Home / Peristiwa

Kamis, 7 April 2022 - 00:07 WIB

Bangkai Paus Bungkuk yang Terdampar di Sampang Ditenggelamkan

Foto: MC Diskominfo Prov Jatim

Foto: MC Diskominfo Prov Jatim

NYATANYA.COM, Surabaya – Mamalia laut terdampar kembali terjadi di wilayah perairan Indonesia. Kali ini Paus Bungkuk berukuran 15 meter terdampar di perairan Desa Dharma Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang sejak akhir Maret lalu.

Menindaklanjuti kejadian itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) yakni Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Wilayah Kerja (Wilker) Jawa Timur langsung menangani bangkai paus bersama petugas dan masyarakat setempat.

Kepala BPSPL Denpasar, Permana Yudiarso menjelaskan awalnya informasi paus terdampar yang diduga Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae) diterima oleh Ketua Pokmaswas Dharma Bahari Camplong dari seorang nelayan yang sedang mengangkat jaring ke laut sekitar pukul 06.00 WIB dan melapor ke petugas Pos Keamanan Laut Terpadu (Kamladu) Camplong, Kabupaten Sampang.

Baca juga   Polda Jatim Gagalkan Peredaran 36 Kg Sabu dan 15 Ribu Butir Ekstasi di Jawa Timur

Guna penanganan lebih lanjut, Komandan Pos (Danpos) Kamladu Camplong berkoordinasi dengan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Camplong, Polairud Kabupaten Sampang, Koramil Sampang, Polsek Camplong, Pokmaswas Dharma Bahari dan para nelayan untuk melakukan penanganan yang tepat.

Pokmaswas Dharma Bahari berbagi ilmu karena pengalamannya mengikuti bimbingan teknis penanganan mamalia laut terdampar yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Teknis KP3K Probolinggo.

Dengan pertimbangan kondisi bangkai sudah mengalami pembusukan tingkat lanjut, ukuran yang besar serta sarana dan prasarana yang terbatas, maka bangkai paus ditarik dan ditenggelamkan ke tengah laut.

Awalnya bangkai paus ditemukan pada jarak sekitar 1 mil dari pantai Desa Camplong dengan kedalaman 7 meter.

Lalu pukul 15.00 WIB, bangkai paus ditarik dengan kapal ke tengah Selat Madura sejauh 3 mil dan ditenggelamkan dengan pemberat di titik koordinat 07° 15′ 09″ LS dan 113° 20′ 32″ BT atau -7.25250000, 113.34222222 pada kedalaman 25 meter.

Baca juga   Kapolres Magelang Tinjau Vaksinasi Anak SD Pagersari Mungkid

“Sehingga tidak akan terbawa arus kembali ke pantai dan diharapkan bangkai paus tidak akan mengganggu aktivitas nelayan,” terang Yudi, Rabu (6/4/2022).

Tim yang terdiri dari Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur, BPSPL Denpasar Wilker Jatim, Danposkamladu Camplong dan Pokmaswas Dharma Bahari melakukan pemantauan kembali ke lokasi paus ditenggelamkan pada sore hari dan kondisi bangkai paus tersebut masih kuat tertahan pada jangkarnya.

“Tim Poskamladu Camplong dan Pokmaswas Dharma Bahari Camplong akan melakukan pemantauan sampai bangkai paus tersebut terurai secara penuh,” kata Yudi.

(Non/Jal)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, memberangkatkan transmigran Jawa Tengah, Sabtu (20/8/2022). Foto: Humas Jateng

Peristiwa

119 Transmigran Asal Jateng Diberangkatkan ke Gorontalo dan Sulawesi
Anggota PPGM menerima bantuan paket sembako dari Polda DIY. (Foto: Dok.PPGM)

Peristiwa

Terdampak Relokasi PKL, Paguyuban Pendorong Gerobak Malioboro Terima Bantuan Sembako dari Polda DIY
Seperti halnya kopi, Temanggung dongkrak komoditas cabai. Salah satunya melalui pelatihan pengolahan dan pemasaran olahan cabai. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Termotivasi Kopi, Temanggung Siap Jadi Sentra Cabai
Gadjahmada Airport Transporter electric atau Mobil GATe merupakan hasil riset kendaraan listrik kerja sama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Direktorat Peneliatian UGM. (Foto: Kemenhub)

Peristiwa

Mobil Listrik Made in Lokal Akan Digunakan di 2 Bandara dan dukung Event G20
Wagub Gus Yasin menyampaikan, usai mendapat laporan, langsung menuju lokasi dan mengoordinasikan upaya penanganan. Dari koordinasi yang dilakukan, Pemprov Jateng, Pemkab Banyumas, dan pihak desa, sepakat melakukan pembangunan bronjong pondasi sekitar 100 meter. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Warga Karangduren Laporkan Abrasi Sungai, Gus Yasin Koordinasikan Penanganan
Maskapai TransNusa sukses melakukan proving flight dengan rute Bandara Sokearno-Hatta (CGK) menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) menggunakan pesawat Airbus A320 Neo PK-TLA dengan nomor penerbangan 8B 532. (Foto: TransNusa)

Peristiwa

Sukses Lakukan Uji Operasi, Maskapai TransNusa Siap Beroperasi Kembali
Pohon tumbang timpa rumah warga di wilayah Sleman usai hujan lebat disertai angin kencang pada Minggu (22/5/2022) sore. Foto: Ist/yogyapos.com

Peristiwa

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sleman, Sejumlah Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga
Pemkab Sragen fasilitasi penjemputan Vino dari Kutai Kalimantan Timur. (Foto: Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Kedua Ortunya Meninggal Akibat Covid-19 di Kutai, Pemkab Sragen Jemput Vino Pulang Kampung