Home / Peristiwa

Senin, 26 Juli 2021 - 23:33 WIB

Bangun Herd Immunity, Pemkot Yogya Luncurkan Gerakan ‘Jogja Merdeka Vaksin’

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti meninjau pelaksanaan vaksinasi sekaligus meluncurkan program 'Kota Jogja Merdeka Vaksin'. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti meninjau pelaksanaan vaksinasi sekaligus meluncurkan program 'Kota Jogja Merdeka Vaksin'. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemkot Yogyakarta terus berkomitmen dalam membentuk herd immunity di Kota Yogyakarta. Salah satunya melalui gerakan ‘Jogja Merdeka Vaksin’ yang diluncurkan, Senin (26/7/2021).

Acara peluncurannya sendiri digelar bersamaan pelaksanaan vaksiniasi masal di tiga tempat sekaligus, yakni di Kemantren Mergangsan, Kemantren Danurejan, dan Kemantren Tegalrejo.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengungkapkan bahwa Pemkot Yogya menargetkan seluruh warga Kota Yogyakarta pada tanggal 17 Agustus 2021 sudah divaksin. Pihaknya menambahkan Pemkot Yogya tak henti-hentinya menggelar vaksinasi di berbagai tempat.

“Pemkot Yogya terus menyelenggarakan vaksinasi setiap harinya, 7 hari dalam seminggu, dari Senin sampai Minggu, dengan target jumlah vaksinasi bervariasi setiap harinya, harapannya seluruh warga Kota Yogyakarta yang telah tervaksin,” jelasnya di Kemantren Mergangsan.

Pada kesempatan tersebut orang nomer satu di Kota Yogyakarta ini mengungkapkan salah satu usaha terbaik sekaligus bentuk partisipasi yang dapat dilakukan untuk membendung laju penyebaran Covid-19 adalah melalui vaksinasi.

Baca juga   Omset Perajin Gerabah Bayat Turun Drastis Selama Pandemi

Menurutnya vaksinasi memberikan kemampuan dan perlindungan bagi tubuh setiap orang untuk dapat mengenali dan menghalau virus yang masuk.

“Ini merupakan ikhtiar kita bersama, sekaligus mengakselerasi upaya agar pandemi ini cepat teratasi dan terselesaikan, ekonomi masyarakat kembali pulih dan bangkit, serta harapannya, segala sesuatu akan kembali normal seperti semula,” katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, jumlah warga Kota Yogya yang telah memperoleh vaksinasi per hari Minggu, 25 Juli 2021 adalah sebanyak 113.212 warga atau sudah mencapai 32,1 % dari jumlah wajib vaksinasi penduduk Kota Yogta berusia 12 tahun yaitu 352.599 jiwa.

Sehingga, katanya, untuk warga Kota Yogyakarta sendiri yang belum memperoleh vaksinasi sebanyak 239.387 warga.

“Dalam sisa waktu hari kerja 21 hari sebelum tanggal 17 Agustus 2021, angka ideal untuk agar semua warga tervaksin kurang lebih membutuhkan angka 11.300 warga divaksin per harinya,” jelasnya.

Baca juga   1.126 UKM Yogya Terima Bantuan Produktif Usaha Mikro

Di Kota Yogya sendiri, tambahnya, jumlah kasus aktif Covid-19 perhari Minggu, 25 Juli 2021 adalah sebanyak 3.628 kasus dengan tingkat kesembuhan sebesar 74,7%.

Ia berharap seluruh warga kota Yogya dapat berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program vaksinasi melalui berbagai bentuk.

“Partisipasi dari segenap masyarakat, ketua RT, ketua RW, ketua Kampung, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan serta berbagai komunitas masyarakat mulai dari proaktif melakukan pendaftaran vaksinasi, mengajak dan membantu anggota keluarga atau warga lain yang memenuhi syarat, hingga menjadi relawan untuk program vaksinasi,” ucapnya.

Dengan keterlibatan semua pihak serta dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada, pihaknya pun optimis target 70 % warga tervaksin dapat dicapai.

“Sehingga pada tanggal 17 Agustus 2021 yang akan datang, kita tidak hanya akan memperingati kemerdekaan RI yang ke-76 tetapi juga merayakan Kota Jogja Merdeka Vaksin,” harapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten melepas armada pengiriman bantuan beras dari Kemensos RI ke 26 wilayah kecamatan. (Foto:Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pemkab Klaten Salurkan 3.000 Paket Beras Bantuan Kemensos
Heroe saat menyerahkan bantuan ASLUM secara simbolis di Bank BPD DIY di Mal Pelayanan Publik Balai Kota Yogyakarta, Senin (20/9/2021). (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Beri Bantuan Asistensi Sosial Lanjut Usia Miskin
Panen raya kedelai diselenggarakan di lahan seluas 25 hektare yang dikelola oleh Kelompok Tani Sri Kartika Tani. (Foto: Diskominfo Banyumas)

Peristiwa

Buka Peluang Pasar, Petani Banyumas Panen Raya Kedelai
Arif Jamali Muis. (Foto:nyatanya.com/YouTube:MediamuID)

Peristiwa

MCCC Beri Layanan bagi Warga Isoman di Rumah
Ganjar Pranowo cek ketersediaan oksigen. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Sidak Depo Oksigen di Demak, Ganjar Pastikan Stok Aman dan Harga Tidak Naik
Aparat gabungan wilayah Kecamatan Gatak menggelar patroli menyapa warga masyarakat, memberikan imbauan, edukasi dan sosialisasi Prokes. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Aparat Gabungan Gatak Tak Henti Patroli Prokes
Ganjar Pranowo saat berbincang dengan pengurus Indonesiapersada.id. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Indonesiapersada.id Dinahkodai Ganjar, Radio TV Daerah Siap “Rebranding”
Serma Hartono mendistribusikan beras bantuan Kemenhan RI kepada masyarakat wilayah Kricak. (Foto: dokumentasi Koramil Tegalrejo)

Peristiwa

Serma Hartono Salurkan Beras Bantuan Kemenhan Kepada Warga Kricak