Home / Peristiwa

Jumat, 16 September 2022 - 21:12 WIB

Bawaslu Temanggung Buka Pendaftaran Panwascam

Ketua Bawaslu Temanggung Erwin Nurachmani. Foto: MC.TMG

Ketua Bawaslu Temanggung Erwin Nurachmani. Foto: MC.TMG

NYATANYA.COM, Temanggung – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Temanggung membuka pendaftaran bagi warga negara Indonesia untuk menjadi Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) pada Pemilu serentak 2024.

Ketua Bawaslu Temanggung Erwin Nurachmani mengatakan, sebagai tahapan perekrutan Panwascam, Bawaslu Temanggung mulai melakukan sosialisasi menggunakan semua lini media.

“Saat ini sosialisasi perekrutan Panwascam Pemilu 2024, sedangkan pendaftaran mulai 21 September 2024 mendatang,” kata Erwin Nurachmi, Kamis (15/9/2022).

Ia mengatakan, pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota Panwascam mulai 21 September dan berlangsung selama tujuh hari, atau hingga 27 September 2022.

Sementara, kebutuhan dari Panwascam di Temanggung sebanyak 60 orang, yakni masing-masing tiga orang untuk 20 kecamatan yang ada.

Baca juga   Ketua KPU RI: Dukungan NU Sangat Strategis untuk Pemilu 2024

Dikatakan, dengan sosialisasi yang mulai digencarkan, harapannya warga yang peduli terhadap kualitas demokrasi menjadi tertarik dan ikut mendaftar sebagai Panwascam.

“Perekrutan Panwascam ini transparan dan kami akan memilih warga terbaik. pendaftaran terbuka untuk umum dan mereka mempunyai kesempatan yang sama,” katanya.

Ia mengatakan, perekrutan Panwascam sesuai dengan Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum nomor 314/hk.01.00/k1/09/2022 tentang pedoman pelaksanaan pembentukan Panwascam dalam Pemilu serentak 2024 yang ditandatangani oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Ia mengemukakan, di antara persyaratan adalah WNI, pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 tahun, dan setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Baca juga   Peringati HUT Ke-66 Lantas, Satlantas Polres Boyolali Gelar Donor Darah

Selain itu, tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam pidana 5 (lima) tahun atau lebih dan mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil.

Adapun pelantikan Panwaslu Kecamatan dan Pembekalan Panwaslu Kecamatan tanggal 26 – 28 Oktober 2022 mendatang.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ribuan butir pil extasi berhasi disita petugas Unit Satnarkoba Polres Labuhanbatu. Foto: Polres Labuhanbatu/Tribratanews

Peristiwa

Sebanyak 8.195 Butir Extasi Disita Unit Sat Narkoba Polres Labuhanbatu, 2 Tersangka Diringkus di Tempat Karaoke
Peserta Studi Lapangan Kinerja Organisasi, Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan IV Provinsi Jambi studi banding ke Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Provinsi Jambi Belajar Kepemimpinan Administrator di Pemkot Yogya
Fenomena buih atau busa tebal berwarna putih terlihat menyelimuti Sungai Kalisari Damen, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya, Selasa (2/8/2022). Foto: selalu.id

Peristiwa

Fenomena Busa Tebal di Sungai Kalisari Surabaya Hebohkan Warga, Begini Penjelasan DLH
Anies Baswedan saat menghadiri Upacara Tawur Agung Kesanga, menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944 Tahun 2022, di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (2/3/2022). (Foto: PPID DKI Jakarta)

Peristiwa

Hadiri Tawur Agung Kesanga, Gubernur DKI Apresiasi Peran Umat Hindu Perkuat Kerukunan
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi Provinsi Sumatra Barat melakukan Studi Tiru tentang Program Ladamanis dan Dana Penanganan Bencana Alam Erupsi Merapi di PMI Kabupaten Sleman, Senin (24/1/2022). (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

PMI Bukittinggi Pelajari Program Ladamanis dan Penanganan Bencana di PMI Sleman
Wakil Walikota Yogyakarta meninjau kegiatan vaksinasi yang dikhususkan untuk warga disabilitas Kota Yogyakarta yang digelar di Taman Pintar. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Penyandang Disabilitas Ikuti Vaksinasi di Taman Pintar
Menjelang perayaan Nataru, Gereja Katolik Santo Yusup bekerja sama dengan Satlantas Polres Batang menggelar Vaksinasi on The Bus, untuk memastikan seluruh jemaat telah tervaksinasi. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Jelang Nataru, Gereja Santo Yusup Batang Pastikan Jemaat Tervaksin
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023. Dalam pengukuhan tersebut Ki Priyo Dwiarso menjadi ketua, dan Fahmi Prihantoro menjadi Wakil Ketua. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Walikota Lantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023