Home / Buku

Kamis, 21 Oktober 2021 - 09:54 WIB

Asyiknya Baca Buku di Perpustakaan Klaten yang Bernuansa Kraton

Gedung Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten akan dikembalikan ke arsitektur aslinya bergaya kraton Surakarta dan Yogyakarta. (Foto: MC Kab Klaten)

Gedung Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten akan dikembalikan ke arsitektur aslinya bergaya kraton Surakarta dan Yogyakarta. (Foto: MC Kab Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Gedung Dinas Arsip dan Perpustakaan Klaten yang terletak di Kanjengan, Klaten sepintas dilihat dari luar tak ada bedanya dengan gedung pemerintah lainnya. Tapi kantor yang beralamat di Jalan Lombok Nomor 2 Klaten itu kalau diperhatian lebih serius dan masuk ke dalamnya, ada pemandangan yang berbeda.

Arsitektur bangunannya ternyata mirip arsitektur kraton. Ketika masuk di dalamnya, langsung terlihat ada empat pilar kayu kokoh di ruang utama dicat warna hijau. Kusen pintu dan jendela juga sama. Serba hijau. Mirip sekali Kraton Surakarta dan Yogyakarta.

Baca juga   Vaksinasi di Klaten Tembus 70 Persen, PPKM Turun Ke Level 2

Yang menarik lagi adalah ukuran pintu dan jendela yang menghiasi ruang utama dan ruang tengah. Daun pintu model kupu tarung kokoh berdiri dengan tinggi hampir 5 meter. Sedangkan jendela dengan model kupu tarung berdiri tegak berukuran hampir 4 m. Semua dicat serba hijau.

“Kira-kira dua dua tahun lalu gedung Dinas Arpus ini direnovasi. Tapi hanya mengganti genting dan usuknya yang rapuh. Arsitektur bangunan utama tidak diubah. Arsitekturnya memang arsitektur kraton,” kata Kepala Dinas Arpus Syahruna belum lama ini.

Syahruna menambahkan kalau kantor yang dipimpinnnya itu memang akan dikembalikan ke arsitek kraton. Penyesuaian teras belakang juga akan diperbaiki dengan konsep yang sama.

Baca juga   Vaksinasi di Klaten Capai 55 Persen, Sejumlah Kecamatan Tuntas Vaksin

“Ada beberapa pilar teras belakang yang terlanjur dicor. Pilar belakang akan diganti dengan pilar kayu. Jadi memang betul-betul dikembalikan ke arsitektur kraton. Diharapkan pengunjung perpustakaan, tidak saja membaca koleksi buku, tapi juga jalan-jalan menyesuri lorong-lorong yang sudut-sudut cukup unik. Di Dinas Arpus Klaten juga ada Sendang Kanjengan yang mata airnya abadi. Mari berkunjung ke perpustakaan Klaten, koleksinya makin lengkap,” harapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Buku terbaru karya I Wayan Candra Winetra dan Edhy Sutanta. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Buku

Ditemukan Cara Mudah Membuat Game

Buku

Walikota Yogya Raih Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021
Pojok Baca Digital (POCADI) pertama di Bantul berada di Seloharjo, Kecamatan Pundong. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Buku

Pocadi, Perpustakaan Digital Pertama di Bantul Ada di Pundong
Melaty Anggraini, Nadia Fransiska, dan Jesica Nikita Rachel. (Foto: dokumentasi pribadi)

Buku

Menyiasati Isu Lingkungan Masyarakat Eropa
Webinar Darma Wanita Persatuan dengan tema “Menyiapkan Ekosistem untuk Membangun Literasi dalam Keluarga”. (Foto: Kemendikbudristek)

Buku

Bulan Bahasa dan Sastra, Siapkan Ekosistem Membangun Literasi dalam Keluarga
Bimbingan Teknis Gerakan Aksi Pojok Baca untuk TP PKK se-Kabupaten Temanggung secara virtual. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Buku

Tingkatkan Literasi, TP PKK Temanggung Dorong Pojok Baca untuk Masyarakat
Jambu Carlin, pinjam buku cara online ala Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten/nyatanya.com)

Buku

Jambu Carlin, Ini Cara pinjam Buku Gratis di Klaten
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca secara virtual. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Heroe Poerwadi: Pentingnya Membaca untuk Kemajuan Bangsa dan Negara