Home / Peristiwa

Rabu, 6 Oktober 2021 - 00:04 WIB

Baznas Bantu 25 UMKM yang Nyaris Gulung Tikar Terdampak Covid-19

Baznas Kabupaten Semarang memberikan bantuan kepada UMKM yang nyaris gulung tikar karena pandemi Covid-19. (Foto:Diskominfo Kab Semarang)

Baznas Kabupaten Semarang memberikan bantuan kepada UMKM yang nyaris gulung tikar karena pandemi Covid-19. (Foto:Diskominfo Kab Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Sebanyak 25 orang pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang nyaris gulung tikar karena pandemi Covid-19, mendapat bantuan modal dari Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Semarang.

Ketua Baznas Kabupaten Semarang Munashir menyampaikan, mereka termasuk para mustahik atau kelompok berhak menerima zakat, yang menjadi salah satu prioritas program kerja Baznas.

“Ada tiga program kerja prioritas, yakni jaga kiai, jaga UMKM, dan jaga anak yatim karena pandemi Covid-19. Sebagian dana zakat, infak, dan sedekah akan disalurkan untuk membantu mereka,” katanya pada penyerahan bantuan kepada Mustahik UMKM di aula Kantor Baznas setempat, Selasa (5/10/2021) siang.

Disampaikan, besaran bantuan modal usaha yang diberikan berkisar Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per UMKM. Penentuan besaran bantuan, berdasarkan kajian kelayakan usaha, dengan total bantuan UMKM yang diberikan, sebesar Rp39,5 juta.

Baca juga   Gowes ke Jatidiri, Ganjar Semangati Atlet Pelatda PON Jateng

Ditambahkan, untuk selanjutnya, direncanakan pemberdayaan pelaku usaha buah segar di Jambu dan tanaman hias di Sidomukti Bandungan. Mereka akan mendapat bantuan modal dan lapak dagangan.

Terkait program jaga kiai dan jaga anak yatim Covid-19, Munashir menegaskan, bantuan akan diberikan segera setelah ada usulan dan diverifikasi.

“Jadi, jika ada kiai atau tokoh agama Islam yang kesulitan pembiayaan pengobatan atau lainnya akan dibantu. Selain itu, para anak yatim yang orang tuanya meninggal karena Covid-19 juga akan ditanggung biaya sekolah sampai lulus SMP,” tandasnya lagi.

Baca juga   Kasus Corona Masih Tinggi di Klaten, Polda Jateng Terapkan Manajemen Kontigensi

Wakil Bupati Semarang Basari mengapresiasi langkah cepat Baznas, dalam membantu Pemkab Semarang memulihkan kondisi sosial ekonomi warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Terkait vaksinasi, Basari berharap Baznas dapat membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Semarang.

“Jika cakupan vaksinasi telah mencapai 70 persen dari sasaran, kita akan masuk level 1 PPKM. Kondisi itu akan melonggarkan berbagai kegiatan sosial ekonomi warga,” ujar wabup saat menyerahkan bantuan secara simbolis.

Salah seorang penerima bantuan UMKM, Nurmala (29) berterima kasih atas dukungan Baznas menyelamatkan usahanya. Penjual belut goreng di Susukan itu mengaku omzetnya turun separuh lebih, karena tidak ada pembeli.

“Bantuan ini untuk tambah modal usaha agar berkembang lagi,” akunya. (*)

Share :

Baca Juga

Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, Kulon Progo DIY dicanangkan sebagai Kampung Bahari Nusantara. (Foto:MC Kab.Kulonprogo)

Peristiwa

Kalurahan Jangkaran Temon Dicananangkan sebagai Kampung Bahari Nusantara
Bupati Klaten Sri Mulyani menyapa para tukang becak dan memberikan bantuan paket sembako. (Foto: Humas Klaten)

Peristiwa

Sapa Tukang Becak, Bupati Klaten Bantu Paket Sembako
Bantuan ini sebagai antisipasi dan kepedulian pemerintah kepada nakes dan penghuni isoter untuk meningkatkan asupan gizi agar imun tubuh meningkat. (Foto: Humas Pemkab Kulonprogo)

Peristiwa

Tingkatkan Imun Nakes, Pemkab Serahkan Bantuan Buah
Proses penyortiran salak Nglumut di Packing House Gapoktan Ngudiluhur Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Setelah Thailand dan Kamboja, Salak Nglumut Srumbung Siap Ekspor ke China
Petani di Pekalongan yang gagal panen mendapat bantuan beras dari Dinperpa. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

“Tamba Gela”, Petani Gagal Panen Dapat Bantuan Beras
Hanya pasar esensial yang boleh buka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Ini Pasar di Yogya yang Tutup Selama PPKM Darurat
Bupati Purworejo, Agus Bastian. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Tiadakan Salat Idul Adha di Lapangan dan Masjid
Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi meninjau pelaksanaan vaksinasi yang diadakan oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta bersama Kelurahan Terban

Peristiwa

Lanal Yogya dan Kelurahan Terban Gelar Vaksinasi