Home / Wisata

Kamis, 3 Maret 2022 - 09:51 WIB

Bangkitkan Wisata Bahari, Pelra, Pemprov Jatim, Pelindo Telusuri Pulau Kecil dengan Phinisi

Asosiasi Pengusaha Pelayaran Rakyat (Pelra) Jawa Timur & Bali kerjasama dengan Pemprov Jatim dan Pelindo, selama tiga hari, 1-4 Maret 2022 menulusuri obyek wisata di pulau-pulau kecil di Kabupaten Sumenep, seperti Gili Iyang, Gili Genting, Salarangan di Kepulauan Kangean. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Asosiasi Pengusaha Pelayaran Rakyat (Pelra) Jawa Timur & Bali kerjasama dengan Pemprov Jatim dan Pelindo, selama tiga hari, 1-4 Maret 2022 menulusuri obyek wisata di pulau-pulau kecil di Kabupaten Sumenep, seperti Gili Iyang, Gili Genting, Salarangan di Kepulauan Kangean. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

NYATANYA.COM, Surabaya – Asosiasi Pengusaha Pelayaran Rakyat (Pelra) Jawa Timur & Bali kerjasama dengan Pemprov Jatim dan Pelindo, selama tiga hari, 1-4 Maret 2022 menulusuri obyek wisata di pulau-pulau kecil di Kabupaten Sumenep, seperti Gili Iyang, Gili Genting, Salarangan di Kepulauan Kangean.

Menurut Ketua Pelra Jatim, Salehwangen Hamsar, obyek wisata di pulau-pulau kecil di Kabupaten Sumenep tidak kalah eksotik dengan yang ada di Karimun Jawa, Jateng maupun Labuan Bajo dan daerah lainnya.

Pelra yang menaungi usaha kapal rakyat bercirikan Phinisi, baik kargo maupun kapal penumpang terpanggil untuk ikut andil memberikan kontribusi mempromosikan obyek-obyek wisata bahari di Jawa timur yang memiliki lebih dari 40 pulau kecil, yang sebagian besar berada di Kab. Sumenep.

Baca juga   Bonek Gelar Aksi Berkabung untuk Korban Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Menurut Salehwangen, yang juga pengurus Kadin Jawa Timur Bidang Usaha transportasi dan pelayaran rakyat tersebut mengatakan, pihaknya siap mendatangkan kapal wisata phinisi untuk transportasi ke pulau pulau kecil.

“Pelra mengapresiasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Pelindo atas upayanya membangkitkan wisata bahari di Jatim serta melestarikan budaya bahari,” kata Saleh Hamsar salah satu ketua DPP, Rabu(2/3/2022).

Menurutnya, kapal Phinisi yang sudah siap didatangkan dari berbagai ukuran dan type (Cruise) dilengkapi layar sebagai penggerak utama kapal serta marine engine sebagai mesin bantu. Kapasitas penumpang 30, 50, 70 orang.

Baca juga   Presiden Jokowi Resmikan Kawasan Pantai Bebas Parapat di Simalungun

“Kami mendahului implementasi Perpres 74 tahun 2021 tentang pemberdayaan angkutan kapal pelayaran rakyat,” jelasnya.

Menurut rencana, KM Flores Utama Indah, 56 GT akan berangkat dari Pelabuhan Gapura Surya, Tanjung Perak Surabaya dan akan menempuh perjalanan 225 mil laut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim akan memandu perjalanan wisata bahari yang diinisiasi oleh Forum Komunikasi Masyakat Bone Raya tersebut.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo saat memberikan keterangan pers di Halaman Pendopo Soepardi Setda Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Ganjar: Pengelola Wisata Wajib Jaga Prokes Saat Libur Lebaran
Indahnya panorama air terjun Lepo di Dlingo, Bantul. (Foto:nyatanya.com/Pemkab Bantul)

Wisata

Air Terjun Ledok Pokoh Dlingo Tawarkan Kesegaran Alami

Wisata

Tradisi Berbuka dengan Kopi Arab di Masjid Assegaf Pasar Kliwon Solo
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama rombongan meninjau pelaksaan renovasi sarana dan prasarana TMII di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Foto: Dok. Kementerian PUPR

Wisata

Renovasi Besar-besaran, Taman Mini Indonesia Indah Bakal Punya Wajah Baru
Rumah Tenun Magelang di Tonoboyo, Bandongan ini hadir sebagai destinasi yang unik karena terdapat perpaduan antara ekowisata, wisata alam dan eduwisata. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Rumah Tenun, Destinasi Eduwisata Baru di Magelang
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Wisata

Sandiaga Uno: Pelaku Parekraf Harus Patuh PPKM Level 3 saat Libur Nataru
Pesona Sirkuit Mandalika dari atas ketinggian Bukit Seger. (Foto:Isma/InfoPublik)

Wisata

Bukit Seger, Suguhkan Pesona Alam dan Keanggunan Sirkuit Mandalika
Tiga Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) milik Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL) menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Kabupaten Batang Jawa Tengah untuk melihatnya bersama keluarga. (Foto:MC Batang)

Wisata

Tiga Alutsista Marinir di Kabupaten Batang Jadi Daya Tarik Wisata