Home / News

Jumat, 12 November 2021 - 10:16 WIB

Banjir di Kalimantan Juga Rendam 3 Desa di Batu Mandi

Banjir di Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. (Foto: BPBD Kabupaten Balangan)

Banjir di Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. (Foto: BPBD Kabupaten Balangan)

NYATANYA.COM, Balangan – Banjir di Kalimantan juga merendam pemukiman warga di Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Peristiwa tersebut dilaporkan BPBD setempat pada Kamis (11/11/2021), pukul 06.00 WIB. Kejadian ini berlangsung setelah hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan debit air sungai Batu Mandi meluap.

Wilayah terdampak berada di tiga desa, yaitu Desa Kasai, Kaladan dan Riwa. Sedangkan warga terdampak berjumlah 242 KK atau 721 jiwa.

Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam 1 kantor desa dan 2 tempat ibadah. Ketinggian muka air saat terjadi banjir berkisar 20 hingga 30 cm.

Antisipasi dampak banjir, BPBD Kabupaten Balangan mengerahkan personel ke lokasi untuk berkoordinasi dengan pihak desa maupun kecamatan serta pendataan. BPBD Kabupaten Balangan melaporkan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat banjir tersebut.

Baca juga   Bertemu Wapres AS, Presiden Jokowi Sampaikan Empat Cara Atasi Fenomena Pandemi

Meskipun ketinggian muka air berkisar 30 cm, pemerintah daerah dan warga diimbau untuk tetap siaga dan waspada. Kabupaten Balangan ini termasuk wilayah administrasi yang berpotensi banjir maupun Gerakan tanah di bulan November 2021 ini. Hal tersebut telah teridentifikasi oleh BNPB yang kemudian diinformasikan kepada BPBD provinsi.

Kabupaten ini juga pernah dilanda kejadian serupa pada pertengahan bulan Januari 2021 lalu. Saat itu sebanyak 3.571 rumah terendam banjir di kecamatan lain, yaitu Kecamatan Halong, Paringin, Juai, Paringin Selatan, Tebing Tinggi dan Awayan. Ketinggian muka air bahkan mencapai 150 cm.

Baca juga   Ketua DPR RI Minta Pemerintah Bantu Petani yang Gagal Panen Akibat Banjir

Tiga hari ke depan, wilayah Kecamatan Batu Mandi masih berpeluang hujn dengan intensitas ringan hingga hujan petir. Di samping itu, analisis inaRISK mengidentifikasi bahwa Kecamatan Batu Mandi merupakan salah satu dari 8 kecamatan di Kabupaten Balangan yang memiliki potensi banjir dengan kategori sedang hingga tinggi.

Tujuh kecamatan lain yang berada pada kategori sedang hingga tinggi yaitu Kecamatan Lampihong, Awayan, Tebing Tinggi, Paringin, Paringin Selatan, Juai dan Halong.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo. (Foto: Istimewa/InfoPublik)

News

Ekspor Bahan Baku Minyak Goreng Dilarang Mulai 28 April 2022
Facebook palsu mengatasnamakan Bupati Klaten Sri Mulyani. (Foto: Dok Diskominfo Klaten)

News

Sudah Meresahkan, Pemkab Akan Laporkan Pemalsu Akun Facebook Bupati Klaten
Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej dalam rapat kerja dengan DPR RI. Foto: kemenkumham.go.id

News

Delik Aduan, Ini Ancaman Pidana untuk Penghina Pemerintah di RKUHP
Dua orang DC diciduk Satuan Reskrim Polresta Yogyakarta lantaran mengambil paksa mobil milik wisatawan. (Foto: Humas Polresta Jogja)

News

Ambil Paksa Mobil Wisatawan di Gembira Loka, Dua DC Digulung Polisi, Begini Modusnya
Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Dedy Permadi. (Foto: AYH/Humas Kominfo)

News

Hati-hati Lur, 11 Aplikasi di Google Play Store Berpotensi Langgar Data Pribadi
Ganjar Pranowo saat menerima kunjungan Plt Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, Nyoman Suryadharma, di Puri Gedeh, Jumat (10/6/2022). Foto: Humas Jateng

News

Kawal Aturan Ibadah dan Ritual, Ganjar: Tak Pasang Tarif bagi Umat Budhha di Candi Borobudur
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pemerintah Waspadai Penularan Covid-19 di Awal 2023
Ilustrasi laut selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: Agoes Jumianto

News

Peringatan Dini Banjir Rob di Wilayah Pesisir Selatan Jateng dan Yogyakarta, Berlaku 4 – 11 Januari 2023