Home / Gaya Hidup

Minggu, 23 Mei 2021 - 13:41 WIB

Asupan Peningkat Imun Diburu Konsumen

Gulai daun pepaya ditempatkan di mangkok kecil, banyak disenangi konsumen. Foto: nyatanya.com/Sulis

Gulai daun pepaya ditempatkan di mangkok kecil, banyak disenangi konsumen. Foto: nyatanya.com/Sulis

NYATANYA.COM, Sleman – Sebagian asupan berbahan alami seperti dari sayur, buah-buahan dan ikan diyakini dapat membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Wajar saja, saat pandemi virus Corona belum usai, asupan-asupan ini kian diburu konsumen.

Seperti halnya ketika menyambangi lokasi kuliner Aneka Griya Dahar di Sumbersari Sleman, sayur berbahan daun pepaya dengan kuah masakan gulai atau disebut gulai daun pepaya termasuk banyak yang dipesan konsumen. Asupan ini dapat ‘dijodohkan’ dengan jenis-jenis masakan lain seperti ingkung ayam, bebek dan gurami. Apalagi konsumen berasal dari Puskesmas/Dinas Kesehatan serta sekolah-sekolah, banyak memesan gulai daun pepaya.

“Masakan berbahan daun pepaya menggunakan bumbu gulai merupakan resep dari mertua saya. Rasanya enak, unik dan banyak diyakini ada banyak manfaat kesehatannya. Ketika kami jadikan menu di sini ternyata banyak konsumen yang senang. Apalagi gaya hidup back to nature semakin banyak yang menerapkan,” terang pemilik lokasi kuliner setempat, Ny Rini H, belum lama ini.

Baca juga   Harga Baru Realme C21 Dibanderol Rp 1,599 Juta dan C25 Rp 2,099 Juta

Menurutnya, daun pepaya sudah lama dikenal masyarakat mempunyai manfaat atau khasiat kesehatan. Bahkan tak sedikit peracik jamu tradisional biasa menyediakan jamu berbahan baku daun pepaya. Manfaat kesehatannya antara lain dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh. Tak kalah penting, dapat berperan menambah nafsu makan, misalnya bagi lansia, anak-anak yang sulit makan serta seseorang pasca sakit.

“Daun pepaya juga bagus untuk kesehatan perut atau sistem pencernaan, sebab ada banyak kandungan seratnya. Kami biasa menempatkan masakan ini menggunakan mangkok kecil. Selain daun pepaya, asupan berbahan terung juga banyak yang senang. Di tempat kami, ada menu bernama Cap Ronggeng, singkatan dari kecap terung goreng,” tandas Ny Rini.

Adapun asupan berbahan terung, sebutnya, mempunyai tekstur serta cita rasa enak dan unik. Bahkan juga diyakini ada manfaat kesehatannya, sebab terung dikenal bisa membantu mencegah dan melawan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu juga bisa menghindarkan dari risiko terkena kanker serta serangan jantung. Ditambah lagi saat membuat olahan ini memanfaatkan bumbu-bumbu alami, seperti ada bawang merah, bawang putih, cabai dan lada.

Baca juga   Merawat Karet Pintu Mobil Agar Tetap Awet

Salah satu konsumen asal Argorejo Bantul, Ariyanto mengungkapkan, ketika datang ke lokasi kuliner tersebut bersama keluarga, tak lupa untuk memesan gulai daun pepaya. Ia meyakini, bahan alami ini secara turun temurun sudah banyak dimanfaatkan warga untuk mencukupi gizi dan mendukung kesehatan badan. Seiring meningkatknya penerapan gaya hidup sehat di berbagai bidang termasuk soal pola makan, maka ia dan keluarga senang mengkonsumsi olahan berbahan daun pepaya.

“Ketika dimasak menjadi gulai dong kates atau gulai daun pepaya, ternyata maknyuss.. rasanya,” beber Ari. (N4)

Share :

Baca Juga

Pemilik mobil harus paham kapan saatnya karet harus diganti. Foto : nyatanya.com/ DN Widi

Gaya Hidup

Merawat Karet Pintu Mobil Agar Tetap Awet
Samsung Galaxy M62. Foto:nyatanya.com/Dok.Samsung Electronics Indonesia

Gaya Hidup

Samsung Galaxy M62 Hadir dengan Baterai Super Besar
Ilustrasi: nyatanya.com

Gaya Hidup

Jangan Main Ancam, Begini Cara Penagihan Utang Pinjol
Samsung Galaxy A52 yang tahan air. (Foto:nyatanya.com/Samsung Electronics Indonesia)

Gaya Hidup

HP Tahan Air Samsung Galaxy A52
Daihatsu Rocky 1.2 X CVT ADS. (Foto:nyatanya.com/Daihatsu)

Gaya Hidup

Lebih Murah dari Varian Sebelumnya, Daihatsu Rocky 1.2L Resmi Mengaspal di Indonesia
Sebagian pengurus Kajianmu saat rapat. Foto: nyatanya.com/Sulis

Gaya Hidup

Kajianmu, Bantu Bisnis Online Tanpa Modal
OPPO Reno5 F. Foto:nyatanya.com/oppo.com

Gaya Hidup

OPPO Reno5 F, Termurah di Kelasnya dengan Sederet Unggulan
Ilustrasi: nyatanya.com

Gaya Hidup

Terjerat Pinjaman Online, Begini Cara Mengatasinya