Home / News

Kamis, 16 Desember 2021 - 08:40 WIB

Bamkala – APMM Evakuasi 60 TKI Korban Kapal Karam di Perairan Johor

Badan Keamanan Laut (Bakamla) bersenergi dengan Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi 60 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) korban Kapal Pancung yang karam di perairan Johor Malaysia, Rabu (15/12/2021). (Foto: Humas Bakamla RI)

Badan Keamanan Laut (Bakamla) bersenergi dengan Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi 60 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) korban Kapal Pancung yang karam di perairan Johor Malaysia, Rabu (15/12/2021). (Foto: Humas Bakamla RI)

NYATANYA.COM, Johor – Badan Keamanan Laut (Bakamla) bersenergi dengan Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi 60 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) korban Kapal Pancung yang karam di perairan Johor Malaysia, Rabu (15/12/2021).

Dalam keterangan tertulis yang diterima InfoPublik.id, mengungkap peristiwa tersebut pada pukul 07.40 WIB, Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) atau Pengawal Pantai Malaysia memberikan informasi kepada Bakamla, bahwa telah terjadi kapal karam berjenis pancung di perairan Tanjung Balau, Kota Tinggi, Johor, Malaysia

Informasi insiden kapal karam tersebut diterima langsung oleh Kolonel Bakamla Jan Lucky Boy, selaku Kepala Puskodal Bakamla. Dalam keterangannya, kapal membawa 60 TKI mengalami karam akibat cuaca buruk.

Baca juga   TKN: Program Makan Siang Gratis Dorong Kesejahteraan di 76 Negara, Ciptakan 4 Juta Pekerjaan

Hasil evakuasi yang dilakukan pihak APMM, 22 orang yang terdiri dari 20 laki-laki dan 2 peremuan dikabarkan selamat. Sementara, 11 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 4 wanita ditemukan meninggal. Sedangkan sebanyak 27 orang masih dalam proses pencarian.

Atas dasar informasi yang diterima, Kolonel Bakamla Jan Lucky Boy langsung menyampaikan laporan kepada Kepala Bakamla Laksdya TNI Aan Kurnia melalui Sestama Bakamla Laksda TNI S Irawan, untuk mendapatkan petunjuk dan arahan lebih lanjut.

Baca juga   Hari Ini 560 Warga DIY Sembuh Covid-19, Meninggal 13 Orang

Aan Kurnia memerintahkan Kepala Puskodal Bakamla dan Direktur Operasi Laut Bakamla Laksma Bakamla Suwito untuk terus melaksanakan koordinasi dengan APMM guna mendapatkan perkembangan informasi lebih lanjut.

Secara terpisah, Laksma Bakamla Suwito membeberkan siap menggerakan unsur KN Belut Laut-406 untuk membantu pelaksanaan evakuasi korban. Dikatakannya, sehubungan wilayah kejadian berada di Malaysia, perlu koordinasi lebih lanjut kepada pemerintah Malaysia apabila unsur Bakamla masuk perairan Malaysia.

Hingga berita ini diturunkan, Bakamla RI terus melakukan komunikasi secara intens kepada APMM.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Wagub Jateng Taj Yasin saat menerimakan penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022 dari Mendagri RI Tito Karnavian. Foto: Humas Jateng

News

IGA Award 2022 Kategori Provinsi Terinovatif untuk Provinsi yang Dipimpin Ganjar
BPBD Kota Yogyakarta melakukan pemeriksaan salah satu EWS yang terpasang di permukiman bantaran sungai. (Foto: Dokumentasi BPBD Yogya)

News

Hadapi Musim Hujan, BPBD Yogya Pastikan EWS Berfungsi
Tim gabungan dari BPBD Kota Batu, Basarnas, PMI, TNI, Polri dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait melakukan proses evakuasi dan upaya percepatan penanganan bencana banjir bandang di Kota Batu, Jawa Timur. (Foto: BPBD Kota Batu)

News

Banjir Bandang Kota Batu, 2 Meninggal Dunia 6 Orang Dilaporkan Hilang
Presiden mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2021 di halaman depan Istana Merdeka, Kamis (12/8/2021) sore tadi. (Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)

News

Presiden Kukuhkan Paskibraka Nasional 2021, Berikut Nama-nama Mereka
Ilustrasi. Pemerintah memulai pelaksanaan vaksinasi dosis lanjutan atau booster, Rabu (12/1/2022) hari ini. (Foto:Mediacenter Riau/infopublik)

News

Vaksinasi Booster Dimulai, Pemerintah Pastikan Stok Vaksin Cukup
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Makarim saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Surakarta, Senin (13/9/2021). (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

News

Menteri Nadiem Apresiasi Gibran dalam Pelaksanaan PTM
Di atas tiga bidang tanah yang disita berdiri sebuah bangunan permanen yaitu Lafayette Boutique Hotel Yogyakarta. (Foto: agoda.com/Puspenkum Kejagung)

News

Kejagung Sita Aset Tersangka Kasus Korupsi Asabri di Yogyakarta
Foto: BNPB

News

Kasus Sembuh Covid-19 Harian Bertambah 916 Orang