Home / Peristiwa

Senin, 6 September 2021 - 18:25 WIB

Asyik Jemur Tembakau, Karman Terkejut Didatangi Ganjar

Ganjar Pranowo saat ngobrol dengan Karman, petani tembakau asal Wonosobo yang menjemur hasil panennya di wilayah Temanggung. (Foto: Humas Jateng)

Ganjar Pranowo saat ngobrol dengan Karman, petani tembakau asal Wonosobo yang menjemur hasil panennya di wilayah Temanggung. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Temanggung – Karman (50) tak pernah menyangka, dirinya bisa bertemu dengan orang nomor satu di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Apalagi, pertemuan itu berlangsung tanpa disengaja, saat ia bersama keluarganya sedang menjemur tembakau di pinggir jalan.

Karman adalah petani tembakau asal Wonosobo. Karena cuaca di daerahnya kurang mendukung, ia rela mengangkut tembakaunya untuk dijemur di pinggir jalan Temanggung-Parakan yang panasnya cukup bagus.

Saat asyik menjemur tembakau itulah, rombongan mobil berwarna hitam tiba-tiba berhenti di pinggir jalan tempat Karman menjemur tembakau. Dari dalam mobil, keluar pria berambut putih yang langsung membuat Karman terkejut.

Gubernur Ganjar hari itu memang sedang mengecek sejumlah gudang tembakau di Temanggung. Ia ingin memastikan tembakau petani terbeli saat musim panen ini.

“Lho Pak Ganjar,” katanya sambil tersenyum.

Lagi napa niki pak (sedang apa ini pak), niki mbakone sampeyan (ini tembakaunya bapak),” sapa Ganjar.

Ganjar pun langsung jongkok sambil melihat-lihat tembakau milik Karman. Keduanya kemudian asyik ngobrol, diikuti beberapa keluarga Karman yang ada di belakangnya.

Baca juga   Antisipasi Gagal Panen, Tembakau Ditanam Tumpang Sari

Kula saking Wonosobo Pak (saya dari Wonosobo), niki nunut njemur mbako (ini numpang menjemur tembakau),” ucapnya.

Lha kok adoh men (kok jauh sekali). Di sana ndak ada panas ya,” tanya Ganjar, yang dibenarkan oleh Karman.

Ganjar pun menggali informasi tentang tembakau pada Karman. Ia bertanya tentang hasil panen, harga jual hingga berapa penghasilan dari bertani tembakau.

Tak hanya ngobrol, Ganjar juga menyempatkan diri menengok gubuk sederhana yang dibangun Karman untuk istirahat. Gubuk itu dibuat dari anyaman bambu tempat menjemur tembakau yang digelari terpal di bagian bawah. Di dalam gubuk itu, Ganjar menemukan perbekalan Karman dan juga lintingan.

Wah iki, bisa nglinting dhewe. Niki nggih mbakone njenengan Pak? Wah mbakone dhewe diudut dhewe (tembakaunya sendiri dirokok sendiri). Lha iki bontote wis telas pak, sampun dahar to (ini bekalnya sudah habis, sudah dimakan ya),” katanya, sambil membuka rantang perbekalan Karman.

Baca juga   Setelah Jogo Tonggo, Ganjar Pranowo Siapkan 'Rembug Desa' Tangani Pandemi

Cukup lama Ganjar ngobrol dengan Karman di tempat itu. Obrolan dan candaan antara Ganjar dan Karman membuat suasana jadi ger-geran. Sebelum pamit melanjutkan perjalanan, Ganjar memberikan hadiah untuk Karman berupa masker, vitamin, dan kaos.

Nggih sampun kula ajeng lanjut, kula doake panjenengan sehat, mbakone payu (saya doakan bapak sehat, tembakaunya laku). Tetap jaga prokes njih,” pungkas Ganjar.

Karman mengaku sangat terkejut dengan kedatangan Ganjar. Ia tak menyangka, Ganjar mau mendatanginya saat sedang menjemur tembakau. Apalagi, Ganjar mau duduk lesehan di gubuk sederhananya.

“Nggak tahu, kaget banget. Kok ada Pak Ganjar di sini. Nggak nyangka saya, beliau mau mampir,” ucapnya.

Saat ngobrol bersama tadi, Ganjar lanjut Karman bertanya soal tembakau. Kepada Ganjar, Karman mengatakan jika harga tembakau masih jauh dari harapan petani.

“Saya nanam 2.000 batang, harganya sekarang kurang bagus. Tapi tetap bersyukur, dan harapannya bisa laku,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ribuan telur rebus siap dibagikan kepada nakes dan relawan Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ribuan Telur Rebus Dibagikan untuk Nakes dan Relawan Covid-19 Temanggung
Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya meninjau progres pembangunan sarana pelengkap terminal di lantai 2 berupa convention hall. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Tirtonadi Jadi Percontohan Nasional Revitalisasi Terminal Tipe A di Tanah Air
Bupati Hj. Etik Suryani meninjau serbuan vaksinasi yang digelar Kodim 0726/Sukoharjo. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Kodim 0726/Sukoharjo Kembali Lakukan Serbuan Vaksinasi
Pasien Covid-19 dan melakukan isolasi GOR Gelarsena dilatih senam pernafasan. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pasien Isoman GOR Klaten Dilatih Senam Pernafasan
UKM Virtual Expo 2021 menjadi andalan perajin berpromosi di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Perajin di UKM Virtual Expo 2021 Kebanjiran Pesanan
Penandatanganan serah terima hibah tanah Pemerintah Kota Salatiga dan IAIN Salatiga. (Foto:Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Pemkot Salatiga Terima Hibah Tanah dari IAIN Salatiga
Ganjar Pranowo melihat pelaksanaan vaksinasi massal di GOR Tenis Indor dr Soetomo Cilacap. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Kasus Covid-19 di Cilacap Sudah Landai, Ganjar Minta Jangan Lengah
Doa bersama lintas agama digelar di Kulonprogo. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Kulonprogo)

Peristiwa

Optimalisasi PPKM Darurat di Kulon Progo, Kemenag Gelar Doa Bersama Lintas Agama