Home / News

Minggu, 25 Juli 2021 - 15:42 WIB

Bantu Tangani Pasien Isoman, Pemda DIY Rekrut Nakes dari Fakultas Kedokteran

Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Guna membantu menangani pasien isolasi mandiri (isoman) di tengah meloncaknya kasus corona. Pemda DIY akan melakukan perekrutan tenaga kesehatan (nakes) dari berbagai fakultas kedokteran dari perguruan tinggi di DIY.

Hal ini diungkapkan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menghadiri rakor perekrutan nakes daring dan luring di Gedhong Pracimosono Komplek Kepatihan, pada Sabtu (24/7/2021).

“Dari fakultas kedokteran kami berharap untuk bisa menyediakan kemungkinan tenaga, untuk kami bagi di kabupaten/kota,” ungkap Sri Sultan.

Kehadiran nakes untuk mengawasi dan menangani pasien isoman di DIY sangat dibutuhkan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang lebih memilih tinggal di rumah daripada di shelter yang telah disediakan.

Di Kabupaten Kulon Progo telah tersedia sebanyak 246 shelter dengan daya tampung 1.278 pasien. Namun, dalam satu hari hanya 8 pasien yang mengisi shelter tersebut.

Baca juga   Bank Indonesia dan Bank Negara Malaysia Sepakat Perbarui Perjanjian Swap Bilateral Mata Uang Lokal

Hal yang serupa terjadi di Gunungkidul, di mana dalam shelter yang mampu menampung 100 orang, hanya terisi 1 pasien saja. Mayoritas masyarakat lebih memilih melakukan isoman meskipun di shelter sudah disediakan obat-obatan dan pengawasan dari nakes.

Hal ini menjadi permasalahan karena kondisi rumah tidak memenuhi kelayakan untuk melakukan karantina. Seperti misalnya ketersediaan kamar mandi. Penggunaan kamar mandi bersama akan membahayakan, di mana pasien isoman dapat menularkannya pada anggota keluarga lain.

Selain itu, asupan gizi dan vitamin pasien juga tidak tercukupi. Pasien isoman yang tidak berada dalam pengawasan nakes, jika kondisinya memburuk tidak dapat segera memperoleh perawatan seperti halnya di shelter.

Baca juga   Pasca Banjir Bandang di Cilacap, Warga Mulai Bersihkan Lumpur dan Sampah

Pelibatan calon dokter dalam menangani pasien Covid-19 telah dilaksanakan oleh beberapa universitas. Di antaranya yaitu melakukan monitoring dan memberikan layanan konsultasi secara daring di bawah pengawasan dokter penanggung jawab.

Dengan adanya perekrutan calon dokter ini, diharapkan pasien isoman dapat memperoleh perawatan yang layak. Nakes dapat melakukan pengecekan dan pengawasan door to door bagi pasien isoman.

Meski begitu, Sri Sultan tetap mendorong agar pasien isoman baik yang bergejala ringan maupun sedang dapat segera pindah ke shelter yang telah disediakan. Dengan demikian, pasien dapat memperoleh perawatan yang dibutuhkan serta mengurangi risiko penularan di lingkungan rumah. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo minta pembatasan kegiatan di level desa. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Evaluasi PPKM Darurat, Ganjar: Kunci Pergerakan dari Desa
Presiden Joko Widodo ketika meninjau Sirkuit Mandalika MotoGP, Kamis (13/1/2022). (Foto: BPMI SETPRES)

News

Presiden: Februari 2022 Persiapan MotoGP Mandalika Selesai
Foto Biro Humas DPR

News

Forum Parlemen Dunia Apresiasi untuk Indonesia di IPU ke-144

News

Pemkab Kulon Progo Larang Kendaraan Dinas untuk Mudik
Foto: Puspenkum

News

Kejagung Periksa Empat Saksi Kasus Ekspor CPO
Tim Jaksa eksekutor pada Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan melaksanakan eksekusi terhadap amar putusan pidana uang pengganti yang dibebankan kepada PT Indosat Mega Media (IM2) sebesar Rp1.358.343.346.674 dalam perkara atas nama terpidana Indar Atmanto. (Foto: dok. Puspenkum)

News

Jaksa Eksekusi Uang Pengganti Perkara Korupsi IM2
Pelayanan Bus Trans Jateng di Halte Terminal Borobudur Kabupaten Magelang. (Foto: Ist/beritamagelang)

News

Kalahkan Libur Lebaran, Penumpang Bus Trans Jateng Memuncaki Rekor pada Libur Waisak
PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) meluncurkan Kereta Api baru KA Airlangga jurusan Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pergi-pulang. (Foto: PT KAI)

News

KAI Luncurkan KA Airlangga Rute Pasar Senen – Surabaya