Home / Wisata

Senin, 4 Oktober 2021 - 08:10 WIB

Baru di Magelang, Wisata Adventure Lembah Tapal Batas Mesir

Wisata Adventure Lembah Tapal Batas Mesir hadir untuk wisatawan yang menyukai tantangan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata Adventure Lembah Tapal Batas Mesir hadir untuk wisatawan yang menyukai tantangan. (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Satu lagi destinasi wisata baru yang menawarkan sensasi petualangan di Magelan. Adalah wisata alam Lembah Tapal Batas Mesir yang menawarkan sensasi petualangan baru di masa pandemi covid-19 dengan memadukan Jeep Adventure, resto dan kedai kopi.

Wisata yang dikelola para pemuda kreatif Kricaan Mesir ini dibuka secara simbolis oleh Kepala Disparpora Kabupaten Magelang melalui Kabid Pemasaran Dan Kelembagaan Gunawan Andi, Sabtu (2/10/2021).

“Di sini ada jalur off-road extrim dan fun. Semuanya menyusuri sungai Krasak,” kata Deni, ketua pengelola Lembah Tapal Batas Mesir, Minggu (3/10/2021).

Wisata yang berada di perbatasan Magelang-Yogyakarta tersebut menjadi rute wisata baru di jalur menuju Candi Borobudur. Sejumlah personil dari Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Magelang, Ketua Forum DTW Kabupaten Magelang, Komunitas Wisata Pesona Magelang, Komunitas Explore Magelang Selatan dan Komunitas Offroader di Kabupaten Magelang telah mencoba rute wisata anyar ini.

Baca juga   Kakorlantas Tinjau Penyekatan di Perbatasan Magelang dan Yogyakarta

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, dan untuk kapasitas maksimum di tempat kami dapat menampung sebanyak 5 bis besar,” lanjut Deni.

Ketua Forum DTW Kabupaten Magelang, Edwar Alfian memberikan apresiasi kepada panitia dan pemuda setempat yang sudah berinisiatif membuat wisata alam Lembah Tapal Batas Mesir.

Menurutnya destinasi ini nantinya akan menjadi pintu gerbang pariwisata Jawa Tengah di Magelang karena lokasinya ada di perbatasan Magelang-Jogja. Sehingga keberadaanya harus terus diperkuat agar potensi wisata di perbatasan wilayah semakin berdaya saing. Hal itu juga membuka harapan pelaku wisata di kawasan perbatasan Magelang untuk dapat bergeliat.

Baca juga   Sepeda Elektrik dan Scooter Ramaikan Wisata Malam Candi Borobudur

“Yang menarik di sini adalah adanya kuliner khas berupa olahan kambing dan minuman kopi asli berasal dari masyarakat sekitar. Namanya Kopi Tugu Ireng,” lanjut Edward.

Selain kuliner, menurut Edward, track Jeep yang disuguhkan juga menarik karena dapat secara penuh menyusuri aliran Sungai Krasak, tidak hanya menyeberang sungai.

Dia berharap Wisata Alam Lembah Tapal Batas Mesir nantinya dapat mewarnai dan alternatif pariwisata ketika Borobudur sudah kembali ramai. Karena menurutnya Kabupaten Magelang harus banyak menyediakan alternatif wisata mengingat Candi Borobudur saat ini dapat dinaiki secara terbatas.

“Menariknya, track Jeep ini bisa full menyusuri sungai Krasak. Dan finishnya nanti berada di Gerojogan Mesir Sungai Krasak, ini menarik,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Kerajinan wayang kayu yang diproduksi Pipit Dwi Ernawati bersama suaminya. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Wisata

Wayang Kayu Asal Madiun Makin Moncer di #LapakGanjar
Wisata Pantai Bletok berada tepat di pinggir jalan lintas Situbondo-Banyuwangi. (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata

Keren..! Nikmati Sunrise dan Sunset di Pantai Bletok Situbondo
Warung sego kikil Mojosongo Jombang jadi ikon wisata kuliner. (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata

Ajib Bangettt! Sego Kikil Mojosongo Jombang yang Bikin Ketagihan
Desa Wisata Sumberbulu mengusung konsep memberdayakan masyarakat sekitar, baik dari kalangan karang taruna, petani, dan pelaku UMKM. (Foto:Diskominfo Jateng)

Wisata

Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Masuk 50 Besar Pilihan Kemenparekraf
Penyerahan hadiah secara simbolis dari Kepala Bidang Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata, Gunawan Andi, di Tourist Information Centre (TIC), Kabupaten Magelang. (Foto:nyatanya.com/Humas Kab.Magelang)

Wisata

“Dari Perjalanan Biji Kopi Hingga Coffee With A View” Menangi Lomba Menulis Wisata Magelang
Taj Yasin Maimoen saat memberi sambutan secara virtual pada Pertemuan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab se-Jawa Tengah, dan Kompetensi Bahasa Arab Nasional ke-4 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Kembangkan Wisata Halal, Gus Yasin Dorong SDM Kuasai Bahasa Arab
Grafis: nyatanya.com

Wisata

Jogja International Batik Biennale Kembali Digelar
Gibran Rakabuming Raka mencoba mobil listrik wisata bantuan dari Yayasan Tahir Foundation di komplek Balaikota Surakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Wisata

Asikkk, Solo Kini Punya Mobil Listrik Wisata Lur