Home / Peristiwa

Kamis, 23 Juni 2022 - 19:02 WIB

Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Bogor Telan Satu Korban Jiwa

Seorang warga meninggal dunia dan satu lainnya hilang dalam peristiwa banjir dan tanah longsor yang terjadi di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Bogor

Seorang warga meninggal dunia dan satu lainnya hilang dalam peristiwa banjir dan tanah longsor yang terjadi di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Bogor

NYATANYA.COM, Bogor – Seorang warga meninggal dunia dan satu lainnya hilang dalam peristiwa banjir dan tanah longsor yang terjadi di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022).

Berdasarkan laporan terkini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, jazad korban ditemukan oleh tim evakuasi gabungan dalam kondisi tertindih material, setelah diduga terseret arus banjir bandang.

“Sedangkan satu warga yang masih dinyatakan hilang hingga saat ini masih dalam pencarian,” ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Kamis (23/6/2022) sore.

BPBD Kabupaten Bogor mencatat, sedikitnya ada 20 KK terdampak dan 52 KK/172 jiwa terpaksa harus mengungsi.

Baca juga   BPJamsostek Batang Salurkan Santunan Kematian RT Rp2,1 Miliar

Bencana banjir bandang dan tanah longsor itu juga menyebabkan 18 unit rumah rusak berat, 2 unit rumah rusak ringan dan 4 jembatan putus.

Hasil laporan visual dari lapangan menunjukkan bahwa tim gabungan harus berupaya melewati lereng sungai yang mengalami longsor untuk mencapai titik lokasi permukiman warga terdampak.

“Sulitnya medan yang dilalui menjadi kendala dalam proses evakuasi dan kaji cepat,” imbuh Muhari.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini mengeluarkan peringatan dini cuaca yang mana hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bogor hingga Jumat (23/6/2022).

Baca juga   Bantuan bagi Warga Terdampak APG Gunung Semeru Dikirim Malam ini

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat dapat melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan seperti normalisasi sungai, susur sungai, pembersihan sungai dari sumbatan sampah, sosialisasi kepada masyarakat dan memantau perkembangan cuaca secara berkala.

Masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadaan.

Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari satu jam, maka diimbau agar evakuasi sementara secara mandiri ke lokasi yang lebih aman.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

PT Angkasa Pura/AP II (persero) selaku pengelola Bandara Halim Perdanakusum, Sabtu (22/1/2022), mulai menjalankan skenario perpindahan operasional penerbangan ke 5 bandara penerima (recipient), yakni Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Pondok Cabe (Jakarta) dan Bandara Budiarto (Tangerang). (Foto: Angkasa Pura II)

Peristiwa

Bandara Halim Perdanakusuma Mulai Pindahkan Operasional Penerbangan, Begini Skenarionya
Soleh kaget dapat ganti untuk fantastis atas lahan kebunnya di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo yang terdampak pembangunan bendungan Bener. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Warga Wadas Ini Tak Meyangka Tanahnya Diganti Untung Rp3,8 Miliar Padahal Belinya Cuma Segini
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengajak peran swasta dalam menanggulangi kemiskinan melalui media zakat. Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam kegiatan aksi sosial oleh Yayasan Lumbung Zakat Indonesia (LZI) di Kalurahan Lumbungrejo, Tempel, Minggu (26/12/2021). (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Bupati Sleman Ajak Swasta Sesarengan Tanggulangi Kemiskinan Melalui Zakat
Nabila, bocah kelas 5 SDN 6 Kutoharjo Kabupaten Rembang ini tak menyangka bisa bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Rabu (2/2/2022). Apalagi, ia mendapat hadiah spesial dari Ganjar, sebuah handphone baru. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Senangnya Nabila, Usai Vaksin Dapat Handphone Baru dari Ganjar
Puluhan suporter Persebaya atau Bonek yang hendak pergi ke Bandung sedang membantu mobil pikap bermuatan pisang terguling di Tol Mojokerto - Jombang. Foto: tangkapan layar video/selalu.id

Peristiwa

Video Viral Bonek Gotong Royong Bantu Pikap Terguling saat Perjalanan ke Bandung
ASN di Sekretariat Daerah (Setda) dan Bappeda Litbangda antusias membeli paket sayuran dari petani. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Dorong Peningkatan Harga Komoditas Pertanian, Gerakan ASN Beli Cabai Berlanjut
Presiden Joko Widodo ketika meninjau langsung Persemaian Modern Rumpin di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jumat (19/11/2021) bersama sejumlah Duta Besar negara sahabat. (Foto: BPMI)

Peristiwa

Presiden: Indonesia Serius Antisipasi Perubahan Iklim
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti juga meraih predikat TOP Pembina BUMD 2021, sementara Direktur Utama Bank Jogja Kosim Junaedi meraih predikat TOP CEO BUMD 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

PD BPR Bank Jogja Raih TOP BUMD Awards 2021