Home / News

Sabtu, 9 April 2022 - 16:17 WIB

Awal Ramadan, Permintaan Daging Sapi di Temanggung Turun

Foto: MC.TMG

Foto: MC.TMG

NYATANYA.COM, Temanggung – Kepala UPTD Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan Pasar Hewan, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Antik Choiriyah mengatakan jumlah sapi yang disembelih di RPH saat Ramadan ini berkurang seiring dengan menurunnya permintaan dari masyarakat sendiri.

Saat hari biasa, para jagal bersertifikasi yang ada di RPH bisa memotong hingga 5 ekor sapi, namun saat ini hanya 2 hingga 3 ekor per hari.

“Ya kalau bulan Ramadan setiap tahunnya memang seperti ini. Jumlah sapi yang dipotong jagal jadi berkurang juga,” katanya, Sabtu (9/4/2022).

Daging sapi yang telah dipotong tersebut biasa didistribusikan ke Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung, dan sebagian kecil lainnya ke wilayah Kabupaten Wonosobo dengan kisaran harga Rp110.000 hingga Rp120.000 per kilogram tergantung kualitas daging.

Baca juga   Permudah Publik Akses Informasi Pengupahan, Menaker Luncurkan Wagepedia

Namun demikian, berdasar data tahun sebelumnya jumlah permintaan mendekati hari raya Lebaran akan jauh lebih tinggi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal tersebut juga berdampak pada jumlah sapi yang dipotong di RPH tersebut.

“Prediksi kami sama seperti tahun lalu. Sesuai data kemarin, H-2 Lebaran itu puncak permintaan dan RPH bisa menyembelih hingga 35 ekor. Sedangkan H-1 nya 25 sampai 30 ekor,” imbuhnya.

Baca juga   Forum Komunikasi Aktivis Masjid Berbuka Bersama dan Berbagi untuk Anak Yatim

Lebih jauh, Antik mengungkapkan bahwa untuk menjamin kesehatan konsumen, pihaknya secara rutin melakukan pengecekan kesehatan secara ketat terhadap hewan-hewan yang masuk sebelum disembelih dan dagingnya terdistribusi.

Upaya ini akan semakin diperketat saat mendekati hari raya besok mengingat tingkat konsumsi masyarakat mengalami peningkatan signifikan.

“Pemeriksaan meliputi ante mortem dan pos mortem sebelum dan sesudah dipotong. Kalau pada daging ditemukan cacing hati Fasciola sp, maka akan kami sortir. Termasuk pengecekan usia hewan. Sapi betina harus tidak produktif saat disembelih,” pungkasnya.

(Fr/Ekp/N1)

Share :

Baca Juga

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Rakernas V Projo di kawasan Borobudur, Magelang, Sabtu 21 Mei 2022. Foto: BPMI/Setpres

News

Urusan Politik 2024, Jokowi: Ojo Kesusu Sik!
Bawaslu Kabupaten Magelang gencar lakukan upaya pencegahan pelanggaran Pemilu. Hal ini bertujuan meminimalisir potensi pelanggaran demi suksesnya Pemilu dan Pilkada 2024. Foto: beritamagelang.id

News

Sepanjang 2022, Bawaskab Magelang Lakukan 964 Upaya Pencegahan Pelanggaran Pemilu

News

Polri Kembali Periksa Ahyudin dan Ibnu Hadjar Terkait Penyelewengan Dana ACT
Hj Etik Suryani SE MM. (Foto:nyatanya.com/Humas Sukoharjo)

News

Etik Suryani Ajak Warga Sukoharjo di Rumah Saja
Tugu Jogja. Foto: Agoes Jumianto

News

Pengajuan Sumbu Filosofi Yogyakarta Tunggu Hasil Sidang Anggota UNESCO
Di Pekalongan vaksinasi telah diberikan kepada 43 ribuan orang, sehingga masih ada sekitar 190 ribu orang yang belum divaksin. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

News

190 Ribu Orang Belum Divaksin, Pekalongan Kebut Vaksinasi
Ganjar Pranowo di acara Sosialisasi Program P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) pada pengadaan barang dan jasa pemerintah di Hotel Gumaya, Semarang, Kamis (4/11/2021). (Foto: Humas Jateng)

News

Tingkatkan Kualitas Produk Lokal, Ganjar Bentuk Satgas TKDN
Kepala BNPB Suharyanto. Foto: Dok. BNPB

News

Gempa Bumi Garut, BNPB: Satu Warga Luka Ringan, 4 Rumah, dan 1 Sekolah Rusak