Home / Peristiwa

Kamis, 25 November 2021 - 17:49 WIB

Banjir di Kabupaten Tegal, 12.518 Jiwa Terdampak

Banjir di Tegal terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya sungai Cacaban, Sungai Rambut, Sungai Kemiri, Sungai Pekijing dan Sungai Siwarak pada Senin (22/11/2021) pukul 23.30 WIB. Sebanyak 12.518 jiwa terdampak atas kejadian ini, dari jumlah tersebut terdapat 25 KK terpaksa mengungsi di Masjid Baitutaqwa di Kelurahan Dampyak. (Foto: BNPB Kabupaten Tegal)

Banjir di Tegal terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya sungai Cacaban, Sungai Rambut, Sungai Kemiri, Sungai Pekijing dan Sungai Siwarak pada Senin (22/11/2021) pukul 23.30 WIB. Sebanyak 12.518 jiwa terdampak atas kejadian ini, dari jumlah tersebut terdapat 25 KK terpaksa mengungsi di Masjid Baitutaqwa di Kelurahan Dampyak. (Foto: BNPB Kabupaten Tegal)

NYATANYA.COM, Tegal – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal melaporkan kejadian banjir yang terjadi diwilayahnya. Banjir ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya sungai Cacaban, Sungai Rambut, Sungai Kemiri, Sungai Pekijing dan Sungai Siwarak pada Senin (22/11/2021) pukul 23.30 WIB.

Sebanyak 12.518 jiwa terdampak atas kejadian ini, dari jumlah tersebut terdapat 25 KK terpaksa mengungsi di Masjid Baitutaqwa di Kelurahan Dampyak.

Banjir ini melanda lima kecamatan di wilayah Kabupaten Tegal. Adapun lokasinya meliputi Desa Tembok Banjaran di Kecamatan Adiwerna, Desa Pecabean di Kecamatan Pangkah, Desa Sidakaton, Desa Kupu di Kecamatan Dukuhturi, Desa Sidaharja di Kecamatan Suradadi.

Baca juga   Empat Ekor Orang Utan Dipulangkan ke TN Bukit Baka Bukit Raya Kalbar

Lebih lanjut, Desa Maribaya, Desa Kemuning, Desa Plumbungan, Kelurahan Dampyak di Kecamatan Kramat, Desa Banjaragung, Desa Sukareja di Kecamatan Warureja.

BPBD Kabupaten Tegal juga melaporkan sedikitnya 1.564 unit rumah terdampak dengan ketinggian muka air berkisar antara 30 – 150 sentimeter.

BPBD Kabupaten Tegal bersama tim gabungan berhasil mengevakuasi 2 balita usia sekitar dua minggu berserta ibunya, dan langsung dibawa ke rumah kerabat terdekat yang tidak terdampak banjir.

Kondisi terkini dilaporkan, banjir sudah mulai berangsur surut dan para warga yang mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing.

Baca juga   Bawa Logistik, Kemenkes Kirim Tim ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

Berdasarkan prakiraan hujan dasarian BMKG November Dasarian III periode 21 – 30 November 2021, untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah sebagian besar memiliki potensi curah hujan dengan kategori menengah dengan angka 100 – 150 mm. Dikatakan tinggi apabila angkanya berkisar 150 – 300 mm dan sangat tinggi apabila lebih dari 300 mm.

Merespond hal ini, BNPB menghimbau untuk selalu waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan. Keikutsertaan unsur pentaheliks juga diharapkan mampu menjadi kunci dalam penanganan bencana banjir, tentunya untuk bersama-sama menyiapkan kajian dan rencana jangka panjang agar kejadian ini tidak terus berulang.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi - Pendakian Gunung Arjuno-Welirang ditutup. (Foto: IG @tyas_gumbrit)

Peristiwa

Cuaca Ekstrem, Jalur Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Ditutup
Organisasi Serikat Perkotaan dan Pemerintahan Kawasan Asia Pasifik atau United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) berkesempatan audiensi dengan Pemkot Yogyakarta, Kamis (2/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Dukung Pertanian Perkotaan, UCLG ASPAC Audiensi ke Pemkot Yogya
Presiden RI Joko Widodo saat mengunjungi Pasar Mulyorejo. Di tempat ini presiden membagikan bantuan tunai dan sembako kepada para pedagang. (Foto: MC Blora)

Peristiwa

Pedagang Pasar Mulyorejo Tak Menyangka Dapat Bantuan dari Presiden
FRI Tahun 2022 digelar 29-30 Oktober 2022 di Universitas Airlangga Surabaya. Foto: MC Diskominfo Prov Jatim

Peristiwa

Gubernur Khofifah Berharap Forum Rektor Indonesia Rumuskan Rekomendasi Strategis Hadapi Ancaman Krisis Dunia
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, memberangkatkan transmigran Jawa Tengah, Sabtu (20/8/2022). Foto: Humas Jateng

Peristiwa

119 Transmigran Asal Jateng Diberangkatkan ke Gorontalo dan Sulawesi
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, menaruh perhatian terhadap isu perkawinan anak dan pencegahan dini stunting di Kabupaten Temanggung. (Foto:MC.TMG)

Peristiwa

Pernikahan Dini dan Stunting di Temanggung Butuh Perhatian Khusus
Pelaku penjambretan jadi bulan-bulanan warga dan diikat di sebuah pohon sembari menunggu petugas kepolisian. Foto: selalu.id

Peristiwa

Sempat Terseret Motor, Bocah Pemberani ini Gagalkan Penjambretan di Surabaya
Salah satu atraksi di pembukaan Prambanan UMKM Java Festival (Pujafest) 2021. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Prambanan UMKM Java Festival 2021, Bangkitkan Ekonomi Mikro