Home / Peristiwa

Minggu, 10 Desember 2023 - 15:16 WIB

Bangun Sinergi Kuat untuk Kemajuan Prestasi SMP Mutual Magelang Kunjungi SMP Muchild

Foto bersama pada akhir kunjungan SMP Mutual Magelang di SMP Muhammadiyah 2 (Muchild) Yogyakarta.  (Foto: Istimewa)

Foto bersama pada akhir kunjungan SMP Mutual Magelang di SMP Muhammadiyah 2 (Muchild) Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) SMP Muhammadiyah 2 (Muchild) Yogyakarta biasa menerima kunjungan ke-IPM-an dari berbagai sekolah. Seperti halnya, akhir pekan lalu, SMP Muchild Yogyakarta mendapat kunjungan ke-IPM-an dari SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Magelang, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMP Muchild Yogyakarta, Naning Hidayati SPd MPd menjelaskan, semangat IPM untuk saling sharing membangun sinergi yang kuat untuk kemajuan prestasi sekolah penting terus dijaga dan ditingkatkan.

Dengan saling sharing, diskusi maupun bertukar wawasan akan diperoleh banyak manfaat. Termasuk pula ketika bisa aktif berorganisasi seperti di PR IPM sekolah masing-masing.Antara lain para murid (siswa-siswi) akan dapat mengasah jiwa leadership yang  akan menjadi bekal penting pada masa mendatang.

“Salah satu langkah memberikan pengalaman kepemimpinan adalah melibatkan para murid untuk bisa aktif berorganisasi, misalnya di PR IPM,” tuturnya.

Baca juga   Curi Motor di Penginapan, Cah Wonosobo Dibekuk Polsek Gedongtengen di Surakarta

Hal senada juga ditandaskan Juwanti MPd selaku pembina PR-IPM SMP Muchild Yogyakarta, ketika murid bisa aktif berorganisasi, akan menjadi suatu hal penting dan bermanfaat.

“Selain melatih jiwa kepemimpinan, nantinya akan mampu melatih pribadi yang menggerakkan atau mengajak kebaikan dan mencegah kemungkaran,” tandasnya.

Ditambahkan Juwanti, di IPM jangan takut bertanya dan berbuat. Karena, suatu kesalahan bisa pula menjadi pelajaran berharga dalam kebaikan dan yang penting mau berubah dan belajar.

“Apalagi karena usia SMP masih banyak belajar. Kami pun selalu siap untuk mendampingi dan mengarahkan dalam belajar berorganisasi maupun kepemimpinan,” urai Juwanti.

Selain itu sebagai sekolah Muhammadiyah, sebutnya, IPM bisa menjadi gerakan kaderisasi. Muhammadiyah butuh para penerus persyarikatan Muhammadiyah.  

“Melalui tunas-tunas IPM, insyaAllah kelak mereka akan menjadi kader hebat yang membesarkan persyarikatan Muhammadiyah,” tambahnya.

Sedangkan Ketua PR IPM SMP Muchild Yogyakarta, Yasmin Puti Syarifah memaparkan, sangat berbahagia dan tersanjung atas kedatangan 33 siswa-siswi SMP Mutual Magelang. Menurutnya, rangkaian kunjungan ke-IPM-an tersebut bagian dari Sharing Session Build Communication to Improve Organizational Performance.

Baca juga   Minat Warga Tinggi, Vaksin di Jateng Akan Ditambah

“Semoga pertemuan ini membawa banyak berkah dan manfaat bagi kemajuan dan mempererat tali silaturahim antara IPM SMP Mutual Magelang dan IPM SMP Muchild Yogyakarta,” harap Yasmin.

Adapun guru pendamping dari SMP Mutual Magelang yang ikut rombongan, misalnya Dwi Dedi Sulistyanto SPd (Waka Kesiswaan), Taufiq Ardiyanto SPd (Pembina IPM), Fifi Ratna Ekasari Shum dan Asih Kurniastuti SPd.

Sementara itu Ketua PR IPM SMP Mutual Magelang, Abiyaksa menjelaskan, ia bersama pengurus maupun anggota IPM sekolah setempat berusaha dapat membawa dan menonjolkan IPM SMP Mutual Magelang dengan ciri khasnya seperti keagamaan dan keilmuan. (N2)

Share :

Baca Juga

Gus Samsudin Jadab (kanan) bersama rombongan di Mapolda Jatim. Foto: selalu.id

Peristiwa

Gus Samsudin Jadab Laporkan Youtuber Pesulap Merah ke Mapolda Jatim, Ini Masalahnya
Pelajar SMAN 2 Batang ini mengukir prestasi dengan menjadi Juara umum pada Asian Law Student’s Assosiation (ALSA) English Festival yang digelar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

SMAN 2 Batang Sabet Juara Umum ALSA E-Fest Undip 2021
Kontainer yang jatuh menimpa truk di Perak, Surabaya. Foto: selalu.id

Peristiwa

Kontainer Jatuh Timpa Truk di Perak Surabaya, Satu Orang Tewas Mengenaskan
Indonesian Coffee Week untuk mempromosikan kopi Indonesia kepada pecinta dan pegiat usaha kopi, serta masyarakat di Johannesburg, Afrika Selatan. (Foto: KBRI Pretoria)

Peristiwa

KBRI Pretoria Promosikan Kopi Indonesia di Afrika Selatan
Wakil WalikotaSurakarta, Teguh Prakosa saat meninjau vaksinasi mobile di Kecamatan Serengan. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Gencarkan Bus Vaksinasi di Tiap Kelurahan
Pelaku ditangkap saat akan melakukan transaksi jual beli hasil selundupan, satwa jenis burung yang di lindungi itu di pasar burung Surabaya. (Foto: Diskominfo Prov.Jatim)

Peristiwa

Ditpolairud Polda Jatim Gagalkan Penyelundupan dan Perdagangan Burung Dilindungi
Selain memberikan edukasi terkait protokol kesehatan, Satpol PP Kota Yogya juga memberikan bantuan beras. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Satpol PP Kota Yogya Salurkan Bantuan Beras kepada Pedagang
Polres Temanggung mulai menyuntikkan dosis ketiga atau booster bagi anggota Polri dan ASN. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Anggota dan ASN di Polres Temanggung Mulai Divaksin Booster