Home / Peristiwa

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:19 WIB

Atraksi Pramuka Jateng Tampil Memukau di Pembukaaan Jamnas XI Cibubur

Kontingen Kwarda Jateng sukses menampilkan atraksi tari Nusantara dalam pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/2022). Foto: Diskominfo Jateng

Kontingen Kwarda Jateng sukses menampilkan atraksi tari Nusantara dalam pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/2022). Foto: Diskominfo Jateng

NYATANYA.COM, Jakarta – Kontingen Kwarda Jateng sukses menampilkan atraksi tari Nusantara dalam pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Jakarta, Minggu (14/8/2022).

Sebanyak 272 orang Pramuka Kwarda Jateng langsung menampilkan aksi gabungan atraksi gelar keterampilan di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan Cibubur. Mereka menjadi satu di antara penampil dalam pembukaan Jamnas.

Para peserta mengenakan kostum tari dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Jakarta, Bali, Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan Maluku. Peserta lainnya mengenakan pakaian Pramuka.

Sejumlah titik di lapangan terbagi untuk beberapa tim. Seperti dari kategori pionering berupa pembuatan menara kaki tiga dan kaki empat, jembatan penyeberangan, kapal, dragbar dan tenda. Lainnya, kategori ketangkasan berupa semaphore, kolone tongkat, dan parade umbul-umbul.

Kontingen Kwarda Jateng sukses menampilkan atraksi tari Nusantara dalam pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/2022). Foto: Diskominfo Jateng

Berkali-kali aksi para peserta Jateng mampu menarik perhatian tamu undangan dan kontingen dari daerah lain, termasuk Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso, dan jajaran lain.

Baca juga   Kwarda Jateng Peringati Hari Pramuka secara Virtual

Hadir pula, Wakil Ketua Bidang Humas dan Informatika Kwartir Daerah Jateng Riena Retnaningrum, dan Ketua Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Kwarda Jawa Tengah Hernowo Budi Luhur.

Usai acara, seorang peserta Citra Widyanirawan dari Kwarcab Purbalingga mengaku senang bisa tampil dalam pembukaan Jamnas 2022.

“Enggak nyangka bisa tampil di pembukaan Jambore Nasional di atraksi tadi,” kata Citra.

Dia mengaku sempat grogi ketika tengah tampil dalam pembukaan. Mengingat yang hadir berasal dari seluruh Indonesia.

“Saya tadi tampil sebagai penari. Sempat grogi tadi,” ungkap Citra.

Meski demikian, dia mampu tampil maksimal. Hal itu tak lepas dari giatnya persiapannya dalam melakoni latihan sejak Juni 2022 lalu. Citra mengaku, tampil pada pembukaan, membuatnya terkesan.

Tak jauh beda juga disampaikan Raissa Nafis Aufa dari Kwarcab Kebumen. Dia berhasil membawakan tari asal Jayapura dengan lancar.

“Sempat grogi. Mengatasinya ya tetap konsentrasi. Berkesan sekali bisa tampil di Jamnas,” kata Raissa.

Baca juga   Pendaftaran Ditutup, Pelamar CASN Kabupaten Magelang Tembus 11 Ribu Orang

Dikutip dari portal resmi Pemprov Jateng, Ketua Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Kwarda Jawa Tengah Hernowo Budi Luhur mengungkapkan, seluruh tamu undangan yang hadir di pembukaan mengapresiasi penampilan atraksi Kwarda Jateng.

“Terima kasih luar biasa, 17 Kwarcab, kita kumpulkan 272 penggalang dengan nenghadirkan penampilan yang kompleks. Semua yang hadir ikut mengapresiasi Jateng,” ujarnya di lokasi.

Wakil Ketua Bidang Humas dan Informatika Kwartir Daerah Jateng Riena Retnaningrum mengatakan, tampilan atraksi Jateng memang menarik. Hal itu tak lepas dari dukungan semua pihak.

“Tentu itu tak lepas dari bimbingan Kak Ganjar (Ketua Majelis Pembimbing Daerah Jateng) dan Kak Atikoh (Ketua Kwarda Jateng),” ujarnya.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso mengatakan, semangat para peserta benar-benar terbangun secara maksimal di sini.

“Semangatnya terbangun semuanya,” kata Buwas, sapaannya di lokasi.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Gubernur Jateng Ganjar Pranowomenyerahkan dana Kompensasi untuk korban tindak pidana terorisme, di Gedung B Lantai 5 Kantor Gubernur Jateng, Rabu (9/2/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Korban Terorisme Terima Dana Kompensasi, Ganjar: Mudah-mudahan Tidak Ada Lagi Tindakan Menyakiti Orang Lain
Imam Subarno menyampaikan tausyiah. (Foto: Dok.PWI DIY)

Peristiwa

Buka Bersama PWI DIY, Ramadan Momentum Peningkatan Kinerja Wartawan
Jetstar Airways nomor penerbangan JQ 043, mendarat perdana pukul 13.39 WITA dengan mengangkut sebanyak 271 penumpang pada Senin (14/3/2022). (Foto: Angkasa Pura I)

Peristiwa

Penerbangan Perdana Jetstar Airways dari Melbourne Mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai
nyatanya.com

Peristiwa

Sadis! Bocah SD di Deli Serdang Dibunuh Saat Sedang Belajar di Dalam Kelas
Selain Enrica dan Ahmad, para petugas upacara di Donohudan memang mengenakan pakaian sesuai protokol kesehatan, termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang menjadi inspektur upacara. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Pakai Hazmat Saat Kibarkan Bendera, Paskibraka: Jadi Tahu Beratnya Perjuangan Nakes
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat bercengkerama di tengah warga dalam kunjungannya ke Kabupaten Banyumas, Selasa (8/2/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Sehari Bersama Gubernur, Sikap ‘Receh’ Ganjar Bikin Siswa SMA Ini Kagum
Sahabat Cakrawangsa, melakukan aksi menanam pohon guna mencegah longsor yang kerap menimpa wilayah Dukuh Sigemplong. (Foto: MC Batang, Jateng)

Peristiwa

Cegah Longsor, Komunitas Pecinta Lingkungan Sahabat Cakrawangsa Tanam Pohon
Coffe morning low carbon life style. (Foto:MC TMG)

Peristiwa

Wujudkan Kota Tanpa Kumuh, Bappeda Temanggung Gelar Coffee Morning Low Carbon Life Style