Home / News

Jumat, 11 Maret 2022 - 12:27 WIB

Banjir Bandang Terjang 6 Desa di Tuban, Satu Warga Meninggal Dunia

Tim BPBD Kabupaten Tuban membantu warga menyelamatkan diri dari banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (10/3/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Tuban)

Tim BPBD Kabupaten Tuban membantu warga menyelamatkan diri dari banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (10/3/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Tuban)

NYATANYA.COM, Tuban – Banjir bandang melanda enam desa di Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, Kamis (10/3/2022). Atas peristiwa itu, seorang warga dilaporkan meninggal dunia.

Hasil kaji cepat sementara oleh Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, enam desa yang terdampak meliputi Desa Temayang, Desa Padasan, Desa Karanglo, Desa Jorojero, Desa Margomulyo dan Desa Wolutengah di Kecamatan Kerek.

“Berdasarkan laporan visual, arus banjir terpantau cukup deras melintasi permukiman warga. Sebuah mobil mini bus terseret arus banjir hingga masuk ke sungai. Tim gabungan telah mengevakuasi bangkai mobil tersebut menggunakan alat seadanya,” jelas Abdul Muhari, Ph.D, Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan resminya, Jumat (11/3/2022).

Baca juga   Kunjungi MTsN 19 Jakarta, MY Esti Wijayati Sampaikan Duka Cita dan Lakukan Ini

Dijelaskan Muhari, banjir bandang yang terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi itu juga menyebabkan satu tanggul jebol. Sementara itu, jumlah kerugian lain yang ditimbulkan atas peristiwa itu masih dalam proses pendataan lebih lanjut.

“BPBD Kabupaten Tuban bersama instansi terkait, relawan dan masyarakat terus melakukan kaji cepat, evakuasi serta penyelamatan warga terdampak. Bantuan logistik dan peralatan juga telah diberikan kepada warga terdampak oleh tim BPBD Kabupaten Tuban,” jelasnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca yang menyebut bahwa hujan ringan hingga sedang dan yang dapat disertai petir masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Tuban hingga Sabtu (12/3/2022).

Menyikapi hal tersebut, maka Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada seluruh unsur pemangku kebijakan di daerah dan masyarakat agar dapat mengantisipasi adanya potensi bencana susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

Baca juga   Satgas Covid-19 Yogyakarta Ingatkan Warga Tetap Jaga Prokes

Upaya seperti pemantauan dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), pembersihan sampah maupun material lain yang dapat menyumbat aliran air, monitoring kondisi tanggul, jalan dan jembatan hingga pemantauan debit air saat terjadi hujan lebat disarankan agar dilakukan secara berkala.

Guna antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana susulan, masyarakat di sepanjang aliran sungai agar melakukan evakuasi sementara jika terjadi hujan menerus dengan intesitas tinggi selama lebih dari satu jam. Perhatikan kondisi debit sungai dan hindari lereng curam yang minim vegetasi.

(N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Dok KPK

News

KPK Ingatkan Partai Politik untuk Solid Jauhi Segala Bentuk Korupsi
Foto: Ist/tribratanews

News

Berantas Tambang Ilegal dan Beking di Jateng! Polda dan Pemprov Maksimalkan Satgas “Puser Bumi”
Mariam Kuyateh menutut keadilan bagi putranya Musa. Foto: Ist

News

Kisah Ibu-ibu Tuntut Keadilan Pasca Skandal Sirup Obat Batuk yang Sebabkan Kematian 70 Anak di Gambia
Puan Maharani. Foto: Biro Humas DPR RI

News

Ketua DPR RI Dorong Pemerintah Bentuk Satgas Cegah Kekerasan Seksual
Presiden Joko Widodo membagikan souvenir kepada warga di Pasar Pasirian, Lumajang Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). (Foto: Amiriyandi InfoPublik)

News

Di Lumajang, Jokowi Kunjungi Tenda Pengungsi dan Sapa Warga di Pasar Pasirian
(Foto:ANTARA)

News

Pemerintah Segera Lunasi Klaim Perawatan Pasien Covid-19 di Rumah Sakit
(Foto: Kemenkes)

News

Kasus Omicron di Solo Meningkat, Mulai Hari Ini Sekolah Gunakan Pembelajaran “Hybrid”
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Ingat! Mulai 1 Juni 2021 Transaksi di ATM Link Tak Lagi Gratis