Home / Peristiwa

Selasa, 7 Desember 2021 - 16:00 WIB

Banjir Rob Genangi Sejumlah Kelurahan di Wilayah Kota Medan

Banjir rob terjadi di sejumlah kelurahan yang berada di wilayah administrasi Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, pada Selasa (7/12/2021), pukul 01.30 WIB. (Foto: BPBD Kota Medan)

Banjir rob terjadi di sejumlah kelurahan yang berada di wilayah administrasi Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, pada Selasa (7/12/2021), pukul 01.30 WIB. (Foto: BPBD Kota Medan)

NYATANYA.COM, Medan – Banjir rob terjadi di sejumlah kelurahan yang berada di wilayah administrasi Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, pada Selasa (7/12/2021), pukul 01.30 WIB. Rob dipicu oleh pasang air laut.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D. dalam siaran persnya menjelaskan, wilayah terdampak tersebar di 6 kelurahan, yaitu Kelurahan Belawan I, Belawan II, Sicanang, Bahari, Bahagia dan Bagan Deli.

Sebanyak 14.929 KK atau 60.102 jiwa terdampak banjir rob ini. Menyikapi kondisi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan melakukan upaya darurat untuk melakukan pemantauan kawasan terdampak banjir rob.

Baca juga   Minta BNPB Berbenah, Ini 5 Arahan Presiden Jokowi pada Rakornas PB 2022

Pihak BPBD telah berkoordinasi dengan aparat kelurahan dan menyiagakan personel serta peralatan evakuasi apabila kondisi banjir memburuk. Peristiwa ini tidak mengakibatkan korban jiwa maupun warga mengungsi.

Personel BPBD Kota Medan juga mengimbau warga untuk tetap siaga menghadapi potensi kenaikan debit air secara tiba-tiba. Berdasarkan pantauan prakiraan cuaca pada siang ini, wilayah Kota Medan masih berpotensi hujan ringan. Sedangkan esok dan lusa, cuaca berpeluang cerah berawan hingga berawan.

Baca juga   Kapolda Riau: Perambahan Hutan di Cagar Biosfer Harus Dihentikan

Sementara itu, sebanyak 21 kecamatan di Kota Medan berada pada potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Kecamatan Medan Belawan yang berbatasan dengan perairan berada dalam wilayah dengan potensi bahaya tersebut.

Menyikapi kondisi cuaca di musim hujan atau potensi pasang air laut, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Biro Humas Kementerian BUMN)

Peristiwa

Forum Humas BUMN Diminta Petakan Brand Position Perusahaan
Petani padi milenial budi daya padi lokal organik Sri Mulyo di Desa Kalisalak Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Petani Milenial Kalisalak Budi Daya Padi Lokal Organik Sri Mulyo
BNPB bersama pemerintah daerah menargetkan warga yang masih berada di pos-pos pengungsian dapat menempati huntap dan huntara pada tahap pertama sebelum Lebaran. (Foto: BNPB)

Peristiwa

Warga Terdampak Erupsi Semeru Ditargetlan Tempati Huntap dan Huntara sebelum Lebaran

Peristiwa

Bangkitkan Semangat 45, Bupati Kudus Hartopo Bagikan 10 Ribu Bendera Merah Putih
Kepala Desa Sendang, Sukamto Priyowoyoto. Pihaknya senantiasa berkomitmen melakukan transparansi sistem pemerintahan sesuai amanat Undang-undang Negara republik Indonesia. (Foto:Diskominfo Wonogiri)

Peristiwa

Tembus 10 Besar, Desa Sendang Siap Berkompetisi di Ajang KIP Nasional
Polisi melakukan olah TKP kecelakaan di Kalibawang, Rabu (6/4/2022). Foto: Dok. Polres Kulon Progo

Peristiwa

Kecelakaan Motor Juga Terjadi di Kalibawang, Satu Orang Meninggal Dunia
Gebyar Kangen Jogja yang digelar Gedung SMESCO Jakarta, diharapkan melahirkan bussines mathcing antara pelaku usaha UMKM dengan kalangan industri yang ada di Jakarta, seperti industri farmasi, perhotelan, dan pusat perdagangan besar. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Gelar Gebyar Kangen Jogja, UMKM Jogja Incar Buyer Tingkat Nasional
Lokasi gantung diri di Pasar Hewan Pengasih Kulon Progo diberi garis Polisi. Pihak berwajib masih menyelidiki kasus bunuh diri yang menggegerkan warga itu. (Foto: Dok.Polres Kulon Progo)

Peristiwa

Gegerkan Warga Kulon Progo, Pensiunan Guru Gantung Diri di Pasar Hewan