Home / Peristiwa

Minggu, 21 Agustus 2022 - 12:05 WIB

Bakamla RI Tangkap Kapal Ikan Vietnam di Perairan Natuna Utara

Foto: Humas Bakamla RI

Foto: Humas Bakamla RI

NYATANYA.COM, Jakarta – Bakamla RI melalui unsur patroli laut KN Pulau Nipah-321, berhasil menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam yang sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan secara ilegal di perairan Natuna Utara, Sabtu (20/8/2022).

Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S. Pd dalam rilis yang diterima nyatanya.com, Minggu (21/8/2022) dijelaskan, kronologis penangkapan KIA Vietnam adalah pada saat kapal patroli Bakamla KN Pulau Nipah-321 yang dikomandani Letkol Bakamla Anto Hartanto mendapat perintah dari Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Bambang Irawan, S.E., M.Tr.Opsla untuk melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan laut di perairan Natuna Utara.

Baca juga   Bakamla RI Resmi Tutup Patroli Bersama Tahun 2022
Foto: Humas Bakamla RI

Saat menjalankan patroli, KN Pulau Nipah-321 mendeteksi kontak radar sebuah KIA sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan di wilayah perairan Natuna Utara pada posisi 06° 07’0641” U – 105° 56’8089” T, posisi KIA berada pada 3 Nm didalam garis batas landas kontinen.

“Saat KN Pulau Nipah-321 mendekati, KIA tersebut hendak melarikan diri dengan menambah kecepatan,” jelas Kapten Yuhanes.

Menambah kecurigaan, Komandan KN Pulau Nipah-321 langsung memerintahkan untuk mengejar dengan kecepatan penuh. Tidak butuh waktu lama, kapal dapat dihentikan dan diperiksa tim VBSS.

Baca juga   Bakamla RI Gelar Rakor Pengukuran IKL Tahun 2023 di Jakarta

Hasil pemeriksaan awal diperoleh data KIA tersebut adalah kapal berbendera Vietnam dengan nama lambung kapal Chuc Thanh 7 diawaki 17 orang Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan Vietnam.

KIA Vietnam diduga telah melakukan pelanggaran batas wilayah dan melakukan aktivitas penangkapan di perairan laut Indonesia tanpa dilengkapi dokumen dari pemerintah Republik Indonesia.

Guna mempertanggung jawabkan pelanggarannya 17 ABK di amankan di ruang penjara KN Pulau Nipah-321. Sedangkan kapal tersebut ditunda menuju Batam dikarenakan mesin KIA belum bisa menyala.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Kobarkan Api Perjuangan, Bacaleg PDIP Jogja Kunjungi Rumah Kelahiran Bung Karno
Penandatanganan dan penyerahan hibah gamelan dilakukan oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi. (Foto: Humas DIY)

Peristiwa

Pemda DIY Hibahkan 3 Set Gamelan untuk KBRI Helsinki, Brussel, dan New York
Foto: ilustrasi

Peristiwa

Konsumsi Obat Kuat, Seorang Kakek Meninggal Dunia di Panti Pijat di Mojokerto
Serbuan vaksinasi TNI Angkatan Darat di kolam renang. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Asyiknya Serbuan Vaksinasi di Pinggir Kolam Renang
Rumah Abdul Rochim ini bakal direnovasi berkat bantuan dari BAZNAS Bantul. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

BAZNAS Bantul Serahkan Bantuan Bedah Rumah Keluarga Abdul Rochim
Dinas Pertanian dan Pangan Kota (DPP) Yogyakarta menggelar vaksin rabies gratis sejak tanggal 1 - 28 September 2022. Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Warga Kota Yogyakarta Antusias Ikuti Vaksin Rabies Gratis
Bupati Karanganyar Juliyatmono meletakkan batu pertama perombakan RSUD. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Perombakan RSUD Karanganyar Menelan Dana Rp27,7 Miliar
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong. (Foto: Biro Humas Kementerian Kominfo)

Peristiwa

Wujudkan Ekosistem Pers Berkualitas, Pemerintah Dukung Pengaturan Hak Penerbit