Home / Wisata

Selasa, 6 Desember 2022 - 23:04 WIB

Banyak Event di Akhir Tahun, Bukti Pariwisata Yogya Kian Menggeliat

Foto: Humas Pemkot Yogya

Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Blitar yang dipimpin oleh Wakil Wali Kota Blitar Tjutjuk Sunaryo beserta rombongan, Selasa (6/12/2022).

Tujuan dari kunjungan ini sebagai studi tiru ke Kota Yogyakarta di bidang pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pada kesempatan tersebut Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengungkapkan, optimis di akhir tahun jumlah wisatawan mencapai 7 juta pengunjung.

“Alhamdulillah hingga akhir tahun hotel-hotel full booked di Kota Yogyakarta ataupun sekitarnya. Per 1 Oktober kemarin sudah tercatat 5,8 juta orang yang datang ke Kota Yogyakarta,” jelas Sumadi sebagaimana dikutip dari portal resmi Pemkot Yogya.

Pihaknya yakin jumlah tersebut akan terus bertambah hingga di bulan Desember dengan target 7 juta pengunjung.

“Jadi, kami optimis sampai bulan Desember, terutama banyak event di bulan tersebut, salah satunya adalah pernikahan putra Presiden yang sangat berdampak di Kota Yogyakarta,” ujarnya.

Baca juga   Dukung Pariwisata Yogya, Pertamina Serahkan Posko Gumaton

Sumadi mengatakan, laporan dari PHRI untuk hotel-hotel yang ada di Kota Yogyakarta bagian utara sudah terisi sekitar 80 persen, lalu di tengah 70 persen, dan di selatan 60 persen. 

“Jadi hotel-hotel di Kota Yogyakarta sudah full-booked mulai tanggal 1 Desember kemarin hingga nanti tanggal 12 Desember 2022. Lalu dari teman-teman pengusaha rental kehabisan stok, bahkan ada permintaan mereka harus menyediakan 40 mobil alphard, tetapi tidak bisa terpenuhi,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya menggiatkan potensi wisata agar dapat bersaing dengan menggandeng atau bersinergi dengan kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta.
“Kalau masalah destinasi wisata, itu tempatnya kebanyakan di kabupaten. Sehingga fokus kami adalah meningkatkan wisata dalam balutan sosio-kulturalnya,” katanya.

Ia berharap untuk Kabupaten Blitar juga mengembangkan objek wisatanya terutama lokasi-lokasi yang bersejarah, dimana ada makam pahlawan seperti Ir Soekarno, Supriyadi serta tempat-tempat lainnya agar menjadi potensi yang luar biasa. 

Baca juga   Budidaya Ikan Koki Jadi Primadona dan Hoki di Masa Pandemi

Tak hanya itu, potensi UMKM di Kota Yogyakarta seperti ecoprint, jumputan dan lain sebagainya juga menjadi daya tarik yang menjadi satu bagian untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Semenetara itu, Wakil Wali Kota Blitar Tjutjuk Sunaryo saat sambutan mengatakan, terimakasih atas penerimaannya dan saran serta masukan dari Pemerintah Kota Yogyakarta.

Ia berharap potensi yang ada di Kota Yogyakarta akan ditiru di Kota Blitar agar ke depannya menjadi lebih baik lagi di sektor pariwisata dan UMKM.

“Kami betul-betul merasa senang bisa diterima di Kota Yogyakarta. Tujuan utamanya untuk silaturahmi. Selain itu, kami ingin mempelajari segala sesuatu dimana keadaan di Yogyakarta ini sudah sangat kondusif terutama pada sektor pariwisatanya sudah maju dan sektor UMKM,” ujarnya.

Ia berharap, akan terus mengembangkan potensi-potensi yang ada sehingga Kota Blitar juga menjadi tujuan wisata seperti di Kota Yogyakarta.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Rawon legendaris di Warung Kiroman. (Foto: MC Kota Malang)

Wisata

Menikmati Rawon dan Soto Kiroman yang Melegenda di Kota Malang
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menerima secara simbolis bantuan posko Gumaton dari Pertamina. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Dukung Pariwisata Yogya, Pertamina Serahkan Posko Gumaton
'Fahrudin Sapu' kini tak melulu membuat sapu lantai. Produk hiasan pun menjadi andalan. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Magelang)

Wisata

Turun Temurun Bikin Sapu Lantai, Fahrudin Sukses Kembangkan Produk Kerajinan Seni
Pemkab Batang memperingati 1 Muharram 1444 Hijriah melakukan penjamasan Pusaka Tombak Abirawa di Pendopo Kabupaten Batang, Jumat (29/7/2022) malam. Foto: MC Batang

Wisata

Begini Prosesi Penjamasan 70 Pusaka Tombak Abirawa Batang Malam Satu Suro
Es Teler Dempo No 7 ini sudah berjualan sejak tahun 1978. Pemilik kedai yang merupakan generasi ketiga, Adi Firmansyah, menuturkan bahwa, kedai es ini sudah turun temurun dikelola mulai dari neneknya, kemudian ibunya, lalu kini dia sendiri yang mengelolanya. (Foto: MC Kota Malang)

Wisata

Mencicipi Segarnya Es Teler Dempo No 7 yang Legendaris di Kota Malang
Galeri Sani Pottery merupakan tempat produksi kerajinan berbahan baku tanah liat, sekaligus wisata edukasi. Foto: Diskominfo Jateng

Wisata

Melihat dari Dekat Geliat Perajin Gerabah di Borobudur, Makin Ramai Karena Lakukan Ini
Tradisi sebar apem Ya Qowiyyu di Kelurahan Jatinom, Kecamatan Jatinom bakal kembali digelar, pekan depan. Foto: Diskominfo Klaten

Wisata

Tradisi Sebar Apem Yaa Qowiyyu Jatinom Digelar, Ini Hari dan Tanggalnya Lur
Indonesian Gastronomy Community (IGC) menyelenggarakan serangkaian acara Gastronosia Borobudur 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 29 – 31 Oktober 2021 di Magelang dan Yogyakarta. (Foto:InfoPublik.id)

Wisata

“Perjamuan Shima” Pungkasi Acara Gastronosia Borobudur 2021