan masakan ini menggunakan mangkok kecil. Selain daun pepaya, asupan berbahan terung juga banyak yang senang. Di tempat kami, ada menu bernama Cap Ronggeng, singkatan dari kecap terung goreng,” tandas Ny Rini.

Adapun asupan berbahan terung, sebutnya, mempunyai tekstur serta cita rasa enak dan unik. Bahkan juga diyakini ada manfaat kesehatannya, sebab terung dikenal bisa membantu mencegah dan melawan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu juga bisa menghindarkan dari risiko terkena kanker serta serangan jantung. Ditambah lagi saat membuat olahan ini memanfaatkan bumbu-bumbu alami, seperti ada bawang merah, bawang putih, cabai dan lada.

Baca juga   Aries, Sepertinya Akan Muncul Ide yang Inovatif

Salah satu konsumen asal Argorejo Bantul, Ariyanto mengungkapkan, ketika datang ke lokasi kuliner tersebut bersama keluarga, tak lupa untuk memesan gulai daun pepaya. Ia meyakini, bahan alami ini secara turun temurun sudah banyak dimanfaatkan warga untuk mencukupi gizi dan mendukung kesehatan badan. Seiring meningkatknya penerapan gaya hidup sehat di berbagai bidang termasuk soal pola makan, maka ia dan keluarga senang mengkonsumsi olahan berbahan daun pepaya.

“Ketika dimasak menjadi gulai dong kates atau gulai daun pepaya, ternyata maknyuss.. rasanya,” beber Ari. (N4)

Share :

Baca Juga

Gayahidup

Capricorn, Jangan Longgarkan Semangatmu dan Lakukan yang Terbaik
Ilustrasi produk kecantikan. (Foto: lifepal.co.id)

Gayahidup

Back to Nature, Tanaman Tradisional Indonesia Jadi Andalan Produk Kecantikan
Fashion Muslim Runway (Munway) 2022 di Grand Atrium, Pakuwon Mal Surabaya, 15-24 April 2022. (Foto:Istimewa/selalu.id)

Gayahidup

Desainer Fashion Munway 2022 Angkat Puisi Cinta Sultan Turki Jadi Rancangan Busana
Secara total SPI telah memproduksi sembilan varian motor roda tiga listrik, yang terdiri dari Gelis 300 dan All New Gelis. (Foto: Istimewa)

Gayahidup

Dibanderol Mulai Rp20 Jutaan, Gelis Siap Dibeli Secara Kredit
Sejumlah peragawati saat menampilkan busana karya desainer Nikmatul Laili dalam fashion show Persikindo. Foto: Ist

Gayahidup

Kenalkan Batik Tulis Nusantara, Ini Tema yang Diangkat Desainer Muda Nikamtul Laili
Balai Pemuda Surabaya. Foto: ist/selalu.id

Gayahidup

Jalan Tunjungan Ditata Ulang, Fashion Week Dialihkan Sementara ke Balai Pemuda
Rembang Fashion Parade 2021, jadi ajang melaunching brand “Batik Lasemku”. (Foto: Diskominfo Jateng)

Gayahidup

Dari Rembang Fashion Parade 2021, Batik Lasemku Kian Mendunia
Di ajang The 19th Annual Selular Awards 2022, provider Telkomsel dengan produknya by.U berhasil meraih 3 penghargaan untuk kategori Best Second Sim Card, Most Innovative Data Package dan Best Telco App. Foto: Ist

Gayahidup

by.U Raih Tiga Penghargaan Selular Award 2022 dari Selular Media Network