Home / Peristiwa

Minggu, 23 Januari 2022 - 00:25 WIB

Banjir Rendam 964 Rumah Warga Cirebon, 3.783 Jiwa Terdampak

Giat evakuasi warga terdampak banjir oleh BPBD Kabupaten Cirebon dan tim gabungan menggunakan perahu karet, Sabtu (22/1/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Cirebon)

Giat evakuasi warga terdampak banjir oleh BPBD Kabupaten Cirebon dan tim gabungan menggunakan perahu karet, Sabtu (22/1/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Cirebon)

NYATANYA.COM, Cirebon – Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatnya Sungai Ciberes dan beberapa wilayah irigasi meluap sehingga menyebabkan banjir yang merendam 964 rumah warga di Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Jumat (21/1/2022), pukul 19.00 WIB.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D. menjelaskan, banjir dengan tinggi muka air 20 sampai 150 sentimeter merendam tiga desa di kecamatan tersebut, antara lain Desa Ciuyah, Gunung Sari dan Mekarsari.

Selain itu, banjir juga merendam fasilitas pendidikan, meliputi satu unit Sekolah Dasar, satu unit taman kanak-kanak, dua unit pendidikan anak usia dini, satu unit sekolah menengah pertama dan dua unit Madrasah Ibtidaiyah.

Baca juga   175 Warga Terdampak Banjir Rob Pekalongan Masih Bertahan di Pengungsian

“Adapun dua unit tempat ibadah dan empat unit mushola turut terendam akibat peristiwa ini,” terang Abdul Muhari.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon melaporkan sebanyak 3.783 warga terdampak banjir. BPBD serta aparat desa setempat melakukan proses evakuasi warga terdampak ke tempat yang lebih aman menggunakan perahu karet. Tidak ada laporan korban jiwa dan luka-luka akibat insiden ini.

Kondisi mutakhir per Sabtu (22/1/2022) dini hari pukul 01.30 WIB, Sekretaris Desa Ciuyah melaporkan wilayahnya telah berangsur surut dan tinggi muka air terkini sekitar 10 sampai 30 sentimeter.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi peringatan dini per 22 sampai 24 Januari 2022 untuk Kabupaten Cirebon meliputi potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang hingga malam hari.

Baca juga   110 Rumah Warga Mamuju Tengah Terendam Banjir, Lahan Pertanian Terdampak

Kajian inaRISK menunjukan Kabupaten Cirebon memiliki potensi bahaya banjir pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 39 kecamatan.

Merespons hal tersebut, BNPB mengimbau masyarakat dan aparat daerah setempat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca hujan yang masih berlangsung hingga puncaknya di bulan Februari mendatang.

Langkah-langkah kesiapsiagaan juga dapat dilakukan dengan membersihkan material yang menghambat aliran atau saluran air disekitar sungai atau daerah irigasi, memantau peningkatan debit air ketika curah hujan lebat serta membuat rencana kedaruratan dengan mempersiapkan langkah maupun tempat evakuasi yang aman dan sesuai dengan protokol kesehatan.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Sebanyak 884 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Temanggung menerima SK resmi sebagai pegawai pemerintah. (Foto:MC.TMG/Ary)

Peristiwa

Bupati Serahkan 884 SK CPNS Pemkab Temanggung
Tersangka pengedar Pil Yarindo dihadirkan dalam jumpa pers yang digelar Polresta Yogyakarta, Selasa (16/8/2022). Foto: @polresjogja

Peristiwa

Edarkan Pil Yarindo, Oknum Mahasiswa dan Pengemudi Ojol Ditangkap Polisi di Umbulharjo
Burung hantu yang memiliki nama latin Tyto Javanica adalah satwa predator. Tikus sawah menjadi mangsa kesukaannya sehingga burung hantu sering disebut sebagai satwa sahabat petani.(Foto:Dokumentasi/istimewa)

Peristiwa

Atasi Hama Tikus, Pemkab Klaten Kembangkan Habitat Burung Hantu
Baharuddin Kamba. (foto: istimewa)

Peristiwa

Soal Perpanjangan Jabatan Pimpinan KPK, JCW Kritik Putusan Mahkamah Konstitusi
Kegiatan vaksinasi yang difasilitasi Polres Klaten. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Polres Klaten Gelar Vaksinasi untuk 4.000 Warga
Gebyar Sumpah Pemuda, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, pada Jumat (28/10/2022), digelar di kawasan pedestrian Jalan Malioboro. Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Gebyar Sumpah Pemuda, Beri Ruang Kreasi dan Apresiasi Pemuda Kota Yogya
Natal Akbar Ikatan Keluarga Besar Byak Sorong Raya tersebut tidak saja dihadiri umat nasrani tetapi juga menghadirkan umat muslim Keluarga Besar Byak. (Foto: Petrus Rabu/MC.Kab.Raja Ampat)

Peristiwa

Keluarga Besar Byak Sorong Raya akan Rayakan Natal Akbar di Raja Ampat
Bupati Sukoharjo Etik Suryani, dan Forkopimda Sukoharjo hadir dalam pemusnahan ribuan Barang Milik Negara (BMN) hasil penindakan Kantor Bea Cukai. (Foto: MC Kab Sukoharjo)

Peristiwa

Ribuan Barang Hasil Penindakan Bea Cukai Senilai Rp1,8 Miliar Dimusnahkan