Home / News

Rabu, 23 Juni 2021 - 22:44 WIB

Baru Saja, Gunung Merapi 2 Kali Luncurkan Awan Panas

Penampakan aktivitas Gunung Merapi Rabu (23/6/2021) pukul 21.40 WIB.(Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

Penampakan aktivitas Gunung Merapi Rabu (23/6/2021) pukul 21.40 WIB.(Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

NYATANYA.COM, Sleman – Gunung Merapi kembali menyemburkan awan panas, Rabu (23/6/2021) pukul 21.38 WIB dan pukul 21.51 WIB. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta dalam siarannya di Twitter mencatat Gunung Merapi dua kali meluncurkan awan panas guguran.

Awan panas guguran Merapi pukul 21.38 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 45 mm dengan durasi 94 detik. Jarak luncur 1.000 m ke barat daya. Awan panas kedua pada pukul 21.51 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 25 mm dan durasi 62 detik, dengan jarak luncur 1.000 m ke arah barat daya.

Baca juga   Angin Kencang Terjang Enam Desa di Madiun

Sampai saat ini status Gunung Merapi masih Siaga (level III). BPPTKG juga menginformasikan, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya. Meliputi Kali Kuning, Boyong, Krasak, Bebeng, dan Kali Putih sejauh maksimal 5 kilometer. Serta sektor tenggara meliputi sungai Gendol sejauh 3 km.

Baca juga   Siap-siap Harga Tempe Naik, Pemerintah Jaga Stabilitas Harga Kedelai Nasional

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. Diimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. (N1)

Share :

Baca Juga

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Bogor Bima Arya soan ke rumah dinas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kamis (14/10/2021). (Foto: Humas Jateng)

News

Sowan Gubernur Ganjar, Apa yang Dibicarakan Gibran dan Bima Arya?
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menghadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 secara daring pada Selasa (14/9/2021) di Ruang IDMC, didampingi Inspektur DIY Wiyos Santoso dan Kabid Akuntansi BPKA DIY Endrawati Utami.

News

DIY Raih Penghargaan Opini WTP Sepuluh Kali Berturut-turut
Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi sekaligus menjadi vaksinator. (Foto: Diskominfo Sragen)

News

Dukung PTM, Pemkab Sragen Mulai Vaksinasi Pelajar
Foto: BMKG

News

Gempa M 5.0 Guncang Maluku Tak Berpotensi Tsunami, Waspada Gempa Susulan
Kementerian Ketenagakerjaan mengajak para delegasi EWG untuk melihat industri pengolahan kerajinan di Dowa Bag and Factory. (Foto: Ist/InfoPublik)

News

Kemnaker Ajak Delegasi EWG G20 Kunjungi Usaha Kerajinan di Yogyakarta
Bus pariwisata GA Trans, dengan nomor polisi AD 1507 EH mengalami kecelakaan tunggal di sekitar bukit Bego, Padukuhan Kedungbueng, Kelurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Minggu (6/2/2022) pukul 14.00 WIB. (Foto: TRC BPBD DIY)

News

Bus Pariwisata dari Sukoharjo Tabrak Tebing di Imogiri, 13 Orang Meninggal Dunia
Presiden Jokowi beserta rombongan terbatas meninjau langsung Persemaian Mentawir, di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/03/2022). (Foto:BPMI Setpres/Laily Rachev)

News

Presiden: Mengawali Pembangunan IKN dengan Merehabilitasi Hutan
Presiden Joko Widodo memastikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak akan naik dalam waktu dekat. (TribrataNews/ Dok.RRI)

News

Presiden Jokowi Pastikan Harga BBM Tak Naik