Home / Militer

Kamis, 12 Agustus 2021 - 09:08 WIB

Bakar Semangat Paskibraka Kota Yogya, Dandim Beri Pembekalan Bela Negara

Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si memberikan materi

Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si memberikan materi "Penanaman Sikap Bela Negara dikalangan Pelajar Melalui Paskibraka" melalui zoom meeting. (Foto: dokumentasi Kodim 0734/Kota Yogyakarta)

NYATANYA.COM, Yogyakarta –  Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si memberikan materi  “Penanaman Sikap Bela Negara dikalangan Pelajar Melalui Paskibraka”  kepada 38 Personel Paskibraka yang berasal dari siswa/i perwakilan sekolah SMA sederajat se-Kota Yogyakarta, melalui meeting zoom, Rabu(11/08/2021).

Dalam agenda yang diselenggarakan  Dinas  Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Yogyakarta Dandim menyampaikan bahwa pemberian materi Wawasan Kebangsaan ini dalam rangka penguatan dan menanamkan jiwa Nasionalisme kepada Anggota Paskibra sebagai siswa-siswi yang telah diberi kepercayaan tugas yang mulia untuk mengibarkan Bendera Merah Putih pada saat HUT RI ke 76 tingkat Kota Madya Yogyakarta sekaligus memupuk rasa kekompakan tim sehingga terbentuk ikatan kuat jiwa korsa.

Letkol Inf Erwin Egi menambahkan, bahwa Bela Negara adalah tekad dan perilaku warga yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 rela berkorban demi kelangsungan hidup bangsa dan Negara.

Baca juga   Kegiatan TMMD 111, Bukti Nyata Pengabdian TNI Kepada Rakyat

Disadari atau tidak sekarang ini kepribadian dan nasionalisme generasi muda sedang mengalami penurunan. Rasa setia kawan dan menyanyangi sesama manusia sudah mulai pudar. Hal itu bisa dilihat dari maraknya aksi tawuran massa, peredaran narkoba dan bentuk-bentuk anarkisme lainnya.

 Yang lebih memprihatinkan lagi adalah seringnya terjadi kejahatan seksual dan pelaku tawuran itu adalah anak-anak sekolah.

“Ditangan kalianlah para generasi muda bangsa ini kelak bergantung. Jadikanlah diri kalian generasi emas, generasi yang dapat membawa bangsa dan negaranya menuju Indonesia Jaya. Jangan kalian terpengaruh dengan hal-hal negative yang dapat merusak moral dan jati diri kalian sebagai pemuda-pemudi bangsa Indonesia”, tandasnya.

Baca juga   Optimalkan Kinerja Anggota, Kodim 0734/Kota Yka Gelar Kegiatan PUL Data Ops Wanmil

Dalam penjelasannya Dandim 0734/Kota Yogyakarta mengatakan bahwa kemajuan Ilmu dan teknologi yang ada sekarang ini memang banyak memberi manfaat bagi pemuda dan pelajar, akan tetapi juga banyak berpengaruh dalam pembentukan karakter pemuda dan pelajar itu sendiri.

Selain itu makin maraknya peredaran Narkoba di Indonesia juga merupakan salah satu ancaman bagi generasi bangsa. Narkoba dijadian alat perang untuk merusak mental generasi mudanya, meminimalisir orang sehat, menjadikan ketergantungan dan tujuannya untuk menghancurkan satu generasi sebuah bangsa.

Di akhir penjelasannya Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si menekankan kepada Paskibraka bahwa pemuda harus mampu berdiri kuat, tidak mudah menyerah, miliki mental baja karena pemuda adalah (Agen Of Change) atau agen perubahan tidak hanya menjadi penggagas, tetapi jg sebagai pelaku dalam perubahan kearah yang. (N2)

Share :

Baca Juga

Kegiatan TMMD 111 di Kemantren Wirobrajan. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Militer

Kegiatan TMMD 111, Bukti Nyata Pengabdian TNI Kepada Rakyat
Tim penilai dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) meninjau Kampung Ponggalan Giwangan Kotagede. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Militer

Tim Penilai Lomba Binter Pusterad Tinjau Kampung Ponggalan
Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, S.I.P, M.I.Pol bersama Ketua Persit KCK Cabang XLVII Kodim 0726/Sukoharjo Ibu Putu Agus Adhy Darmawan menyapa anak yatim piatu. (Foto: Humas Sukoharjo)

Militer

Kodim 0726/Sukoharjo Salurkan Bantuan Kasad untuk Anak Yatim Piatu Covid-19
Serma Mulyono bersama Satgas Covid melaksanakan tracing di wilayah binaannya. (Foto: dokumentasi Koramil Tegalrejo.

Militer

Serma Mulyono Dampingi Petugas Puskesmas Lakukan Tracing
Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P.,M.M. (Foto:nyatanya.com/Penrem072)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Pimpin Penyerahan Jabatan Kasilog Kasrem 072/ Pamungkas dan Sertijab Dandim 0730/Gunungkidul
Gabungan prajurit Satgas TNI dari Yonif 751 VSJ dan Yonmek 403/WP berusaha mengevakuasi korban meninggal akibat kekejaman kelompok bersenjata di Papua. (Foto : Penerangan Kolakopsrem 172/PWY)

Militer

Satgas TNI Berhasil Evakuasi Jenazah Korban Kekejaman Kelompok Bersenjata Papua
Kodim 0706/Temanggung bagikan obat untuk warga isoman. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Militer

Kodim Temanggung Bagikan Ratusan Paket Obat untuk Warga Isoman
Serma Hartono menyerahkan bantuan beras kepada warga Kricak. (Foto : dokumentasi Koramil 02/Tegalrejo)

Militer

Babinsa Koramil Tegalrejo Serahkan Bansos Kepada Warga Terdampak PPKM