Home / Peristiwa

Selasa, 12 April 2022 - 14:50 WIB

Bapak Satu Ini Payah, Ngajak Anak Nyolong Sapi Limosin di Sleman

Tersangka BS (48) dihadirkan dalam konferensi pers atas tindakannya mencuri sapi di wilayah Minggir, Sleman bersama anaknya. (Foto: Istimewa)

Tersangka BS (48) dihadirkan dalam konferensi pers atas tindakannya mencuri sapi di wilayah Minggir, Sleman bersama anaknya. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Sleman – Bapak satu ini benar-benar tak patut jadi contoh. Bagaimana tidak, SD (48) warga Magelang ini justru mengajak anak kandungnya sendiri IS (16) melakukan pencurian.

Tak tanggung-tanggung mereka bersama rekannya, BS (41) warga Wonosobo mencuri 2 ekor sapi Antonius Sumantoro (59) warga Kampung Tengahan XI RT 01/24, Sendangagung, Minggir, Sleman.

Namun apes, belum sempat menikmati hasil kejahatanya, keduanya berhasil diringkus polisi. BS yang menjadi otak pencurian berhasil kabur.

“Kedua tersangka SD dan IS diamankan di daerah Seyegan, sedangkan BS kabur. Mereka ditangkap dalam perjalanan ke Turi membawa sapi, saat ban mobil pikup bocor,” kata Kapolsek Minggir AKP Noor Dwi Cahyanto dalam konferensi pers, Selasa (12/4/2022).

Pencurian itu berawal saat tersangka BS mengajak SD dan IS untuk melakukan pencurian sapi. Ketiganya yang merupakan teman kerja ini lantas merencanakan untuk melakukan aksi pencurian di Sendangagung Minggir, Kamis (7/4/2022).

Baca juga   Targetkan Transaksi Rp800 Miliar, Solo Great Sale 2021 Resmi Dibuka

Mereka sengaja menyasar wilayah Minggir, karena SD merupakan warga Minggir yang kini sudah menetap tinggal di Secang Magelang.

Ketiganya kemudian menuju lokasi sesuai dengan arahan SD. Sesampainya di lokasi, mobil yang di kemudikan IS diparkiran tidak jauh dari kandang milik korban. Tersangka SD dan IS lantas mengawasi situasi.

Sementara tersangka BS berjalan sendiri ke arah kandang sapi, sekitar 20 menit kembali berjalan ke arah mobil dengan menuntun dua ekor sapi.

Ketiganya langsung menaikan sapi ke atas mobil pikup yang sudah dipersiapkan. Namun, ditengah jalan mobilnya mengalami kempes ban.

“Saat kempes ban itu mereka butuh waktu untuk mengganti ban. Saat bersamaan ada anggota polisi dari Polsek Seyegan yang sedang melakukan patroli,” terang Kapolsek.

Baca juga   Kikan Namara, Music Director di Balik Sukses Pagelaran Sabang - Merauke

Menurutnya, pencurian sapi baru diketahui oleh pemiliknya saat pagi hari.

“Sekitar pukul 07:15 WIB korban akan memberi makan sapinya. Namun, ia kaget karena mendapati dua sapinya tidak ada di kandang,” ucapnya.

Kepada wartawan tersangka mengaku jika dua sapi itu akan dijual ke kasawan Turi Sleman.

“Saya tidak tahu pak mau dijual berapa. Kawan saya yang kabur itu yang akan jual. Saya dengarnya sapi itu akan dijual ke Turi,” tutur SD.

Turut diamankan sebagai barang bukti, satu mobil pikup nomor polisi AB 8319 BU warna putih, serta dua ekor sapi jenis Limosin senilai Rp38 juta.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 ayat (1) ke 1e dan 4e KUHP Jo Pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Isi ulang oksigen gratis disambut baik warga masyarakat di tengah situasi sulit saat ini. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Yesy Sumringah Bisa Isi Ulang Oksigen Gratis
Menkominfo Johnny G. Plate dalam acara puncak Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021. (Foto:Biro Humas Kementerian Kominfo)

Peristiwa

Ini Dia Pemenang Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021
Para tersangka penyalahgunaan narkoba ditahan di Polres Sleman. Foto: Ist/YP

Peristiwa

Satu Perempuan Cantik dan 7 Pria Ditangkap Polres Sleman karena Narkoba
Sejumlah agenda mewarnai peringatan HPN 2022 di Magelang, salah satunya Ziarah ke makam Almarhum Budiharjo selaku mantan Menteri Penerangan di Era Orde Baru, Rabu (9/2/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ziarah Makam Almarhum Menteri Penerangan Warnai HPN 2022 di Kabupaten Magelang

Peristiwa

Cabuli 3 Anak Dibawah Umur, Kakek Usia 63 Tahun Ditangkap Polres Tangsel
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai menandatangani kontrak pemesanan dua pesawat Airbus A400M. (Foto: Airbus Defence)

Peristiwa

Kemhan Tandatangani Kontrak Pemesanan 2 Pesawat Airbus A400M untuk TNI AD
Sekda Jawa Tengah, Sumarno. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Wujudkan Generasi Emas 2045, Pemprov Jateng Gencarkan Program Cegah Stunting
KKP melakukan penghentian kegiatan penambangan pasir yang tidak dilengkapi dengan Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL) di perairan Pulau Rupat, Kepulauan Riau. (Foto: KKP)

Peristiwa

KKP Hentikan Penambangan Pasir Laut Ilegal di Perairan Pulau Rapat