Home / Militer

Minggu, 11 Desember 2022 - 20:56 WIB

Bakamla RI dan China Coast Guard Bahas Kerjasama Soal Satu Ini

Foto: Humas Bakamla RI

Foto: Humas Bakamla RI

NYATANYA.COM, Hanoi – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dan Director General China Coast Guard Mayor Jenderal Yu Zong bertemu dalam bilateral meeting di Hanoi China, Sabtu (10/12/2022).

Pertemuan antar dua kepala lembaga penegak hukum yang dilaksanakan dalam kegiatan 1st Vietnam Coast Guard and friends itu dilaksanakan dalam suasana yang hangat dan bersahabat.

Dalam kesempatan tersebut, baik Bakamla RI dan China Coast Guard sepakat bahwa kerjasama perlu ditingkatkan di masa depan.

Baca juga   TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim Kota Yogyakarta Dibuka
Foto: Humas Bakamla RI

Hal ini dilandasi oleh MoU antara pemerintah RI dan China yang ditandatangani pada tahun 2021 lalu tentang peningkatan keamanan maritim.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dalam pembukaannya mengatakan bahwa dalam era globalisasi saat ini, kerjasama maritim di kawasan sangat dibutuhkan karena karakter ancaman maritim yang dominan bersifat lintas batas.

“Kerjasama antar lembaga penegak hukum negara-negara didunia harus terus ditingkatkan dan dikembangkan dalam rangka mengantisipasi dinamika ancaman maritim,” kata Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Baca juga   Setelah Direnovasi Satgas Yonif Mekanis 203/AK, Gereja Gumban Hidup Kini Lebih Mewah

Direktur Jenderal China Coast Guard Mayjen Yu Zong mengamini dan mendorong peningkatan kerjasama antara Bakamla RI dan China Coast Guard.

“Kerjasama ini merupakan implementasi dari MoU antar kedua negara”, katanya.

Ia juga mengapresiasi keberhasilan Bakamla RI dalam penyelenggaraan ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali, bulan lalu.

Lebih lanjut, “berbagi informasi, peningkatan kapasitas melalui Diklat, dan kunjung kapal adalah opsi kerjasama terbaik untuk membangun CBM”, pungkas Laksdya TNI Dr.Aan Kurnia.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Satgas TMMD Kodim Sleman dan warga menyelesaikan rehab RTLH. (Foto: Pendim0732/Sleman)

Militer

Penerima Bantuan RTLH Mengucapkan Terima Kasih
Pelaksanaan vaksinasi yang digelar Gerakan Kemanusiaan Republik Indonesia (GKR Indonesia) bersama Korem 072/Pamungkas. (Foto:nyatanya.com/Pendim 0734/yka)

Militer

Dandim Kota Yogya Dampingi Gubenur DIY Sri Sultan HB X Tinjau Vaksinasi GKR Indonesia
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., M.Si. menerima audiensi Kepala BNNP DIY Jaksa Utama Muda Susanto, S.H., M.H di Ruang Hatta, Makorem 072/Pamungkas, Selasa, (20/12/2022). Foto: Penrem072/PMK

Militer

Danrem 072/Pamungkas Terima Audiensi Kepala BNNP DIY yang Baru Jaksa Utama Muda Susanto
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meninjau langsung kesiapan Surabaya dalam menghadapi arus mudik 2023 di terminal Purbaya. (Foto: Puspen TNI Kolonel Sus Aidil)

Militer

Panglima TNI Pastikan Surabaya Siap Hadapi Mudik Lebaran 2023
Selain menggelar Alutsista TNI juga melaksanakan demontrasi udara yang melibatkan 18 pesawat tempur dan 8 pesawat helikopter TNI dalam demo udara di atas langit Jakarta. (Foto: Puspen TNI)

Militer

Kasum TNI Tinjau Gladi Bersih HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka
Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Kazona Bakamla Timur Ajak Taruna Taruni AMM Jaga Perairan Indonesia
Prajurit Yonmek 403/WP berikan layanan kesehatan kepada warga dalam menyambut Hari Pahlawan. (Foto: Penerangan Yonmek 403/WP)

Militer

Sambut Hari Pahlawan, Satgas Yonmek 403/WP Beri Layanan Kesehatan Pada Masyarakat di Wilayah Perbatasan RI-PNG
Upacara peringatan ke-75 Hari Bakti TNI Angkatan Udara Tahun 2022 di Lapangan Dirgantara Kesatrian AAU Yogyakarta, Jumat (29/7/2022). Foto: Penrem 072/Pmk

Militer

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Upacara Peringatan ke-75 Hari Bakti TNI AU