Home / Olga

Senin, 11 Oktober 2021 - 11:25 WIB

Banyak Pecah Rekor, Menpora Puji Semangat Atlet PON di Tengah Pandemi

Menpora Zainudin Amali dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw berpose bersama pemenang renang gaya dada 200 meter PON XX di Kolam Aquatik Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (10/10/2021). (Foto: PB PON XX 2021/Rahmat Takbir)

Menpora Zainudin Amali dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw berpose bersama pemenang renang gaya dada 200 meter PON XX di Kolam Aquatik Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (10/10/2021). (Foto: PB PON XX 2021/Rahmat Takbir)

NYATANYA.COM, Jayapura – Menpora Zainuddin Amali, memberikan apresiasi kepada para atlet yang berhasil memecahkan rekor di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Sedikitnya ada empat rekor PON dipecahkan di cabang olahraga (Cabor) Renang dan Atletik.

Menpora Amali mengatakannya usai menyaksikan pertandingan babak final Renang Gaya Dada Putra dan Putri 200 Meter di kolam Aquatik, kawasan Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Minggu (10/10/2021).

“Ini luar biasa semangat dari para atlet di tengah situasi pandemi tapi masih ada pemecahan rekor,” ucap Menpora.

Menurutnya, jika dalam situasi normal ada pemecahan rekor itu murupakan hal yang biasa. Namun saat ini di tengah situasi pandemi Covid-19 lalu ada pemecahan rekor tentunya menjadi hal yang luar biasa.

“Masih ada pemecahan rekor saat situasi pandemi. Berarti keinginan atlet untuk berprestasi sangat luar biasa,” tutur Menpora Amali.

Seperti diketahui, selama masa pandemi Covid-19 kurang lebih dua tahun, aktivitas latihan oleh para atlet dibatasi. Agenda Kejuaraan Nasional (Kejurnas) bahkan ada yang ditiadakan. Tentunya berpengaruh pada persiapan atlet dalam menghadapi PON XX Papua.

Baca juga   Tiga Rekor Dunia, 11 Rekor Nasional Pecah di Cabor Angkat Besi PON XX Papua

Sementara itu menyoal fasilitas venue aquatik setelah PON XX Papua 2021, Menpora meminta kepada pemerintah daerah Papua agar tetap difungsikan.

“Harus ada kegiatan, gelar event Kejurnas disini, sehingga fasilitas ini dimanfaatkan. Venue yang hebat ini bisa bermanfat untuk Papua. Terutama dapat mencetak talenta bakat yang luar biasa dari tanah ini,” kata Menpora.

Pemecahan rekor baru PON Papua untuk renang gaya dada 200 meter putra diraih perenang DKI Jakarta, Gagarin Nathaniel Yus dengan catatan waktu 2 menit 17,81 detik.

Catatan waktu ini lebih lama dari rekor nasional yang masih dipegangnya yaitu 2 menit 15,36 detik.

Sedangkan rekor baru PON gaya dada 200 meter putri dipegang Ressa Kania Dewi dari Jawa Timur dengan catatan waktu 2 menit 33,97 detik.

Pemecahan rekor juga tidak hanya terjadi di cabang Akuatik. Sampai pertandingan hari kedelapan PON Papua, yang dihitung setelah acara pembukaan pada 2 Oktober lalu, diwarnai dua pemecahan rekor PON di lintasan atletik GOR Mimika Sport Complex, Minggu (10/10/2021).

Baca juga   Bupati Cilacap Pecahkan Rekor MURI Jalan Pagi 300 Km

Pemecahan rekor tersebut terjadi di nomor lari 400 meter gawang putra, serta nomor lempar martil putra.

Yang cukup unik, terdapat tiga atlet sekaligus yang memecahkan rekor PON di nomor 400 meter tersebut, yaitu Halomoan Edwin Binsar Simanjuntak dari Jawa Barat, dan M. Khairuddin Syahputra dari Sumatera Utara dan Andrian dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

Halomoan merebut medali emas sekaligus memecahkan rekor dengan catatan waktu 51,33 detik, disusul M. Khairuddin Syahputra (51,75 detik) dan Andrian (51,77 detik).

Rekor PON nomor 400 meter gawang putra sebelumnya dipegang oleh Andrian dengan catatan waktu 51,83 detik yang dia torehkan pada PON XIX Jawa Barat 2016 dan dengan demikian, Andrian berhasil mempertajam catatan waktunya di pesta olahraga nasional empat tahunan itu. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menpora Zainudin Amali secara resmi mengukuhkan dan melepas Kontingen Indonesia untuk mengikuti Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Menpora Amali Resmi Kukuhkan dan Melepas Kontingen Paralimpiade Tokyo 2020
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih melepas pemberangkatan Atlet PON 2021 dari Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Olga

33 Atlet Bantul Siap Berlaga di PON XX Papua
Ketua Umum Sub PB PON Klaster Merauke, Romanus Mbaraka didampingi Forkopimda Kabupaten Merauke secara resmi membuka PON XX Papua 2021 Klaster Merauke. (Foto:MCMerauke)

Olga

Diawali Cabor Wushu, PON XX Papua Klaster Merauke Resmi Dibuka
Menpora Amali saat menjadi narasumber pada acara live dialog Indonesia Bicara, TVRI. (Foto:nyatanya.com/Kemenpora)

Olga

Indonesia Akan Bangun Trainning Camp Olahraga Berstandar Internasional
Tim sepak takraw kontingen Provinsi Jawa Tengah jalani sesi pemusatan latihan. (Foto: Diskominfo Jepara)

Olga

Sepak Takraw Jateng Optimis Raih Emas di PON Papua
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengawal langsung keberangkatan kontingen PON Jawa Tengah ke Papua. (Foto:Humas Jateng)

Olga

Ganjar Kawal Langsung Atlet PON XX Jateng ke Papua
Ratri adalah juara dunia para badminton di tiga nomor yakni tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. (Foto:dok/npcindonesia/kemenpora.go.id)

Olga

Leani Ratri dan ‘Ritual’ Bendera Merah Putih yang Selalu Dibawanya
Pelari putri DKI Jakarta Odekta Elvina Naibaho (tengah), bersama pelari putri DKI Jakarta Tryaningsih (kiri) dan pelari Sulawesi Selatan Fitri (kanan) memperlihatkan medalinya saat pengalungan medali nomor lari 5.000 meter Putri PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (5/10/2021). Odekta Elvina meraih medali emas sementara Tryaningsih meraih medali perak dan Fitri meraih medali perunggu. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/YU)

Olga

Klasemen Sementara PON XX, Jabar Gusur Tuan Rumah