Home / News

Rabu, 23 Juni 2021 - 22:44 WIB

Baru Saja, Gunung Merapi 2 Kali Luncurkan Awan Panas

Penampakan aktivitas Gunung Merapi Rabu (23/6/2021) pukul 21.40 WIB.(Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

Penampakan aktivitas Gunung Merapi Rabu (23/6/2021) pukul 21.40 WIB.(Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

NYATANYA.COM, Sleman – Gunung Merapi kembali menyemburkan awan panas, Rabu (23/6/2021) pukul 21.38 WIB dan pukul 21.51 WIB. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta dalam siarannya di Twitter mencatat Gunung Merapi dua kali meluncurkan awan panas guguran.

Awan panas guguran Merapi pukul 21.38 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 45 mm dengan durasi 94 detik. Jarak luncur 1.000 m ke barat daya. Awan panas kedua pada pukul 21.51 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 25 mm dan durasi 62 detik, dengan jarak luncur 1.000 m ke arah barat daya.

Baca juga   Mensos Risma Geram! Anak SD Jadi Korban Asusila Ayah Tiri dan Ibu Kandungnya

Sampai saat ini status Gunung Merapi masih Siaga (level III). BPPTKG juga menginformasikan, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya. Meliputi Kali Kuning, Boyong, Krasak, Bebeng, dan Kali Putih sejauh maksimal 5 kilometer. Serta sektor tenggara meliputi sungai Gendol sejauh 3 km.

Baca juga   Jakarta Penyumbang Terbanyak Penambahan Kasus Covid-19, DIY Naik 51 Kali Lipat dalam Waktu 6 Minggu

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. Diimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. (N1)

Share :

Baca Juga

Pemkot Yogyakarta telah mempersiapkan beberapa aturan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Malioboro. (Foto: Agoes Jumianto)

News

Jika PPKM Tak Diperpanjang, Ini Aturan Wisatawan Berkunjung ke Malioboro
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri Sumber Daya Malaysia, Dato' Sri M. Saravanan Murugan menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Sektor Domestik di Malaysia, JUmat (1/4/2022) di Jakarta. (Foto: InfoPublik)

News

Indonesia – Malaysia Tandatangani Kerja Sama Perlindungan Pekerja Migran
Vaksin Moderna yang masuk dalam tahap ke-108 ini tiba Sabtu (30/10/2021) pukul 10.10 WIB di Bandara Soekarno Hatta. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

News

Tahap 108, Sebanyak 819.600 Dosis Vaksin Moderna Tiba di Tanah Air
Area Manager Communications, Relations & Corporate Social Responsibality Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho. (Foto: ANTARA)

News

Pertamina Jamin Pasokan BBM di DIY Aman Hingga Masa Arus Mudik Lebaran
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Jateng Retno Sudewi. (Foto:Diskominfo Jateng)

News

Pemprov Jateng Akan Dampingi Anak Korban Perceraian
Patroli Polsek Kunduran melaksanakan Patroli di kantor perbankan dan beberapa gerai ATM di wilayah setempat. (Foto: MC Kab. Blora/Andri)

News

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek Kunduran Intensif Patroli Kantor Perbankan
Satlantas Polres Blora melakukan operasi terkait penggunaan knalpot blombongan alias tak sesuai standar. Hal ini dilakukan karena banyaknya laporan masyarakat yang terganggu akibat suara bising knalpot blombongan. (Foto: MC Kab. Blora)

News

Satlantas Polres Blora Jaring 180 Motor dengan Knalpot Blombongan
Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi di halaman Mapolres Batang. (Foto: Diskominfo Batang)

News

Operasi Patuh Candi 2021, Humanisme Jadi Fokus Aksi