Home / News

Selasa, 26 Juli 2022 - 18:20 WIB

Bawaslu Akan Kawal Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024

Foto: ANTARA

Foto: ANTARA

NYATANYA.COM, Jakarta – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja, menyatakan akan mengawal langsung pendaftaran partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 selama masa pendaftaran.

“Bawaslu nanti setiap hari akan ada yang hadir di KPU dalam masa pendaftaran 1 – 14 Agustus yang akan datang. Jadi, kami di Bawaslu telah membuat tim untuk proses-proses atau tahapan pendaftaran yang akan datang. Ketua merupakan koordinator seluruh pengawasan tahapan pada proses pemilu kali ini,” kata Bagja melalui keterangan tertulisnya, usai rapat koordinasi (Rakor) dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Senin (25/7/2022).

Baca juga   Tekan Kasus GGAPA, Ratusan Vial Obat Fomepizole Sudah Disebar ke 17 Rumah Sakit, Ini Datanya

Rakor tersebut terkait dengan kebijakan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyampaikan, pengumuman resmi tentang pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 yang dimulai pada 1-14 Agustus 2022, akan disampaikan pada Jumat, 29 Juli 2022.

Baca juga   Mendagri: Perubahan Sistem Politik Terjadi Sejak 1998

“Nanti, kami harapkan Mas Bagja mewakili Bawaslu pada hari Jumat juga ikut hadir di Kantor KPU dalam acara pengumuman KPU kepada publik tentang kegiatan pendaftaran parpol,” kata Hasyim.

Hasyim mengingatkan, partai-partai politik yang hendak menjadi peserta Pemilu 2024 mengenai batas akhir pendaftaran yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Presiden meresmikan peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging. (Foto: BPMI SETPRES)

News

Presiden: G20 Menunjukkan Indonesia Terdepan Pengembangan Kendaraan Listrik
Foto: Istimewa

News

Dukung Presidensi G20 Bali, Garuda Layani Kembali Penerbangan Narita – Denpasar
Ilustrasi. Foto: BMKG

News

Waspada Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang, BMKG Keluarkan Peringatan Dini di 5 Wilayah DIY
Ilustrasi, pedagang menunjukkan minyak goreng curah di Pasar Agung, Depok, Jawa Barat, Rabu (8/12/2021). Menteri Koordinator Bidang Perekonoman Airlangga Hartarto menegaskan, per 1 Februari 2022 harga minyak goreng di seluruh Indonesia sudah mengikuti ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU)

News

Mendag: Harga Minyak Goreng Dipastikan Terjangkau Masyarakat
Foto Dokumen Puskesmas Gedongtengen.

News

Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta Buka Layanan PrEP Cegah HIV
(Foto: BMKG)

News

Gempa M7,4 Guncang NTT Tidak Berpotensi Tsunami, BNPB Pantau Wilayah Terdampak
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau Kelurahan Mangkang Wetan yang terkena banjir dari luapan Kali Beringin, Semarang, Selasa (8/11/2022). Foto: Humas Jateng

News

Cegah Banjir Mangkang Wetan, Ganjar Minta BBWS Bikin Tanggul Sementara
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Istimewa/Humas Kemenag/InfoPublik)

News

Menag: Selamat Natal 2021, Jadikan Momentum Memperkuat Persaudaraan