Home / Peristiwa

Selasa, 19 Oktober 2021 - 17:05 WIB

BAZNAS Kota Yogya Salurkan Bantuan “Kita Jaga Usaha”

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi secara simbolis memberikan bantuan dari BAZNAS Kota Yogyakarta untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi secara simbolis memberikan bantuan dari BAZNAS Kota Yogyakarta untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi secara simbolis memberikan bantuan dari BAZNAS Kota Yogyakarta untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan Covid-19 pada Selasa (19/10/2021) di Gaia Cosmo Yogyakarta dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Optimalisasi Pengelolaan Zakat Untuk Kesejahteraan (lahir/batin) Masyarakat’.

Bantuan yang diserahkan berupa modal usaha program “Kita Jaga Usaha” senilai Rp50 juta, dari Bank BPD DIY Syariah. Selain itu, juga diberikan bantuan kepada pendidikan anak yatim terdampak Covid-19 yakni di tahap II senilai Rp81 juta untuk 163 penerima dan bantuan untuk Bisharoh direktur TKA/TPA senilai Rp140 juta.

Bantuan juga diberikan kepada beasiswa siswa/santri berprestasi, senilai Rp75 juta dan beasiswa anak pegawai kurang mampu, senilai Rp250 juta.

Dengan adanya FGD ini BAZNAS dan organisasi penyalur zakat dari masyarakat dapat menggali inovasi guna memotivasi dan mempermudah warga dalam menunaikan kewajiban zakat.

Baca juga   Pemkot Yogya Gelar Pasar Industri Kreatif 'Sekati YK Ing Mall'

“Kegiatan ini merupakan bentuk zakat dalam meningkatkan pelaksanaan dengan sebaik mungkin yang mengandung nilai amanah dari pemberi zakat kepada lembaga pengelola zakat untuk disampaikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan,” kata Heroe Poerwadi.

Dimasa pandemi saat ini, Heroe mengatakan, masyarakat harus memiliki rasa responsive dengan menyusun sebuah rencana kegiatan agar kedepannya dapat siap menerima tantangan dan menyelesaikan masalah dengan penuh persiapan.

“Mari bersama-sama menyusun rencana agar apa yang dilakukan kedepannya bisa berjalan secara optimal. Tumbuhkan rasa saling berkesinambungan dan saling bersinergi agar mendapatkan hasil yang optimal. Harus bisa memiliki langkah terintegrasi untuk dapat menyelesaikan suatu masalah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kota Yogyakarta Syamsul Azhari mengatakan, pengelolaan ZIS DSKL tahun 2021 secara umum terlaksana dengan baik. Acara ini diikuti oleh 36 peserta, terdiri dari Instansi (OPD) terkait tingkat Kota Yogyakarta, sekolah dan madrasah, organisasi keagamaan tingkat Kota Yogyakarta, BAZNAS dan LAZ di wilayah Kota Yogyakarta.

Baca juga   Digelar Daring, Biennale Jogja XVI Suguhkan Puluhan Program

Pada bulan September 2021 pungutan Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) terkumpul sejumlah Rp4,5 miliar. Dengan demikian pungutan ZIS DSKL mengalami kenaikan sebesar lima persen dibanding bulan yang sama pada tahun 2020 sejumlah Rp4,2 miliar.

ZIS DSKL nantinya ditasharufkan atau didistribusikan untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan Covid-19.

“Kegiatan FGD kali ini sebagai salah satu tahapan penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) tahun 2022. kami menghaturkan ucapan terima kasih atas amanah pengelolaan ZIS DSKL yang telah diberikan kepada kami teriring doa semoga zakat, infaq, sedekah yang diberikan dengan menjadikan diri yang bersih dan suci, harta barokah dan keluarga sakinah mawaddah warohmah. Aamin Yaa Rabbal’alamin,” ungkapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi penyaluran Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM). (Foto: HUmas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Kembali Salurkan BPUM Rp1,2 Juta bagi UMKM
Ribuan telur rebus siap dibagikan kepada nakes dan relawan Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ribuan Telur Rebus Dibagikan untuk Nakes dan Relawan Covid-19 Temanggung
Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Bantul tahun 2021 ini dilaksanakan di Institut Ilmu Al-Quran An Nur Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Rabu (24/11/2021). (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Pemkab Bantul Gelar Musabaqah Tilawatil Quran 2021
Ganjar Pranowo saat tilik bayi kembar siam Arka dan Arya. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Tilik Bayi Kembar Siam, Ganjar Pastikan Tim Medis Siapkan Penanganan
Danramil Tegalrejo menyambangi satpam SMUN 2 Yogya berikan motivasi dan semangat melalui Komsos. Foto:nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Melalui Komsos, Danramil Tegalrejo Berikan Motivasi Penjaga Sekolah
Vaksinasi yang dilaksanakan di GOR Bumi Manunggal SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Digelar Maraton, Vaksinasi Serentak Pesantren dan Rumah Ibadah
Belum semua pedagang di Pasar Beringharjo membuka dagangannya, meski PPKM Level 4 diperpanjang dengan beberapa kelomnggaran. (Fot: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Meski Diizinkan Buka Kembali, Belum Semua Pedagang Pasar Berjualan
Acara sosialisasi Bhineka Tunggal Ika di Kantor Kapanewon Gamping bertujuan untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Danramil Gamping Hadiri Sosialisasi Bhineka Tunggal Ika