Home / Buku

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:23 WIB

Azzahra Farzana Juara Lomba Bertutur Tingkat SD Kota YogyaKarta

Para pemenang Lomba Bertutur menerima piagam penghargaan dan hadiah. Foto: Humas Pemkot Yogya

Para pemenang Lomba Bertutur menerima piagam penghargaan dan hadiah. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Bertutur tidak hanya sekadar menghafal, tapi perlu seni dalam membangun keterikatan dengan penonton, sehingga cerita yang disampaikan lebih mengena.

Hal ini disampaikan Juri Final Lomba Bertutur Tingkat Sekolah Dasar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, pada Selasa (9/8/2022) di halaman Perpustakaan Kotabaru.

“Ketika sedang bertutur diusahakan emosi tetap terjaga meski berpindah tempat dan dalam bertutur tetap disesuaikan usia anak. Melalui penekanan kalimat, intonasi, gesture, ekspresi, dan lainnya yang bisa mempertebal penyampaian cerita kepada penonton,” ujar Evi Idawati ketika memberi masukan dan evaluasi kepada peserta dan pelatih.

Setelah melalui tahap penyisihan Lomba Bertutur pada 19 Juli 2022 lalu, dari 20 peserta yang masuk babak final, terpilih 5 peserta terbaik yang mendapat penghargaan.

Juara I Azzahra Farzana Nur Rahmah dari SD Muhammadiyah Sapen 1. Juara II Raasyid Kamaljubair Mahiran dari SD Muhammadiyah Karangkajen 1. Juara III Sheva Helwa Syakira dari SD Muhammadiyah Sapen 1.

Baca juga   Dandim 0734/Kota Yogya Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2022

Kemudian Juara Harapan I Avisa Rajwaa Parahita dari SD Muhammadiyah Nitikan dan Juara Harapan II Elvareta Cira Indy Faustine dari SDIT Luqman Hakim.

Materi Lomba Bertutur berupa cerita rakyat asal Daerah Istimewa Yogyakarta. Di mana peserta membawakan cerita selama tujuh menit pada babak final.

Komponen penilaian lomba terdiri dari penampilan, cara, dan teknis bercerita serta penguasaan materi. Apresiasi yang akan diberikan kepada 5 peserta terbaik adalah Piagam Walikota dan uang pembinaan.

Uang pembinaan yang diberikan kepada Juara I sebesar Rp5.000.000, Juara II Rp4.500.000, Juara III Rp4.000.000, Juara Harapan I Rp3.500.000 dan Juara Harapan II Rp3.000.000.

Disampaikan Pustakawan Ahli Muda Sri Anik Lestari bahwa kegiatan Lomba Bertutur sendiri merupakan salah satu komitmen Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, dalam upaya meningkatkan kegemaran membaca pada generasi muda, dan pelestarian budaya daerah atau lokal yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Senyampang dengan tema lomba, cerita yang dibawakan peserta adalah dongeng atau cerita rakyat dari DIY. Maka dari situ peserta akan lebih mengenal dan belajar banyak hal yang asalnya dari wilayah DIY khususnya Kota Yogya,” jelasnya.

Baca juga   Pemkot Yogya Vaksinasi Dosis Ketiga bagi Nakes

Sesuai dengan visi misi dari adanya Lomba Bertutur, Sri Anik Lestari mengatakan tujuannya juga untuk melatih kepercayaan diri, cinta budaya lokal, meningkatkan kegemaran membaca, mengasah bakat dan kreativitas, hingga membentuk siswa-siswi sekolah dasar yang terampil serta imajinatif dalam mendongeng.

“Dari Lomba Bertutur ini peserta juga bisa menjadi agen yang bisa memberikan manfaat dari pesan moral yang disampaikan kepada pemirsa melalui dongeng atau cerita yang dibawakan. Pada intinya melalui kegiatan ini tujuannya untuk meningkatkan literasi sejak dini,” tambahnya.

Dalam pelaksanaannya Lomba Bertutur juga didukung budayawan, sastrawan, praktisi, dan pustakawan sebagai Juri. Selain itu juga mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kota Yogyakarta terkait rekruitmen dan prestasi non akademik peserta lomba.

(Jul/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Ist/Qiscus

Buku

Pentingnya Literasi Digital di Kalangan Anak Muda
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta dalam membuat kreasi batik melalui kegiatan Kreasi Literasi Anak, Rabu (6/7/2022) di Halaman Terbuka DPK Kota Yogya. Foto: Humas Pemkot Yogya

Buku

Kreasi Literasi Anak Kenalkan Batik Jumputan
Sampul buku Inrocknesia; Interaksi Rock dan Manoesia. (Foto: Istimewa)

Buku

Jurnalis Musik Riki Noviana Merilis Buku Inrocknesia
Jambu Carlin, pinjam buku cara online ala Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten/nyatanya.com)

Buku

Jambu Carlin, Ini Cara pinjam Buku Gratis di Klaten
Nyambangi Sedulur Ngrembug Arsip, Kamis (20/10/2022). Foto: Arsip Jogja

Buku

DPAD DIY Canangkan ‘Nyambangi Sedulur Ngrembug Arsip’, Digelar Saban Kamis Wage
Launching dan Peluncuran Novel Ayundari, Senin, (28/2/2022) di Sidoarjo. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Buku

Ayundari, Novel yang Berkisah Perkebunan di Jawa Timur
workshop Literasi Penulisan Cerpen dan Karya ilmiah populer di SMK Negeri 2 Sewon Bantul. Foto: Ist

Buku

SMKN 2 Sewon Bantul Gelar Workshop Literasi bagi Guru
Buku ”Ini Soal Jodoh, Takdir dan Kamu”. Foto: Ist

Buku

Haizofers Bikin Buku Kumpulan Quote ‘Ini Soal Jodoh, Takdir dan Kamu’