Home / News

Selasa, 27 Juli 2021 - 14:43 WIB

‘Bangga Melayani Bangsa’, Ini Branding Baru ASN yang Diluncurkan Presiden

Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan fondasi baru berupa nilai-nilai dasar bagi Aparatur Sipil Negara. (Foto:nyatanya.com/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan fondasi baru berupa nilai-nilai dasar bagi Aparatur Sipil Negara. (Foto:nyatanya.com/Biro Pers Sekretariat Presiden)

NYATANYA.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan fondasi baru berupa nilai-nilai dasar bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Presiden menegaskan bahwa setiap ASN harus memegang teguh satu nilai dasar dan semboyan yang sama.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, saya luncurkan core values ASN ‘Berakhlak’ dan employer branding ASN ‘Bangga Melayani Bangsa’,” ucap Presiden saat menyampaikan sambutannya pada acara Peluncuran Core Values dan Employer Branding ASN secara virtual pada Selasa (27/7/2021).

Sejak lama setiap pemerintah daerah memiliki nilai dan semboyan sendiri sesuai dengan kekhasan daerah masing-masing. Menurut Presiden, hal tersebut memang memperkaya keberagaman daerah di Indonesia, tetapi lebih baik apabila seluruh ASN baik pegawai pusat maupun daerah mempunyai nilai dasar yang sama.

“ASN yang berprofesi sebagai dosen, guru, jaksa, dokter, perawat, analis kebijakan, sebagai administrator, juga petugas Satpol PP seharusnya mempunyai nilai dasar yang sama. Bahkan pegawai BUMN dan pegawai-pegawai yang lain juga sebaiknya mempunyai proposisi nilai rujukan yang sama,” lanjutnya.

Baca juga   Polisi Sidoarjo Bekuk Pembuat dan Pengedar Upal Ratusan Juta, Segini BB yang Disita

Di samping itu, Presiden meminta ASN untuk memiliki orientasi serupa dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Presiden mengatakan, ASN telah dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang diberikan negara untuk dapat melaksanakan hal tersebut.

“Otoritas dan sumber daya ini harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara, serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis,” tambah Presiden seperti dikutip dari situs resmi Kemenpora, Selasa (27/7/2021).

Selanjutnya, Presiden juga meminta ASN untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi serta kemampuan beradaptasi terhadap perubahan di tengah era disrupsi teknologi. Kepala Negara juga menekankan pentingnya peningkatan kemampuan kolaborasi baik lintas sektor maupun lintas disiplin.

“Sebab banyak sekali masalah yang tidak bisa dipecahkan oleh satu dinas, oleh satu daerah, oleh satu kementerian atau lembaga, maupun oleh satu keahlian, dan satu disiplin ilmu. Kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi menjadi sangat penting. Semua masalah selalu lintas sektor dan lintas disiplin,” jelas Kepala Negara.

Baca juga   Sebanyak 60 Ribu PNS Mulai Pindah ke IKN Awal 2024, Ini Rinciannya

Presiden pun mengingatkan kepada seluruh ASN untuk terus bekerja sama dan menghindari adanya ego sektoral.

“Saat ini dunia menjadi serba hybrid, serba kolaboratif. Tidak boleh lagi ada ego, baik ego sektor, ego daerah, dan ego ilmu,” tandasnya.

Untuk diketahui, nilai-nilai ASN “Berakhlak” merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Bersamaan dengan itu, para ASN di Indonesia juga memiliki employer branding #BanggaMelayaniBangsa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa pemerintah terus mendorong terciptanya birokrasi yang dinamis dengan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, efisien dan cepat dalam mengambil keputusan. Menurutnya, peluncuran ini merupakan momentum untuk mengakselerasi transformasi ASN di seluruh Indonesia.

“Aparatur harus lebih lincah dan inovatif. Birokrasi digerakkan oleh sumber daya manusia aparatur, karena itu peran aparatur sangat signifikan bagi tercapainya tujuan. Jadi, urgensi pengelolaan sumber daya manusia aparatur harus dipercepat,” kata Tjahjo. (*)

Share :

Baca Juga

Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

News

Pendaftaran Calon Anggota KPI Pusat 2022 -2025 Dibuka, Ini Syarat dan Tahapannya
Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi. Foto: Jaka/nvl/dpr.go.id

News

Legislator Sayangkan Keputusan Panglima TNI Turunkan Syarat Tinggi Badan Calon Taruna
(Foto: ANTARA)

News

OJK Keluarkan Ketentuan Penyempurnaan PAYDI dan Fintech Lending
Tim gabungan melakukan upaya pencarian dan pertolongan korban banjir bandang di sepanjang aliran sungai di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (5/11). (Foto: BPBD Kota Batu)

News

Update! Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang Kota Batu Bertambah Menjadi 5 Orang
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melakukan peninjauan posko Tugu, Malioboro, Keraton (Gumaton), Kamis (23/12/2021). Selain melakukan peninjauan, Walikota Yogya beserta Forkopimda akan melakukan pembatasan arah Margo Utomo, dimana pengendara motor dan becak dilarang melewati rel kereta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Motor dan Becak Dilarang Melintas, Rel Kereta Posko Gumaton Hanya untuk Pejalan Kaki
Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq Shihab (HRS) telah bebas bersyarat per Rabu (20/7/2022). Foto: Kemenkumham

News

Habib Rizieq Shihab Bebas Bersyarat, Rabu 20 Juli 2022
Banjir melanda sebagian wilayah Jember Jawa Timur, menyebabkan sedikitnya 200 warga mengungsi. (Foto: BPBD Kabupaten Jember)

News

Banjir Terjang Jember, 200 Warga di Empat Kecamatan Mengungsi
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana. (Foto: dok. InfoPublik)

News

Besok, Pemprov DKI Terapkan PTM Terbatas Sesuai SKB 4 Menteri