Home / Peristiwa

Senin, 23 Agustus 2021 - 08:16 WIB

Bayar PBB Rp16.573 Suraji Dapat Hadiah Rumah

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Boyolali Purwanto secara simbolis menyerahkan hadiah utama undian PBB-P2 yang berupa Rumah type 45/68 yang diterima Camat Boyolali Kota Gatot Murdiyanto dan satu unit mobil Avanza type 1.3 MT yang diterima Camat Karanggede Ari Wahyu Prabowo. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Boyolali Purwanto secara simbolis menyerahkan hadiah utama undian PBB-P2 yang berupa Rumah type 45/68 yang diterima Camat Boyolali Kota Gatot Murdiyanto dan satu unit mobil Avanza type 1.3 MT yang diterima Camat Karanggede Ari Wahyu Prabowo. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

NYATANYA.COM, Boyolali – Meski berada pada masa pandemi Covid-19, pelaksanaan undian Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) 2021 di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali tetap digelar.

Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, pengundian dilakukan secara virtual di Ruang Merbabu kantor Bupati Boyolali, Sabtu (21/8/2021).

Undian dilaksanakan secara terbuka oleh karyawan BKD Kabupaten Boyolali yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Diskominfo Boyolali, membuktikan bahwa pelayanan pajak di Boyolali sangat mudah.

Kepala BKD Kabupaten Boyolali, Purwanto menjelaskan bahwa pajak sebagai tonggak pembangunan, sehingga masyarakat harus taat dan bijak membayar pajak terlebih dengan berbagai kemudahan dalam membayar.

Pihaknya berharap, pengundian hadiah PBB-P2 ini mampu memberikan penghargaan kepada masyarakat untuk taat dalam membayar pajak.

“Tujuan memberi motivasi kepada masyarakat wajib pajak PBB-P2 untuk membayar pajak tepat waktu sesuai ketetuan dan membangun masyarakat taat akan pajak,” kata Purwanto.

Ditambahkan olehnya, animo masyarakat terbilang cukup tinggi pada tahun ini. Terbukti dengan 95 desa dan empat kecamatan yang telah lunas PBB-P2 sebelum 30 Juni 2021. Serta, jumlah Nomor Wajib Pajak (NOP) sebesar 64,34 persen yang berhak mengikuti pengundian.

Baca juga   Pemkot Yogya Izinkan Pelaku Ekonomi Buka Selama PPKM Level 4

“Jumlah NOP yang berhak mengikuti undian adalah 353.898 atau 64,34 persen dari NOP sejumlah 550.012,” ungkapnya.

Dalam undian kali ini, tercatat empat kecamatan lunas pembayaran yakni Kecamatan Andong, Selo, Wonosegoro dan Kemusu. Selain itu, sebanyak 95 desa juga telah lunas membayar PBB-P2.

Hadiah yang telah disiapkan yakni satu unit rumah tipe 45/68 pada tingkat kabupaten, satu unit mobil Avanza Type 1.3E M/T untuk tingkat kabupaten, 39 unit sepeda motor Honda Beat CBS untuk tingkat kecamatan, 17 telepon seluler merk Samsung A12 untuk tingkat kecamatan dan 95 televisi 32 inch bagi desa yang telah melunasi wajib pajak sebelum 30 Juni 2021.

Untuk memenuhi target PBB-P2 tahun 2021 sebesar Rp 38 miliar, pihaknya menyiapkan sejumlah hadiah dengan total senilai Rp 1,3 miliar. Hadiah utama berupa satu unit mobil berhasil diraih oleh Jiarto, warga Dukuh Balangan, Desa Randusari, Kecamatan Teras ini mendapat mobil setelah membayar pajak sebesar Rp103.211.

Baca juga   Gunung Merapi Erupsi, Meluncur ke Arah Kali Bebeng

Sementara hadiah satu unit rumah diraih Suraji yang beralamat di Dukuh Gambirsari, Desa Kismoyoso, Kecamatan Ngemplak yang membayar pajak sebesar Rp16.573.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang ditemui secara terpisah berharap dengan adanya hadiah undian dapat memotivasi masyarakat Kota Susu untuk membayar pajak.

“Tetap semangat dengan kesadaran kita bersama untuk membayar pajak. Tentunya pembangunan di Kabupaten Boyolali ini akan dapat berjalan dengan baik dan lancar di kemudian hari. Salam Metal untuk untuk warga masyarakat Boyolali,” ungkap Bupati Said.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati Said, pemenang hadiah undian tidak perlu membayar pajak hadiah, karena sudah ditanggung oleh pemerintah. Sebagai tambahan informasi, target PBB-P2 tahun 2021 sebesar Rp38 miliar dan hingga 30 Juni 2021 telah tercapai Rp28.963.202.436 atau 76,22 persen. Jumlah Nomor Wajib Pajak (NOP) yang berhak mengikuti undian yakni 353.898 dari total NOP sejumlah 550.012 atau sebesar 64,34 persen dari total keseluruhan. (*)

Share :

Baca Juga

Sri Sultan Hamengku Buwono X melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus UWM berbasis budaya. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

UWM Bakal Miliki Gedung Baru Kampus Berbasis Budaya
Jumlah sasaran vaksinasi ibu hamil pada tahap ini sebanyak 2.674 dari total sasaran 4.756 orang. Sejak minggu lalu sudah tercapai 30 persen lebih. Vaksinasi terhadap ibu hamil ditargetkan selesai pekan depan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ibu Hamil dan Difabel Magelang Divaksin Covid-19
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X secara simbolis menanam pohon pencanangan Agroforestry di Alas Pengkol Sriharjo Imogiri Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Hutan Tematik Agroforestry Dibangun di Kawasan Alas Pengkol
Sebanyak 100 konsentrator oksigen siap pakai diberikan secara langsung oleh Wakil Walikota (Wawali) Surakarta, Teguh Prakosa dan diterima oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat. (Foto:Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Bantuan 100 Konsentrator Oksigen Pemkot Surakarta Diterima Pemkab Boyolali
Ganjar Pranowo ngobrol dengan mahasiswa yang borong dagangan PKL di Tembalang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pergoki Mahasiswa yang Borong Dagangan PKL Tembalang
Pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat Kabupaten Boyolali masih terus dikebut oleh Dinkes, ditargetkan Agustus capai 50 warga Boyolali divaksin. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Terus Dikebut, Vaksinasi Boyolali Baru 34 Persen
Jejaring 'Isoman Iso' sedang menyiapkan logistik untuk disalurkan kepada warga yang sedang isoman. (Foto: Humas Magelang)

Peristiwa

Komunitas Jejaring ‘Isoman Iso’ Bantu Warga Terpapar Covid-19
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Pedagang Pasar Pleret. (Foto:nyatanya.com/Humas Bantul)

Peristiwa

Pemkab Bantul Buka Pendaftaran Online Vaksinasi Covid-19 di Seluruh Puskesmas