Home / Buku

Senin, 7 Februari 2022 - 12:51 WIB

Bangun Narasi, SMA Kolese De Britto Luncurkan Buku “Sinau Sinambi Mlaku”

Sampul buku

Sampul buku "Sinau Sinambi Mlaku" yang diterbitkan SMA Kolese De Britto. (Foto: Humas SMA Kolese De Britto)

NYATANYA.COM, Yogyakarta“Bagi saya yang sangat mengesan dari De Britto adalah narasi yang sangat kuat. Itu adalah daya tarik yang luar biasa, karena di sana ditemukan suasana orang untuk berpikir, untuk merenung, merefleksikan. Ketika hal itu dituliskan orang ketemu dengan dirinya sendiri”.

Kesan Anita Lie, guru besar Unika Widya Mandala Surabaya, tersebut diungkap oleh Romo Cyprianus Kuntoro Adi SJ ketika memberikan sambutan pada peluncuran buku Sinau Sinambi Mlaku – karya para guru SMA Kolese De Britto, Yogyakarta.

“Guru, siswa, dan alumni De Britto memang menghidupi budaya tulis, baik tulisan berupa buku maupun di media massa. Selama 20 tahun terakhir telah terbit lebih dari 75 judul, baik karya tunggal maupun karya bersama. Pun ribuan artikel yang terkorankan,” demikian dijelaskan Humas De Britto dalam rilisnya, Senin (7/2/2022).

Baca juga   Para Lansia di Magelang Belajar Literasi Digital bersama Mafindo dan Kominfo

Buku Sinau Sinambi Mlaku diluncurkan saat perayaan Pesta Santo Johannes De Britto, 4 Februari 2022, di Aula SMA Kolese De Britto.

“Sinau sinambi mlaku secara harfiah berarti belajar sambil berjalan. Tajuk buku ini memang tak sekadar harfiah, terilhami oleh judul tulisan yang menjadi pembuka antologi,” beber Humas.

Buku Sinau Sinambi Mlaku diluncurkan saat perayaan Pesta Santo Johannes De Britto, 4 Februari 2022, di Aula SMA Kolese De Britto. (Foto: Humas SMA Kolese De Britto)

Tulisan tersebut berkisah tentang cara mendekatkan pelajaran sejarah kepada muridnya. Namun, sejatinya bukan hanya murid yang belajar, gurupun sedang belajar. Artinya, “sinau sinambi mlaku” berlangsung pada murid sekaligus gurunya.

Para guru SMA Kolese De Britto memang “sinau sinambi mlaku” dalam arti belajar sambil mengajar. Ketika sedang mengajar pun guru De Britto terus belajar.

Belajar menemukan pendekatan, media, cara mengevaluasi, atau sarana yang bisa dipakai untuk membawa materi pelajaran kepada muridnya.

Upaya para guru kian intensif ketika pembelajaran berlangsung di masa pandemi Covid-19. Pembelajaran jarak-jauh tidak sekadar memindah kelas tatap muka ke tatap layar.

Baca juga   Pembayaran Layanan Publik di Kota Yogya dengan QRIS Makin Luas

Guru mesti mengubah pola pikir dan imajinasinya, melengkapi diri belajar teknologi, atau menyelisik berbagai tautan untuk materi pembelajaran.

Tiga puluh tulisan yang tersaji di buku ini berawal dari rerasan lalu “brifing” singkat, masing-masing guru – di tengah padatnya agenda akhir semester – mencoba memilih satu pengalaman khas mengajarkan pelajarannya.

Sebagian harus merevisi tulisannya hanya supaya terarah pada satu fokus pengalaman. Bukankah tulisan yang baik adalah yang fokus dan dalam?

Editor buku ini memahami bahwa para guru kaya pengalaman. Untuk itu, penulis harus memilih satu saja dari sekian banyak pengalamannya. Pengalaman apa yang paling mengesan sepanjang menjadi guru? Upaya apa yang Anda lakukan sebagai guru agar murid paham, ngerti, dhong?

(N1)

Share :

Baca Juga

Bimbingan Teknis Gerakan Aksi Pojok Baca untuk TP PKK se-Kabupaten Temanggung secara virtual. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Buku

Tingkatkan Literasi, TP PKK Temanggung Dorong Pojok Baca untuk Masyarakat
Edukasi Literasi Digital digelar oleh Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) bekerja sama dengan Diskominfo Kabupaten Magelang. Foto: Ist/beritamagelang

Buku

Para Lansia di Magelang Belajar Literasi Digital bersama Mafindo dan Kominfo
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming saat menerima Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, olahraga, ekonomi kreatif, pariwisata dan sejarah. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Buku

Pemkot Surakarta Terus Kembangkan Digitalisasi Perpustakaan
Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X mengukuhkan Bunda Literasi DIY dan membuka workshop di Hotel Grand Rohan Yogyakarta, Rabu (7/9/2022). Foto: Ist

Buku

GKBRAy Adipati Paku Alam, Bunda Literasi DIY 2022-2026
SMA Negeri 1 Ngluwar, Kabupaten Magelang mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (Leprid). (Foto: humas/beritamagelang)

Buku

Luncurkan 66 Buku dalam Sehari, SMAN 1 Ngluwar Terima Penghargaan Leprid
Foto: MC Diskominfo Prov Jatim

Buku

Arumi Bachsin Launching Buku ‘Aku Anak Sehat dan Kuat’
Desy Nur Aini Fajri dan buku Hubungan Kerjasama Indonesia dan Jepang yang ditulis bersama mahasiswanya. (Foto: dokumentasi graha ilmu)

Buku

RBI Online Tuntun Warga Jepang Mengenal Jakarta
Ega Mpokgaga dan buku barunya. (Dok.Pribadi)

Buku

Penulis Mpokgaga Luncurkan Buku Kedua Amigdala: Residu yang Bersemayam