Home / Olga

Kamis, 11 November 2021 - 11:50 WIB

Awalnya Ragu ke Papua, Sutiayah Justru Ukir Rekor Baru di Peparnas Papua

Sutiayah, atlet angkat berat NPC DIY memecahkan rekor di Peparnas 2021. (Foto: ZR/HumasPBPeparnas16)

Sutiayah, atlet angkat berat NPC DIY memecahkan rekor di Peparnas 2021. (Foto: ZR/HumasPBPeparnas16)

NYATANYA.COM, Jayapura – Perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 selalu saja menyimpan banyak cerita inspiratif dan pengalaman menarik.

Salah satunya adalah Sutiayah, atlet National Paralympic Committee (NPC) asal Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang tidak pernah membayangkan akan sampai di provinsi paling Timur di Indonesia ini.

Seperti kebanyakan orang, Sutiayah yang merupakan wanita Jawa tulen ini sempat ragu ketika mengetahui Peparnas akan dilaksanakan di Papua.

Terlebih lagi dirinya sempat mendengar cerita-cerita negatif tentang Papua dan orang-orangnya dari media-media online.

“Awalnya saya sempat takut, sejak dari rumah (Jawa) sudah membayangkan Papua itu dari media-media online, saya khawatir sekali mas,” tutur Sutiayah polos.

Baca juga   Diserahkan Presiden Jokowi, Bonus Atlet Paralimpiade Tokyo 2020

Beruntung beberapa rekannya yang baru kembali dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua memberikan banyak informasi tentang kondisi sebenarnya di Papua.

“Agak bimbang juga kemarin, bisa enggak ya? Tapi setelah sampai di Papua, saya senang, ternyata semua prediksi saya salah. Orang di Papua ternyata ramah-ramah,” ujar Sutiayah di lobby Suni Garden Lake Hotel & Resto, Sentani, Selasa (9/11/2021).

Pecah Rekor

Dari awalnya ragu ke Papua, Sutiayah justru mengukir prestasi membanggakan. Turun di Kategori -50 kilogram (Kg) Puteri, Sutiayah berhasil mencatat angkatan terbaik dan memecahkan rekor Peparnas dengan angkatan seberat 80 Kg sekaligus meraih medali emas.

Baca juga   Eko Yuli Irawan Persembahkan Medali Perak Pertama untuk Indonesia

Atlet NPC DIY ini tidak bisa menyambunyikan perasaan bahagia setelah berhasil menjadi yang terbaik.

“Yang pertama saya persembahkan (medali) kemenangan ini untuk keluarga saya yang selalu mendukung kegiatan saya, bahkan setiap hari saya tinggalkan untuk berlatih,” ucap Sutiayah bangga.

Kemudian, lanjut Sutiayah, persembahan selanjutnya diberikan untuk Pemprov DIY dan Kabupaten Gunung Kidul.

Sutiayah tidak lupa berterima kasih kepada Panitia Pelaksana (Panpel) yang cukup baik memberi pelayanan kepada para atlet selama penampungan dan pertandingan berlangsung.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Rahmat Erwin Abdullah. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Rahmat Erwin Raih Medali Perunggu Angkat Besi Olimpiade 2020
Atlet lempar cakram Papua Laurens Siep berlatih jelang Peparnas XVI Papua di, Lapangan Mahacandra Universitas Cenderawasih (Uncen), Waena, Jayapura, Papua, Selasa (26/10/2021). Cabor atletik menjadi salah satu tumpuan perolehan medali bagi Papua pada Peparnas XVI. (ANTARA FOTO/Gusti Tanati/wpa/aww)

Olga

Atletik dan Renang, Ladang Panen Medali Peparnas Papua 2021
Karateka Jawa Tengah Farizal Wahyu Andika (kanan) bertarung melawan Karateka DKI Jakarta Rafi Diaz Nugraha (kiri) dalam Semifinal Karate nomor Kumite Putra di atas 84 kilogram PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Senin (11/10/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Olga

Hari Ini 72 Emas Siap Dipanen di PON XX Papua
Sebanyak 27 atlet cabor Judo dalam ajang Peparnas XVI Papua bertanding di GOR Trikora, Kota Jayapura, Papua pada Selasa (9/11/2021). (Foto: Ryiadhy Budhy Nugraha/ InfoPublik)

Olga

Hari Ini, 27 Atlet Cabor Judo Memperebutkan 4 Medali Emas
Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti membuka secara resmi turnamen sepakbola Walikota Cup di lapangan Kenari. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Olga

Walikota Yogya Haryadi Suyuti Buka Turnamen Walikota Cup
Garuda Indonesia resmi menjadi Official Airline, serta mendukung secara penuh seluruh rangkaian kegiatan Liga Indonesia Baru selama 3 tahun kedepan. (Foto : Garuda Indonesia)

Olga

Garuda Resmi Jadi Official Airline Liga Indonesia Baru
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto: www.wapresri.go.id)

Olga

Wapres Ma’ruf Amin Direncanakan Buka Peparnas Papua
Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (purn) Marciano Norman. (Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Ketum KONI Pusat Pastikan PON Papua XX Sesuai Jadwal