Home / Peristiwa

Rabu, 17 November 2021 - 14:13 WIB

Bawaslu Sleman Jalin Kemitraan Pangawasan Partisipatif di Lingkungan Kampus

Penandatanganan Nota Kesepakatan kerjasama dalam hal sosialisasi pengawasan partisipatif, Bawaslu Sleman dengan STIE SBI Yogyakarta. (Foto: MC Kab Sleman)

Penandatanganan Nota Kesepakatan kerjasama dalam hal sosialisasi pengawasan partisipatif, Bawaslu Sleman dengan STIE SBI Yogyakarta. (Foto: MC Kab Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Menindaklanjuti pembicaraan antara Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman, M Abdul Karim Mustofa dengan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Solusi Bisnis Indonesia, Saifudin Zuhri mengenai program pengawasan pemilu partisisipatif, pimpinan kedua institusi tersebut sepakat menandatangani Nota Kesepakatan kerjasama dalam hal sosialisasi pengawasan partisipatif pada hari Selasa (16/11/2021).

Penandatanganan Nota Kesepakatan yang dilakukan di Ruang Rapat STIE SBI Yogyakarta disaksikan oleh Pembantu Ketua III STIE SBI Yogyakarta Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Hardoko, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Sleman, Vici Herawati, Koordinator Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Data Informasi, Arjuna Al Ichsan Siregar, serta Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Mujibur Rahman.

Sebelum dilakukan penandatanganan Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M Abdul Karim Mustofa memberikan gambaran maksud dan tujuan sinergitas lembaga yang dipimpinnya bahwa pelaksanaan sosialisasi pengawasan partisipatif akan dilaksanakan di lingkungan kampus berupa pelatihan, pendidikan kader pengawasan partisipatif, dan pendampingan pemilihan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) bagi mahasiswa STIE SBI Yogyakarta sebagai pembelajaran berdemokrasi.

Baca juga   Klaten Tambah Tempat Isolasi Terpusat Covid-19

“Selain itu, Bawaslu Kabupaten Sleman dapat memfasilitasi penelitian terkait pemilihan umum dan pengawasannya yang akan dilakukan oleh Civitas Akademika maupun mahasiswa STIE SBI Yogyakarta,” imbuh Karim.

Menanggapi hal tersebut, Ketua STIE SBI Yogyakarta, Saifudin Zuhri memberikan apresiasi dan menerima ajakan Bawaslu Kabupaten Sleman karena berangkat dari implementasi program kebijakan ‘Kampus Merdeka’ yang bertujuan mendorong mahasiswa dapat menguasai berbagai keilmuan guna memasuki dunia kerja dan meningkatkan kompetensi, baik itu soft skills maupun hard skills agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, serta menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

“Sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat maka diperlukan kerjasama simbiosis mutualisma antara institusi pendidikan tinggi dengan lembaga negara termasuk Bawaslu Kabupaten Sleman tentang pendidikan kewarganegaraan sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan,” tutur Saifudin.

Baca juga   Festival Angkringan Kapanewon Depok Pulihkan Ekonomi UMKM

Hal senada disampaikan oleh Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Sleman, Vici Herawati untuk memberikan kontribusi pada pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan bagi kesejahteraan masyarakat maka dapat diwujudkan dalam kegiatan pembelajaran tentang manajemen organisasi bagi pengawas ad-hoc di tingkat Kapanewon maupun Kalurahan yang dapat dilakukan STIE SBI Yogyakarta.

“Termasuk perlu adanya instrumen monitoring dan evaluasi terhadap kinerja badan ad-hoc yang nantinya dapat dijadikan sebagai data base Sumber Daya Manusia yang berguna untuk meningkatkan mutu pengawasan pemilihan umum di waktu mendatang,” pungkas Vici.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Vaksinasi Massal untuk Negeri yang diselenggarakan UNIMMA. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

UNIMMA Gelar Vaksinasi Massal untuk Negeri
Lima WNI asal Merauke yang diamankan PNG karena melanggar aturan wilayah perbatasan. (Foto: McMrk/Geet/Af/Eyv)

Peristiwa

Langgar Lintas Perbatasan, 5 WNI asal Merauke Diamankan di PNG
Gubernur Jawa Tengah saat menjadi pembicara pada acara “Ngobrol Penak Sareng Mas Ganjar" dalam rangka memperingati Hari Ibu, di Gedung Grhadhika Bhakti Praja, Kamis (16/12/2021). (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Cegah Kekerasan Seksual, Ganjar Minta Kumpulkan Semua Guru Kalau Perlu Pasang CCTV
Sejumlah rumah di Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terendam banjir. Hal itu disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Lumajang mengakibatkan meluapnya sungai Bondoyudo ke rumah warga, Minggu (19/12/2021). (Foto: MC Kab. Lumajang)

Peristiwa

Sungai Bondoyudo Meluap, Sejumlah Rumah Warga di Lumajang Kebanjiran
Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat memberikan keterangan pers terkait aturan PPKM. (Foto:nyatanya.com/Humas Semarang)

Peristiwa

Makan di Simpanglima Sudah Tak Dilarang, Asal…
Sedikitnya lima macam jamu tradisional diracik oleh 12 peserta untuk disajikan ke para juri Lomba Meracik Jamu di Museum R Hamong Wardoyo. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Nguri-uri Warisan Leluhur, Disdikbud Boyolali Gelar Lomba Meracik Jamu
Peringatan Hari Lansia ke-25 di Hotel LPP Convention Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peristiwa

DIY Optimalkan Potensi Lansia Berdaya
(ANTARA FOTO/Ardiansyah/nym)

Peristiwa

Perajin Dodol Imlek di Kampung Sawah Lampung